Minggu, 20 November 2016

Tips Menjaga Kebersihan Diri



Saya yakin bahwa Anda pasti sudah sering mendengar pepatah yang mengatakan bahwa, “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat.” Hal tersebut ada benarnya. Karena apabila seseorang menginginkan kehidupan yang bahagia, menyenangkan, dan menginginkan kehidupan yang lebih baik, salah satu cara meraihnya adalah dengan menjaga kesehatan.

Untuk bisa menjaga kesehatan, kita harus tahu bagaimana cara menjaga kebersihan diri, yaitu dengan:

 

Mandi setiap hari

Cara paling sederhana untuk menjaga kebersihan diri adalah dengan mandi setiap hari. Dalam berbagai aktivitas yang kita jalani sehari-hari, kita bisa berkeringat, terkena debu, polusi, kotoran, hingga terkontaminasi berbagai macam kuman, bakteri, maupun jamur.

Agar tidak menjadi ancaman bagi kesehatan, kita perlu membersihkan diri dengan cara mandi. Paling tidak, mandi harus dilakukan 1 kali sehari. Namun idealnya mandi dua kali sehari adalah yang dianjurkan.

 

Jangan lupa mencuci tangan

Dalam berbagai kesempatan, kadangkala kita menyentuh atau memegang benda-benda yang banyak mengandung kuman dan bakteri. Benda-benda tersebut terkadang kita sentuh dengan sengaja, kadang-kadang juga dengan tidak sengaja.

Agar kesehatan tetap terjaga, pastikan Anda membiasakan diri mencuci tangan setelah dari kamar mandi atau WC, setelah membuang sampah, setelah membersihkan kotoran binatang, setelah menyentuh hewan, dan sebelum makan. Itu semua merupakan cara paling tepat untuk melindungi diri dari berbagai sumber penyakit.

 

Mandi dengan sabun

Saat mandi, untuk membersihkan berbagai kuman dan penyakit dari tubuh, kita dianjurkan untuk menggunakan sabun. Bagi beberapa orang, mereka membutuhkan sabun yang lebih kuat seperti sabun antiseptik.

Sabun antiseptik akan membantu menghilangkan berbagai macam kuman dan bakteri yang menempel di kulit. Bagi Anda yang sehari-hari bekerja di kebun atau yang sering berinteraksi dengan tanah dan binatang, Anda membutuhkan sabun antiseptik untuk mandi agar bebas dari berbagai ancaman penyakit.

 

Jangan lupa bercukur

Di tubuh kita, terutama di tubuh orang dewasa, ada beberapa area dimana tubuh mereka ditumbuhi bulu. Hal tersebut adalah sesuatu yang wajar. Akan tetapi, apabila kurang pandai menjaga kebersihan diri, terutama di area dimana bulu-bulu tumbuh ditubuh, tepat-tempat tersebut bisa menjadi sarang kuman dan bakteri yang akan mengancaman kesehatan.

Jika ingin menjaga kesehatan diri, orang dewasa harus secara rutin bercukur.

 

Lap dan keringkan keringat secepatnya

Saat beraktivitas, tubuh kita akan mengeluarkan keringat apabila suhu tubuh atau cuaca panas. Keringat yang dikeluarkan tubuh dibutuhkan untuk mendinginkan tubuh. Namun sayangnya, keringat sering kali mengundang bakteri dan jamur sehingga sangat berbahaya bagi kesehatan kulit.

Agar tidak mudah terkena berbagai macam penyakit, terutama yang diakibatkan oleh jamur dan bakteri, hindarilah menggunakan pakaian lembab, cuci pakaian secara rutin, hindari menggunakan pakaian berulang-ulang, hindari menggunakan pakaian yang sudah terkena keringat, dan secepatnya keringkan keringat dengan handuk, tisu, atau yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar