Sabtu, 18 Juni 2016

Makanan Rendah Kalori dan Gula untuk Diet

Orang yang sedang diet umumnya akan selalu disarankan untuk mengatur pola makannya dengan baik serta memperbanyak olahraga secara teratur. Berbicara soal makanan, jenis makanan yang sangat cocok bagi orang diet yaitu makanan rendah kalori dan gula. Dengan mengonsumsi jenis makanan ini, orang yang sedang program diet tidak hanya akan mendapat tubuh yang ideal saja, namun juga bisa terhindar dari berbagai penyakit hipertensi atau darah tinggi, diabetes serta penyakit jantung. Dalam artikel ini akan dijelaskan berbagai jenis makanan yang termasuk kedalam kategori makanan yang mengandung kalori dan gula yang rendah.

Jenis makanan rendah kalori dan gula yang pertama yaitu sayur bayam. Jenis sayuran sehat ini mengandung berbagai zat-zat penting yang dibutuhkan untuk tubuh misalnya vitamin K, zat besi, dan asam folat. Sayuran yang berdaun hijau ini juga dikenal sebagai salah satu makanan yang bisa melawan penyakit karena mengandung antioksidan juga. Kedua yaitu lemon yang mana mengandung vitamin C serta memiliki banyak serat. Fungsi vitamin C sendiri yakni sebagai pembakar lemak karena adanya asam dalam buah ini.

Makanan rendah kalori dan gula yang selanjutnya yaitu telur. Mungkin sebagian orang memilih untuk tidak mengonsumsi telur karena takut kolesterol jahat akan naik. Namun, ternyata anggapan ini bisa dibilang salah besar karena telur justru akan memberikan kolesterol yang baik dan penting untuk proses metabolisme tubuh. Dalam pengolahannya, telur bisa dimasak sebagai omelet, salad telur, roti isi telur atau juga sekedar telur ceplok.

Salad buah ataupun sayur juga termasuk ke dalam kategori makanan yang rendah akan kalori serta gula. Dalam salad buah misalnya, Anda bisa menggabungkan berbagai macam buah kesukaan Anda. Namun, buah yang paling direkomendasikan untuk dipakai sebagai salad yaitu pisang serta apel. Kedua buah ini akan memberikan rasa kenyang yang cukup lama. Sedangkan salad sayuran sendiri, Anda bisa memilih untuk memakai sayuran mentah atau jika tidak suka bisa memanggang beberapa sayurannya.

Makanan yang lainnya yaitu keju. Pilihlah keju dengan kandungan lemak yang rendah. Keju sendiri merupakan makanan yang kaya akan vitamin, mineral serta lemak esensial. Selain itu, jika Anda penggemar ikan maka sebaiknya untuk memilih ikan tuna. Selain rendah kalori dan gula, tuna juga mengandung protein yang tinggi. Itulah beberapa jenis makanan rendah kalori dan gula yang bisa dicoba.