Selasa, 22 Maret 2016

Cara Memperindah Desain Interior Rumah dengan Batu Bata

Batu bata merupakan salah satu komponen penting yang harus dimiliki oleh sebuah bangunan. Di Indonesia sendiri, batu bata menjadi primadona yang sering digunakan untuk membangun rumah atau bangunan. Selain untuk membentuk dinding, susunan batu-bata juga berguna untuk membentuk batas-batas atau sekat-sekat dalam sebuah ruangan.

Jenis batu bata ada berbagai macam, seperti batu bata merah, beton, batu bata hebel, batu bata ringan, dan lain sebagainya. Penggunaan batu bata untuk sebuah bangunan pun disesuaikan dengan jenis bangunan itu sendiri, entah itu rumah, hotel, kantor, villa, dan lain sebagainya. Harga batu bata pun cukup bervariasi, tergantung jenisnya.

Meski demikian, fungsi batu bata tidak hanya terbatas pada fungsi dasarnya sebagai pembentuk dinding sebuah bangunan. Ternyata, batu bata juga dapat dimanfaatkan untuk memperindah desain interior rumah jika Anda cukup kreatif dan jeli. Siapa sangka, batu bata yang selama ini terasa biasa saja, dapat diubah menjadi desain interior dan arsitektur unik yang cantik. Untuk memperindah desain interior rumah dengan batu bata, simak ulasan berikut ini:

Susun Batu-Bata dengan Kombinasi Panjang-Pendek

 

Selama ini, kita mungkin terbiasa melihat batu bata yang disusun secara horisontal dengan panjang dan bentuk yang sama seperti kebanyakan rumah-rumah di Indonesia. Jika ingin menampilkan rumah yang cukup berbeda, mengapa tak coba berbuat sebaliknya?

Cobalah untuk menyusun dinding rumah dengan menyusun batu bata panjang dan pendek secara bergantian. Anda bisa menyusunnya pada dinding utama atau sebagai ornamen tambahan dengan menempelkannya pada dinding utama. Biarkan dinding itu hanya dilapisi oleh semen sebagai perekat tanpa perlu menggunakan cat. Dengan begini, rumah Anda akan terlihat berbeda sekaligus lebih alami bukan?

Jika ingin mendapatkan suasana yang baru, Anda juga bisa mencoba untuk menyusun batu-bata secara vertikal dan horisontal sehingga membentuk kotak-kotak berukuran medium layaknya pagar atau jendela. Anda dapat menggunakan model ini sebagai dinding penyekat yang artistik sehingga rumah pun akan semakin cantik.

Variasikan Susunan Dinding Batu Bata

 

Tak hanya mempercantik desain interior rumah, memberikan variasi susunan batu bata pada dinding juga dapat menghemat listrik di rumah Anda. Caranya, susunlah batu bata secara horisontal dengan memberikan variasi susunan berongga di tengah. Ada dua pola dalam susunan itu, samakan susunan pertama dengan ketiga, susunan kedua dengan keempat, susunan ketiga dengan kelima, susunan keempat dan keenam, dan seterusnya. Mungkin Anda dapat menempatkan model susunan dinding ini di ruang baca atau ruang santai keluarga.

Percantik Dinding dengan Pola-Pola Unik

 

Merasa bosan dengan dinding kombinasi batu bata panjang-pedek atau model kotak-kotak berongga? Mungkin Anda bisa mencoba membuat dinding berpola anyaman seperti gambar di atas. Untuk memuat pola tersebut, sediakan batu bata berukuran panjang dan pendek. Setelah itu, susunlah dengan pola urutan batu bata pendek dan panjang sesuai pola.

Posisikan Batu Bata dengan Variasi Melintang dan Mendatar

 

Bosan dengan permukaan dinding yang hanya tertutupi cat tembok warna putih? Cobalah untuk merenovasi bagian sudut rumah Anda. Ruang keluarga bisa jadi pilihan yang tepat. Anda dapat membuat 3 pola yang berbeda seperti gambar di atas. Batu bata pertama bisa disusun dengan gaya mendatar. Berikan variasi di bagian bawahnya dengan mengatur batu bata menjadi arah melintang. Terakhir, berikan sentuhan artistik dengan membuat pola batu bata segitiga untuk membuat dinding rumah lebih cantik dan hidup. Bagaimana, tertarik mencoba? :)