Jumat, 28 April 2017

5 Tips Bagi yang Hobi Shopping Agar Tetap Punya Uang Sampai Akhir Bulan

Shopping memang merupakan salah satu aktivitas paling menyenangkan di dunia ini. Itulah mengapa para wanita menganggap shopping sebagai salah satu tujuan utama saat gajian. Shopping memang aktivitas yang normal-normal saja, namun akan berubah menjadi abnormal jika dilakukan terlalu sering dan menghambur-hamburkan terlalu banyak uang. Terkadang karena kebiasaan shopping yang berlebihan, penghasilan selama sebulan ‘pun habis di awal bulan. Bagian yang paling getir yaitu seseorang harus menjual kembali barang-barang yang sudah dibelinya dengan harga yang jauh lebih murah. Berikut ini adalah 5 tips bagi yang hobi shopping agar tetap punya uang sampai akhir bulan, enjoy!


1. Alokasikan Porsi Belanja yang Sama Setiap Bulannya

Tips pertama agar kondisi keuanganmu tidak carut marut yaitu dengan mengalokasikan porsi belanja yang sama setiap bulannya. Terkadang saat uang gaji ditransfer ke rekening kita, maka hasrat belanja kita akan membuncah. Nah untuk menghindari adanya ‘kekhilafan’, sebaiknya kamu sudah menentukan porsi belanja bulanan. Misalnya nih, gaji bulanan kamu sebesar 4 juta rupiah, maka kamu bisa mengalokasikan porsi belanja bulanan sebesar 1 juta. Nah hal ini harus dijadikan komitmen agar kondisi keuanganmu bisa bertahan sampai akhir bulan.

2. Belilah Barang Dari satu Jenis Saja Setiap Bulannya

Hal ini memang agak sulit untuk diaplikasikan, namun jika berhasil diaplikasikan, maka kamu bisa mendapat reward yang sangat luar biasa. Misal nih, pada bulan Januari, uang belanja semuanya dialokasikan untuk pakaian. Nah di bulan Februari, porsi belanja dialokasikan untuk tas. Bulan berikutnya dialokasikan untuk gadget, dan begitulah seterusnya hingga akhirnya kamu mengumpulkan barang-barang yang benar-benar kamu sukai dan yang kamu butuhkan.

3. Manfaatkan Promo

Tips lainnya agar kondisi keuanganmu masih stabil hingga akhir bulan yaitu dengan memanfaatkan promo yang ditawarkan oleh banyak online shop. Misalnya yang terbaru ini yaitu promo Blibli yang menawarkan potongan harga gila-gilaan. Promo tersebut berbentuk voucher, sehingga saat kamu memiliki kode promo Blibli, maka kamu bisa menggunakannya untuk membeli produk dengan harga yang jauh lebih murah. Untuk mendapatkan kode voucher tersebut, kamu harus selalu update, baik di sosial media maupun di situs Bibli-nya langsung.

4. Jadilah Member

Jika kamu ingi menekan budget hingga level paling rendah, kamu juga bisa menjadi member di banyak online shop. Masukan e-mail, lalu tunggu pemberitahuan muncul di akun e-mail kamu. Dengan menjadi member, kamu bisa mendapatkan banyak informasi mengenai promo, reward maupun promo-promo lainnya.

5. Barang Second-hand Juga Keren Kok

Saat hasrat belanja kamu membuncah, maka kamu bisa melampiaskannya pada barang-barang second-hand atau bekas. Meskipun bekas, namun carilah yang kualitasnya hampir menyerupai versi barunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar