Selasa, 18 April 2017

Seperti Apa Makanan Sehat untuk Diet Aman dan Cepat?

Apabila Anda ingin mengurangi berat badan, hal apa yang akan Anda lakukan? Sebenarnya, untuk melakukan diet bukan hanya harus mengkonsumsi makanan sehat. Perubahan pola makan secara mendadak untuk menurunkan berat badan dengan cepat bisa membuat Anda mengalami gangguan kesehatan. Usaha keras yang kurang sehat ini juga tidak bisa memungkinkan perubahan hidup berkelanjutan untuk penjagaan kestabilan berat badan jangka panjang.


Penurunan berat badan yang dilakukan dengan cepat biasanya tidak bertahan lama, selain itu orang yang menghilangkan berat badan dengan cepat akan memiliki resiko mengalami masalah kesehatan seperti:

  1. Tubuh lemas serta mudah lelah. Biasanya orang-orang yang melakukan penurunan berat badan dengan cepat seperti makan dengan porsi yang sangat sedikit atau bahkan tidak makan bisa menyebabkan tubuh menjadi kekurangan kalori sehingga mudah lelah,
  2. Kekurangan nutrisi. Tubuh membutuhkan karbo, mineral, vitamin dan juga lemak dalam jumlah ideal agar bisa berfungsi secara optimal, tetapi saat ingin berat badan segera turun, biasanya Anda akan lekas menghilangkan beberapa nutrisi, dengan cara yang buruk ini tubuh Anda bisa rentan terkena penyakit,
  3. Berat badan cepat naik. Diet yang cepat tidak memberikan kesempatan tubuh membakar kalori dalam jumlah yang banyak, padahal agar bisa bertahan lama diperlukan perubahan gaya hidup yang menyeluruh dan bertahap. Diet yang cepat bisa membuat berat badan Anda naik kembali.

Ada berbagai macam kesalahan melakukan diet yang tidak diduga, seperti:

  1. Melewatkan makan. Anda harus mengkonsumsi makanan sehat bukan malah melewatkan makan. Penelitian membuktikan jika orang yang teratur makan akan memiliki berat ideal, sarapan yang cukup bisa membuat Anda merasa kenyang dan setelah makan siang Anda hanya mengkonsumsi sedikit makanan, berbeda dengan saat Anda melewatkan kegiatan sarapan,
  2. Menyepelekan makanan ringan. Apakah Anda sudah pernah memperhatikan banyaknya kalori yang berada di dua potong gorengan atau keripik kentang. Jumlah totalnya bisa melebihi jumlah yang harus Anda konsumsi,
  3. Tidak mengkonsumsi makanan ringan. Memang, mengkonsumsi makanan ringan terlalu banyak bisa membuat diet Anda gagal, namun makanan ringan dengan kalori rendah bisa membuat berat badan Anda menjadi ideal.

Untuk menjalani diet sehat, Anda bisa menentukan target tiap minggu. Target kecil dan sederhana mempunyai nilai penting sebagai langkah perubahan gaya hidup berkelanjutan. Tetapkan target yang benar-benar realistis dan rutin, saat berhasil memenuhinya pasti Anda akan merasa senang dan bisa memberikan hawa positif. Pilih target kecil seperti hindari gorengan, atau konsumsi gorengan seminggu sekali.

Kedua, secara aktif bergerak. Untuk langkah awal, Anda tidak perlu melakukan olahraga secara rutin, lakukan aktivitas yang Anda sukai dan lakukan secara berulang-ulang seperti bermain badminton, bermain futsal hingga bersepeda santai bersama dengan keluarga. Jadwalkan olahraga setiap pagi sebelum Anda mulai berangkat bekerja. Cara ini adalah cara terbaik untuk Anda yang kesulitan mengatur waktu. Usahakan melakukan olahraga 2 jam per minggunya.

Pilih makanan sehat yang diolah menggunakan cara tertentu. Lebih baik Anda memilih makanan yang pengonsumsian nya dengan cara direbus atau di kukus bila dibandingkan dengan digoreng menggunakan minyak panas. Makanan yang dikukus atau pun direbus tidak terlalu lama memiliki kandungan nutrisi yang cenderung lebih banyak dibandingkan dengan makanan yang digoreng, selain itu lemak dari makanan rebusan lebih sedikit dari pada makanan goreng-gorengan. Jadi usahakan Anda mengolah makanan dengan cara direbus.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar