Selasa, 07 Maret 2017

Tips Memilih HP Android yang Bagus dan Berkualitas

Di era modern seperti sekarang ini rasanya akan ada yang kurang jika kita tidak memiliki handphone dengan fitur yang canggih seperti ponsel pintar atau smartphone. Smartphone merupakan jenis handphone yang memiliki sistem pengoperasian Android. Ada beragam fitur yang bisa kita peroleh dari smartphone, salah satunya adalah kecepatan dalam mengakses aplikasi atau internet dan masih banyak fitur lain yang tidak dapat kiat peroleh dari handphone biasa seperti Java atau Symbian. Kini di pasaran, sudah tersedia beragam merek dan tipe HP android, agar tidak kecewa di kemudian hari, ikuti tips-tips di bawah ini:



1. CPU dan RAM.
Sama seperti komputer, agar dapat beroperasi dengan baik, smartphone membutuhkan Central Processing Unit (CPU). Bedanya hanya terletak pada ukurannya saja, untuk menunjang performa terbaik sebuah handphone Android, minimal pilihlah yang menggunakan hardware CPU Dual-Core dengan RAM di atas 768 MB (sekitar 1 GB ke atas). RAM berperan sebagai hardware penting yang memungkinkan handphone Android bekerja secara multi-tasking. Semakin besar RAM yang dimiliki oleh handphone Android maka kemungkinan lemot atau nge-lag lebih kecil.

2. Display layar/ukuran.
Display layar dan ukuran handphone sebenarnya tergantung pada selera masing-masing orang. Jika Anda sering menggunakan handphone untuk kepentingan multimedia dan game, memang ada baiknya memilih display layar capacitive 16 juta warna dan multitouch serta ukuran layar yang besar, di atas 4,5 inch. Namun untuk yang lebih senang mengantongi handphone karena malas membawa tas, handphone Android dengan ukuran layar 4-4,5 inch akan terasa lebih nyaman dan pas di saku celana/baju.

3. Kualitas kamera.
Tentu kita tidak ingin momen-momen berharga, penting atau langka terlewatkan begitu saja tanpa diabadikan. Sebenarnya resolusi kamera tidak begitu penting, yang terpenting tetap kualitasnya, sebab jika resolusi kamera HP Android cukup besar namun kualitasnya kurang bagus maka akan sama saja. Tapi sebagai referensi bagi yang suka berfoto-foto, resolusi kamera belakang 5 MP dan kamera depan 1,5-3 MP sudah lebih dari cukup untuk bisa berfoto ria. Jangan lupa tambahan fitur flash agar bisa memotret dalam keterbatasan cahaya.

4. Kapasitas baterai.
Bagi Anda si handphone-addict, tentu Anda tidak ingin melewatkan waktu yang lama untuk tidak mengotak-atik handphone Anda. Atau bagi Anda yang menggunakan handphone Android sebagai sarana untuk menjalankan bisnis, tentu akan berat untuk lepas dari handphone. Oleh sebab itu, pilihlah handphone dengan kapasitas baterai minimal 2000 mAh sedangkan buat yang suka main game atau browsing dengan handphone, kapasitas 3000 mAh bisa jadi lebih baik karena lebih awet.

5. Jaringan/koneksi.
Tahun 2017, sudah setahun lebih sejak era 4G pertama kali diluncurkan di Indonesia, bagi yang wilayahnya sudah tercover jaringan koneksi 4G, sangat sayang jika dilewatkan begitu saja, sebab koneksi 4G menawarkan akses internet/data yang super-cepat dan sangat irit. Namun bagi yang wilayahnya belum tercover 4G, sinyal HSDPA++ atau 3G juga sudah cukup memuaskan.

6. Merek handphone.
Ini yang terpenting karena berkaitan dengan fitur, budget dan layanan lainnya. Merek handphone juga menjadi faktor penentu kualitas HP yang akan Anda pilih. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan budget Anda saat ini. Jangan sampai hanya tertarik pada murahnya saja namun mengabaikan fitur dan kualitas dari handphone Android tersebut. Begitu juga soal gengsi, memilih yang mahal hanya karena merek tersebut kelihatan bergengsi. Yang terpenting tetaplah handphone berkualitas dengan layanan purna jual yang terbaik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar