Minggu, 29 Mei 2016

Hidup Sehat Berawal Dari Makanan Sehat

Memiliki tubuh yang sehat memang idaman bagi semua orang. Tapi sayangnya di jaman ini kesehatan jadi terasa begitu mahal harganya. Apalagi dengan banyak makanan yang kurang sehat beredar di tengah tengah masyarakat. Beberapa orang bahkan tidak memperhatikan masalah kebersihan makanan yang dimakannya. Sehingga untuk jatuh sakit sangatlah mudah.



Kunci dari hidup sehat adalah selalu membiasakan diri untuk makan makanan sehat. Tanpa memakan makanan sehat mustahil tubuh kita dapat sehat. Seperti halnya motor, jika kita mengisinya dengan bensin tentu saja motor itu dapat digunakan dengan baik. Tapi jika kita mengisinya dengan minyak tanah, pasti motor tersebut akan mudah rusak. Membiasakan hidup sehat memang terkadang sulit. Tapi bukan berarti tidak bisa sama sekali.

Meminimalkan Makanan Berlemak

Mengurangi konsumsi makanan berlemak adalah salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk memulai hidup sehat. Lemak jenuh memang menjadi pemicu berbagai penyakit pada tubuh. Hindari memakan gorengan yang dijual di pinggir jalan. Hal ini dikarenakan minyak yang digunakan kerap kali tidak pernah diganti meski sudah berwarna hitam. Tentu saja jika terlalu sering mengkonsumsi makanan seperti ini dapat membahayakan tubuh.

Perbanyak Minum Air Putih

Meminum air putih sebanyak delapan gelas sehari dapat membantu kita terhindar dari dehidrasi. Jika tubuh mengalamai dehidrasi tentu akan sangat berbahaya. Selalu ingat untuk meminum air putih ketika haus. Hindari meminum minuman isotonik jika tidak melakukan aktifitas berat.

Konsumsi Buah dan Sayur Setiap Hari

Selain membutuhkan minum, tubuh kita juga membutuhkan makanan bergizi. Memakan sayuran hijau setiap hari dapat membantu mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin. Jangan lupa untuk memakan buah juga. Jika ingin hidup sehat, memang kita diharuskan mengkonsumsi buah dan sayur. Karena pada makanan ini terkandung banyak vitamin dan serat yang baik untuk tubuh.

Kurangi Jajan Sembarangan

Ada kalanya kita memang tertarik dengan jajanan yang beredar di sekitar kita. Tapi sebagia pembeli ada baiknya menjadi orang yang selektif. Tidak semua jajanan yang ada aman untuk dikonsumi. Mengurangi jajan sembarangan dapat membantu kamu untuk hidup lebih sehat. Bukan berarti tidak boleh jajan sama sekali. Berilah jadwal untuk makan di luar. Tapi tentu saja seleksi dulu tempat makan yang higienis. Apalagi sekarang tidak sulit lagi mencari makanan sehat dari yang harganya terjangkau hingga yang mahal.

Hidup sehat sebenarnya tidak terlalu sulit. Jadi jangan putus asa untuk selalu mencoba hidup sehat dengan makanan makanan sehat yang dapat kamu buat sendiri di rumah.