Minggu, 21 Mei 2017

Penyebab dan Ciri-Ciri Penyakit Leukimia pada Anak

Sebagai orang tua, Anda mungkin perlu memiliki pengetahuan tentang apa saja ciri-ciri penyakit leukimia pada anak. Pasalnya selain bisa terjadi pada orang dewasa, leukimia atau kanker darah ini juga bisa diderita oleh anak. Namun sebelum membahas lebih jauh tentang apa saja penyebab dan gejala leukimia, apakah Anda sudah tahu apa itu leukimia?


Pada dasarnya leukimia adalah penyakit yang menyerang sel darah serta sumsum tulang belakang. Penyakit ini tergolong kanker darah, tapi bukan satu-satunya jenis kanker darah. Menurut data dan fakta, leukimia ini menyebabkan kurang lebih sepertiga kematian anak-anak di seluruh dunia yang usianya di bawah 15 tahun.

Penyebab Leukimia pada Anak yang Perlu Diwasapdai


Leukimia diakibatkan oleh sel di dalam darah yang berlebihan di sumsum tulang. Hal tersebut membuat pertumbuhan sel tidak normal. Namun demikian untuk penyebab leukimia pada anak-anak, para ahli pun belum bisa menemukan secara pasti. Akan tetapi pada anak-anak, leukimia biasanya disebabkan oleh adanya kelainan pada sistem kekebalan tubuh. Hal ini bisa terjadi karena garis keturunan.

Jika seorang anak memiliki saudara kembar identik dan satu diantaranya terkena laukimia, maka kembaran lainnya pun berpotensi mengalami leukimia. Maka Anda harus mewaspadai hal tersebut jika memiliki anak kembar. Selain itu leukimia pada anak juga bisa disebabkan oleh zat kimia berbahaya. Contohnya akibat benzena, kemoterapi atau bisa juga disebabkan oleh radiasi tingkat tinggi.

Dua penyebab leukimia lain pada anak adalah karena mungkin anak pernah melakukan transplantasi organ dalam tubuh. Sedangkan dugaan faktor penyebab leukimia pada anak yang terakhir adalah virus, yakni virus leukimia atau retrovirus. Lalu bagiamana dengan gejala penyakit leukimia?

Ciri-Ciri Penyakit Leukimia pada Anak yang Perlu Diwaspadai


Adapun beberapa gejala leukimia yang dialami oleh anak-anak adalah sebagai berikut.

1. Demam Berkepanjangan

Mengutip dari http://dedaunan.com/ciri-ciri-penyakit-leukimia-stadium-awal/, pada umumnya gejala leukimia tahap awal pada anak-anak adalah sering mengalami demam. Biasanya ketika anak sedang menderita batuk atau pilek, demam memang sering muncul. Tapi jika demam tersebut terjadi berkepanjangan, bisa saja itu menjadi salah satu ciri-ciri penyakit leukimia. Kondisi ini bukan tanpa alasan, melankan terjadi karena sel darah putih tidak berfungsi dengan optimal. Pada penderita leukimia, demam yang terjadi biasanya pada suhu 38 derajat.

2. Wajah Pucat

Memang hampir semua jenis penyakit menunjukkan gejala wajah pucat. Gejala ini juga sering dihubungkan dengan penyakit anemia. Memang benar demikian. Jika wajah pucat terjadi sepanjang hari bahkan secara terus menerus, bisa jadi si anak sedang mengalami leukimia. Pasalnya seorang penderita leukimia memang seirngkali mengalami anemia. Selain wajah yang pucat, tubuh juga lemas dan mudah lelah saat beraktivitas.

3. Sakit pada Tulang

Bukan hanya orang lanjut usia saja yang sering mengalami sakit pada tulang. Sakit pada tulang juga menjadi satu diantara ciri-ciri penyakit leukimia pada anak. Biasanya anak mengeluh tulang terasa sakit tanpa ada sebab yang pasti. Seperti penyebab awalnya, sel-sel darah putih akan menjadi tidak normal pada bagian sumsum tulang. Itulah yang membuat anak merasakan nyeri pada tulang.

Itulah tadi tiga ciri utama penyakit leukimia pada yang perlu Anda waspadai. Adapun ciri-ciri penyakit leukimia pada anak yang juga biasa terjadi misalnya seperti pembengkakkan pada dada, ketiak dan leher selama beberapa har. Serta seringkali mimisan apabila kondisi sudah semakin parah. Hal ini dikarenakan pembekuan darah sudah tidak bekerja dengan normal lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar