Senin, 13 Juni 2016

Tempat Wisata Menarik dan Terkenal di Cirebon

Cirebon merupakan salah satu daerah yang langsung berbatasan dengan laut. Kota ini boleh dikatakan cukup strategis lokasinya mengingat, apabila kita ingin bepergian dari Jakarta ke Jawa Tengah atau Jawa Timur, atau sebaliknya, biasanya kita akan melewati Cirebon.

Keraton Kasepuhan Cirebon
Keraton Kasepuhan Cirebon

Ada banyak tempat wisata menarik di Cirebon yang terkenal. Seperti objek wisata Ciwaringin, wisata Cikalahang, Keraton Kesepuhan, Taman Sari Gua Sunyaragi, objek wisata Situ Sedong, dan lain-lain. Cirebon juga terkenal sebagai salah satu penghasil batik di Jawa Barat. Salah satu batik paling terkenal dari Cirebon adalah Batik Mega Mendung yang pusatnya ada di Jl. Sukasari, Sukapura, Kejaksaan, Cirebon.

Transportasi ke Cirebon

Untuk bisa sampai ke Cirebon, pada umumnya kita bisa mengakses kota ini dengan naik kendaraan pribadi, bus, atau kereta. Jika kita naik kereta, kita bisa turun di Stasiun Prujakan Cirebon. Namun jika kita naik bus, kita akan turun di Terminal Harjamukti.

Tempat Menginap

Karena memiliki banyak tujuan wisata, kota Cirebon juga memiliki banyak hotel yang tentu lokasinya berada di tempat-tempat strategis. Tidak sedikit juga hotel murah di Cirebon yang yang menawarkan fasilitas memadai plus dekat tempat wisata.
Objek wisata terkenal di Cirebon
Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, ada beberapa tempat menarik yang sebenarnya bisa kita kunjungi untuk berwisata di Cirebon. Berikut beberapa diantaranya:

1. Situ Patok

Situ dalam bahasa Sunda berarti danau. Situ Patok merupakan salah satu wisata populer di Cirebon yang ramai dikunjungi setiap hari dan terutama pada akhir pekan. Lokasi Situ Patok berada di Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon. Di tempat ini, kita bisa berlibur sambil bersenang-senang karena fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap. Mulai dari penginapan, kolam renang, tempat pemancingan, waterboom, outbound, flying fox, taman, dan lain-lain.

2.Wisata Ciwaringin
Jika kamu ingin menyaksikan pemandangan indah maka, jangan lewatkan berwisata ke Desa Ciwaringin. Di tempat ini, pemandangan adalah sajian utama selain hutan-hutan yang ditumbuhi berbagai jenis pepohonan. Selain itu, disini juga ada Danau Ciranca yang sering dijadikan sebagai tujuan memancing dan terdapat juga arena motor cross bagi kamu yang suka menantang nyali.

3.Situ Sedong
Situ Sedong adalah waduk buatan yang berada di Kecamatan Sedong. Sejatinya, situ ini dimanfaatkan untuk menampung air hujan dan air sungai yang akan digunakan untuk pengairan. Namun, pemandangan alam di sekitarnya yang mempesona membuat waduk ini seringkali dijadikan sebagai tujuan wisata oleh masyarakat sekitar.

4.Keraton Kasepuhan
Bagi kamu para penikmat wisata budaya, cobalah menyempatkan diri untuk mampir ke Keraton Kesultanan atau Keraton Kesepuhan. Layaknya wisata keraton lainnya, disini kita bisa menyaksikan langsung benda-benda peninggalan dan istana indah yang masih terawat hingga saat ini.

5.Taman Sari Gua Sunyaragi
Tempat wisata terkenal di Cirebon yang mudah diakses lainnya adalah Taman Sari Gua Sunyaragi. Obyek wisata ini sebenarnya berupa gua dan pesanggrahan yang memiliki fungsi seperti ruangan pada umumnya. Terdapat ruang tidur dan ruang-ruang lainnya. Bagian dalamnya menyerupai labirin sehingga terkesan sangat unik dan menarik.