Kamis, 14 April 2016

Kebiasaan yang Harus Dihindari ketika Berkendara bagi Wanita

Wanita modern di kota-kota besar kini semakin mandiri. Biasanya wanita yang berasal dari kalangan ekonomi menengah ke atas memiliki mobil kesayangan pribadi untuk memudahkan aktivitas sehari-hari. Keberadaan portal otomotif unggulan seperti Mobil123.com membantu kaum wanita mendapatkan mobil idaman yang sesuai dengan kebutuhan.


Sayangnya, masih banyak wanita yang melakukan kekeliruan ketika mengemudi sehingga berisiko menimbulkan kecelakaan. Beberapa kebiasaan wanita berikut ini harus dihentikan agar aktivitas mengemudi jadi lebih aman bagi diri sendiri maupun pengguna jalan raya lainnya.

Menggunakan Ponsel Saat Mengemudi

Hal yang satu ini kerap dilakukan oleh wanita terutama ketika kondisi jalanan sedang macet. Mengemudikan mobil sembari menggunakan ponsel benar-benar berbahaya karena dapat menurunkan tingkat konsentrasi. Sebaiknya wanita menyimpan ponselnya di tas atau mengaktifkan mode getar supaya tidak terganggu selama mengemudikan mobil.

Ngobrol di Mobil

Saat memiliki teman seperjalanan, wanita juga sering mengobrol untuk mengusir rasa bosan ketika mengemudi. Meski tampak sepele, mengobrol dengan penumpang mobil lainnya juga berisiko menurunkan konsentrasi. Akibatnya, pengemudi wanita bisa lupa menyalakan lampu sein, lalai mengerem, serta melakukan berbagai kelalaian mengemudi lainnya yang membahayakan keselamatan.

Lupa Menyalakan Lampu Sein

Lampu sein sangat penting saat berkendara. ketika hendak berbelok atau berpindah jalur, lampu sein akan menjadi tanda bagi pengendara yang posisinya ada di belakang. Lupa menyalakan lampu sein bisa berakibat fatal saat berkendara. Bahkan bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan beruntun.

Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi bukanlah alas kaki yang tepat untuk mengendarai mobil. Alasannya, tentu saja karena sepatu hak tinggi membuat kaki wanita kurang leluasa ketika harus menginjak pedal kopling, gas, dan rem. Sebagai gantinya, pilihlah alas kaki yang nyaman agar leluasa menginjak pedal dan tidak menyebabkan cidera ketika mengemudikan mobil.

Berfoto Selfie

Tren yang satu ini tak kalah berbahayanya dari kebiasaan lain. Berfoto selfie ketika mengendarai mobil jelas meningkatkan risiko kecelakaan lalu lintas. Walaupun memberikan kesan bahagia dan elegan selama mengemudikan mobil, kaum wanita harus segera menghentikan kebiasaan berbahaya yang satu ini.

Demi mewujudkan keselamatan berkendara, kaum wanita wajib bersikap tegas dan penuh konsentrasi selama mengemudikan mobil. Sehingga tingkat kecelakaan lalu lintas akibat kelalaian sepele pun bisa diminimalkan di masa mendatang.

Sumber:
liputanterkini.org/2015/10/7-kebiasaan-cewek-saat-nyetir-kendaraan.html
toyota.astra.co.id/connect/news/article/kebiasan-mengemudi-wanita-yang-harus-dihindari/
Waktu akses: 13 April 2016