Kamis, 15 Desember 2016

Berapa Biaya Berwisata ke Raja Ampat?



Nggak bisa dipungkiri kalau Raja Ampat adalah destinasi wisata paling menarik dan paling eksotis di Indonesia. Namun yang jelas, biaya untuk pergi ke sana tidak bisa dikatakan murah. Apalagi jika kita tinggal di bagian tengah atau bagian barat Indonesia. Transportasi PP ke Raja Ampat tidak kurang dari Rp5.000.000. Itu kalau kita menggunakan pesawat. Kalau menggunakan kapal sudah pasti jauh lebih murah. Akan tetapi lama perjalanan sampai ke Raja Ampat, atau untuk sampai ke Papua dengan menggunakan kapal bisa memakan waktu berhari-hari. Apalagi jika harus menghitung pulang perginya.

Ditambah lagi, tidak banyak diantara kita yang mampu bertahan cukup lama di atas kapal yang kadang-kadang goyang dihantam gelombang. Mabuk laut adalah salah satu momok yang sangat menakutkan bagi siapapun yang tidak pernah naik kapal, apalagi jika hal tersebut berlangsung selama berhari-hari. Ouch...

Maka, secara otomatis, satu-satunya pilihan transportasi yang paling menyenangkan adalah dengan menggunakan pesawat. Itupun transportasinya tetap memakan waktu beberapa jam.

Untuk tiket PP dengan menggunakan pesawat kelas ekonomi dari Pulau Jawa, misalnya dari Jakarta ke Sorong, kurang lebih 5-6 juta. Kalau mau lebih murah kamu harus mencari tiket murah atau berlibur pada saat low season.

Sesampainya di Sorong, jika kebetulan pesawat ke sampai sebelum tengah hari, atau jika masih tempat untuk membeli dan mendapatkan tiket penyeberangan, maka biayanya akan menjadi jauh lebih murah. Akan tetapi jika pesawat sampai siang hari atau sore hari, sudah pasti kita harus menginap terlebih dahulu di Sorong. Biaya penginapan sangat bervariasi tergantung dari pilihan hotel.

Asumsinya, jika kita sampai di pagi hari kemudian tempat untuk membeli tiket penyebrangan, dari bandara menuju ke pelabuhan Sorong yang jaraknya kurang lebih 15 menit berkendara, bisa dijangkau dengan menggunakan ojek, atau transportasi yang lainnya. Jika menggunakan ojek, biayanya sekitar Rp.20 ribuan.

Ojek dipilih karena lebih cepat tidak perlu ngetem. Berbeda dengan menggunakan angkot (biasanya yang berwarna kuning) walaupun biayanya lebih murah, kurang lebih Rp4.000, namun kadang-kadang angkot tidak langsung jalan jika penumpang belum banyak.

Untuk menyeberang dari Sorong ke Raja Ampat, ada beberapa pilihan kapal yang bisa digunakan. Namun pada umumnya wisatawan menyeberang dengan menggunakan kapal yang tarifnya sekitar Rp125.000 hingga Rp150.000 tergantung dari kelas yang kamu pilih.

Kelas ekonomi sudah pasti jauh lebih murah. Akan tetapi kamu harus siap berdesak-desakan dengan warga sekitar dan dengan wisatawan yang lainnya. Di kelas ekonomi kadang-kadang AC-nya nyala, kadang-kadang juga tidak. Jadi, siap-siap saja untuk sedikit sengsara selama perjalanan. Berbeda halnya jika kamu memilih kelas VIP yang jauh lebih menyenangkan. Kapal biasanya akan berangkat jam 2 siang.

Sesampainya di Pelabuhan Waisai Raja Ampat, selanjutnya kamu bisa memilih dimana ingin menginap dan kemana akan berwisata. Atau mungkin saja kamu sudah menentukan tujuan tujuan tersebut jauh sebelum sampai di Raja Ampat.

Sebagai gambaran, ada banyak pilihan penginapan yang bisa dijadikan sebagai opsi mulai dari hotel, resort, atau Anda juga bisa memilih guest house , termasuk juga menginap di rumah-rumah warga.

Harga penginapan sangat bervariasi, mulai dari Rp300.000 hingga jutaan rupiah tergantung dari pilihan.

Selanjutnya, untuk pergi berwisata ke tempat-tempat penyelaman, atau berkeliling wisatawan biasanya harus menyewa kapal. Kapal atau perahu bisa di sewa secara patungan dengan wisatawan lain. Harganya pun bervariasi tergantung dari jarak yang akan ditempuh.

Sebagai gambaran, harga sewa kapal menuju ke Pulau Gam sekitar Rp3 juta. Jika ingin ke Pulau Wayag, biayanya sekitar 8 juta hingga 10 juta . Biaya tersebut tentu saja tidak akan kamu tanggung sendiri, melainkan dengan beberapa wisatawan yang lainnya. Untuk menyewa peralatan menyelam atau snorkeling, biayanya antara Rp200.000 hingga Rp500.000.

Nah, itulah beberapa gambaran mengenai biaya yang mungkin akan kamu habiskan jika berwisata ke Raja Ampat. Tentu saja biaya-biaya tersebut belum termasuk biaya makan dan biaya-biaya yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar