Kamis, 14 April 2016

Kelebihan dan Kekurangan Tinggal di Apartemen

Ibu kota memang menjadi tempat idaman para pendatang dari segala tempat. Tak heran jika ibu kota Jakarta menjadi sangat padat. Orang-orang berlomba untuk mendapatkan pekerjaan di Jakarta karena diimingi dengan kemudahan mencari kerja. Padahal tidak selamanya hal itu benar. Justru semakin padat suatu kota akan semakin sulit orang untuk mencari pekerjaan karena memiliki banyak saingan. Tak hanya itu bagi para pelajar pun Jakarta menjadi salah satu tujuan untuk menimba ilmu. Karena di Jakarta banyak sekali perguruan tinggi yang memiliki kualitas bagus. Banyaknya orang yang menempati Jakarta memang berimbas pada sulitnya mencari perumahan murah di Jakarta.


Tanah di Jakarta pun semakin langka dan mahal harganya. Akhirnya banyak orang yang memilih memiliki apartemen sebagai opsi untuk tinggal di Jakarta. Selain karena sulitnya mencari perumahan murah di Jakarta, tinggal di apartemen memiliki beberapa kelebihan. Tapi sebelum tinggal di apartemen ada baiknya menyimak kelebihan dan kekurangan tinggal di apartemen sebagai berikut.

Kelebihan Tinggal di Apartemen

Semakin sulitnya mencari perumahan murah di Jakarta memang membuat orang memilih alternatif lain seperti tinggal di apartemen. Selain itu tinggal di apartemen memiliki kelebihan tersendiri dibandinkan tinggal di pemukiman atau perumahan biasa. Berikut adalah kelebihtan tinggal di apartemen.

Lokasi yang Strategis

Kebanyakan apartemen memang dibangung di tempat-tempat yang stategis. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi apartemen. Apalagi kemacetan di ibu kota yang sangat mengganggu, membuat orang berlomba-lomba untuk mendapatkan tempat tinggal yang dekat dengan tempat kerja agar dapat selalu masuk kantor tepat waktu.

Keamanan Lebih Terjamin

Selain dibangung di tempat yang strategis apartemen memiliki akses yang terbatas untuk orang yang tidak tinggal di apartemen. Tak hanya itu dilengkapi dengan CCTV dan petugas keamanan yang selalu ada setiap saat. Sehingga hal ini membuat apartemen relatif lebih aman untuk ditinggali. Apalagi dengan tingkat kriminalitas yang tinggi di Jakarta tentu akan membuat orang waspada saat meninggalkan rumahnya. Dengan tinggal di apartemen tidak perlu khawatir dengan keamanan tempat tinggal lagi.

Fasilitas yang Lengkap

Apartemen memang dirancang agar para penghuninya merasa nyaman di dalamnya. Berbagai fasilitas pun disediakan tanpa membuat penghuni harus meninggalkan komplek apartemen. Sehingga penghuni apartemen pun dapat memenuhi kebutuhannya dengan mudah. Apalagi kemacetan di ibu kota biasanya memang membuat orang malas untuk keluar rumah.

Kekurangan Tinggal di Apartemen

Tinggal di apartemen mungkin bagi sebagian orang adalah tempat yang nyaman. Selain memiliki banyak kelebihan, ternyata tinggal di apartemen juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah kekurangan tinggal di apartemen.

Luas Ruangan yang Tidak Terlalu Besar

Tinggal di apartemen memang tidak bisa senyaman di perumahan. Hal ini karena luas apartemen yang cenderung sempit dibandingkan perumahan pada umumnya. Sangat tidak cocok jika kamu memilih apartemen sebagi tempat tinggal untuk keluarga dengan banyak anggota.

Terikat Peraturan Apartemen

Apartemen memang memiliki banyak kenyamanan dari segi fasilitas tapi ada aturan yang harus dipatuhi bagi para penghuninya. Salah satunya adalah larangan memelihara hewan. Jika kamu adalah pecinta hewan maka harus rela untuk menitipkan hewan peliharaan tersebut di tempat lain.

Kurangnya Sosialisai dengan Penghuni Lain

Tinggal di apartemen memang tidak cocok bagi orang yang suka beramah tamah dengan tetangga. Hal ini dikarenakan penghuninya sudah sibuk dengan urusannya masing-masing sehingga pulang ke apartemen untuk beristirahat.

Biaya Bulanan yang Tinggi

Jika kamu menyewa apartemen, maka bersiaplah untuk menyiapkan budget yang besar tiap bulanannya. Hal ini karena biaya sewa apartemen memang jauh lebih mahal dibandingkan harga sewa rumah. Belum lagi ada biaya perawatan tiap bulannya yang cukup besar.

Nilai Investasi Jangka Panjang yang Rendah

Jika kamu membeli apartemen sebagi investasi maka pikirkan kembali. Nilai jual apartemen tiap tahun semakin turun, berbeda dengan nilai jual rumah pada umumnya. Tapi kamu tetap masih bisa mendapatkan keuntungan dengan menyewakan apartemen, bukan dengan menjualnya.

Hak Kepemilikan Sebatas Hak Guna Bangunan

Memiliki apartemen tidak seperti memiliki rumah yang memiliki status kepemilikan Hak Milik. Status kepemilikan apartemen ini hanya sebagas Hak Guna Bangunan selamam beberapa puluh tahun. Dan bisa diperpanjang hingga beberapa puluh tahun lagi.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan tinggal di apartemen. Sekarang kamu bisa memilih untuk tinggal rumah atau apartemen.