Jumat, 26 Agustus 2016

Panduan Jual dan Beli Mobil Bekas Agar Tidak Rugi




Pembeli mobil bekas seringkali merasa tertipu dan dirugikan setelah membeli mobil yang ternyata kualitas dan kondisinya tidak seperti yang terlihat dan terasa ketika pertama kali melihat dan mengecek mobil tersebut. Biasanya masalah sering kali muncul dan beberapa detil yang sebelumnya tidak terlihat kemudian menjadi tampak setelah beberapa lama menggunakan mobil tersebut. Hal ini tidak lepas dari banyaknya penjual mobil bekas yang ingin mencari untung tanpa memikirkan nasib konsumennya.

Begitu juga sebaliknya, kadangkala, kita ingin menjual mobil dengan harga sesuai dengan pasaran, namun sayangnya ditaksir dengan harga murah oleh pembeli mobil. Tentu ini juga sangat merugikan bagi mereka yang menjual mobil bekas.

Ada beberapa langkah dan panduan dalam menjual dan membeli mobil bekas agar tidak rugi. Berikut adalah beberapa diantaranya:


Pertama, kita harus tahu terlebih dahulu mengecek harga mobil yang ada di pasaran. Harga mobil yang ada di pasaran untuk satu merk bisa bervariasi. Tergantung dari daerah, kondisi mobil, penggunaan, kondisi fisik baik interior maupun exterior, dan lain-lain termasuk untuk apa mobil tersebut dipergunakan sebelumnya.


Setelah mengetahui harga mobil yang umum di pasaran, tentu kita ingin membeli atau sebaliknya, menjual mobil dengan harga yang masuk akal, setidaknya, tidak rugi-rugi amat. Kaitannya dengan taksiran harga mobil, kamu bisa mengetahui caranya dengan membaca point selanjutnya.


Tentukan di mana kita akan menjual atau membeli mobil. Ini juga merupakan bagian penting dalam mendapatkan harga yang kompetitif saat membeli mobil bekas atau sebaliknya, menjual mobil bekas. Karena berbeda tempat berarti bisa juga berbeda harga. Kalau kamu saat ini berniat untuk menjual atau membeli mobil bekas, dengan harga yang kompetitif dan tepat agar tidak merasa rugi, kamu bisa mampir ke website GuruMobil. Di sana terdapat fasilitas cek harga pasaran mobil bekas yang datanya real time sangat akurat dan terpercaya.

Kita bisa menemukan mobil bekas idaman dengan harga yang paling murah dan kompetitif sesuai dengan merek, model, serta lokasi. Atau, jika ingin menjual, terdapat fasilitas yang akan membantu kita untuk mengetahui harga sebenarnya dari mobil kita mulai dari merk, model, tahun keluar, tipe, kilometer, hingga lokasi dimana mobil tersebut berada.
Dengan begitu kita bisa menaksir harga jual sebenarnya dari mobil yang kita miliki. Sehingga saat menjual, kita tidak akan merasa dirugikan karena dilepas dengan harga yang terlalu murah.


Lakukan test drive sebelum membeli. Melakukan tes adalah satu-satunya cara untuk mengetahui performa mesin, selain dengan langsung melihat kondisi fisiknya. Selain itu dengan melakukan tes kita juga akan mengetahui kondisi mobil yang sebenarnya.


Menjual mobil dengan harga yang jujur adalah bagian penting dari transaksi jual mobil. Sebagai seorang penjual, tentu kita tidak ingin dianggap “penipu” karena memberikan informasi bodong mengenai kondisi mobil. Sebaliknya, sebagai pembeli kita pun tidak merasa dirugikan karena penjual telah memberikan informasi yang akurat mengenai mobil.


Jual dan beli mobil di waktu yang tepat adalah panduan lainnya dalam menjual dan membeli mobil bekas yang tidak boleh kamu lupakan. Menjual pada saat mobil sangat dibutuhkan, misalnya ketika menjelang lebaran atau menjelang liburan, akan membuat mobil bekas bisa dijual dengan harga yang masuk akal (mahal). Sebaliknya, untuk membeli mobil, hindari waktu-waktu tersebut karena seringkali harganya naik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar