Jumat, 09 Juni 2017

Dapat THR Buat Beli Apa Ya?



Kalau kamu masih tergolong yang baru pertama kali menerima THR, pertanyaan ini mungkin yang kan menyeruak di benak kamu: uang THR yang kamu peroleh itu sebaiknya dibuat untuk dibelanjakan apa ya?

Mengingat saat hari raya itu biasanya banyak kebutuhan akan melonjak, karenanya kamu pun harus pintar mengalokasikan uang THR yang kamu peroleh. Agar uang yang kamu miliki bisa mencukupi semua kebutuhan untuk hari raya. Syukur-syukur kalau ada lebihnya jadi kamu pun bisa menabungnya kembali. Yang penting jangan sampai kebablasan sehingga kemudian justru uang yang kamu miliki kurang, dan akhirnya berhutang.

Biar hal itu tak sampai terjadi, sebaiknya kamu membagi beberapa pos pengeluaran untuk hari raya. Pos pertama yang perlu kamu dahulukan adalah untuk beramal. Jadi, nantinya kamu hitung berapa yang perlu kamu keluarkan untuk zakat, infak, dan sedekah.

Selanjutnya, pada pos kedua adalah makanan. Baik untuk makanan yng disuguhkan di rumah, atau makanan yang hendak dibawa sebagai oleh-oleh ke tempat saudara. Lalu, pos pengeluaran selanjutnya adalah pakaian. Kamu bisa menghitung berapa pakaian yang perlu dibeli untuk sekeluarga.

Selanjutnya apa lagi? Ya biaya untuk mudik. Kalau kamu berencana untuk merayakan hari raya di kampung halaman, tentu perlu beli tiket untuk pergi ke kampung halaman. Atau misalnya bawa kendaraan sendiri, kamu pun perlu hitung berapa biaya BBM, tol, dan parkir yang perlu kamu sediakan.

Hmm.. lumayan banyak ya?

Ya memang begitulah. Bagi banyak orang, hari raya itu menjadi momen setahun sekali untuk berkumpul bersama keluarga. Karena itu mereka pun perlu merayakannya dengan sebaik-baiknya.

Kalau kamu ngerasa misalnya uang THR yang kamu miliki itu sedikit atau khawatir tidak mencukupi, tenang aja. Ada solusinya kok. Kamu bisa mencari promo THR di Blanja.com. Promonya bekerjasama dengan sejumlah bank ternama dan kamu bisa mendapatkan potongan langsung hingga 500.000.

Itu salah satu trik yang bisa kamu lakuin. Kemudian seandainya uang THR yang kamu miliki itu masih saja dirasa kurang, mau tidak mau kamu perlu untuk memangkas beberapa pengeluaran yang mungkin bisa dikurangi.

Sebagai contoh, kalau selama ini mungkin kamu terbang ke kampung halaman dengan tiket pesawat kelas bisnis, untuk tahun ini tidak ada salahnya kalau kamu naik pesawat di kelas reguler. Toh yang paling penting kamu bisa sampai hingga tujuan dengan selamat.

Begitulah beberapa cara agar THR yang kamu miliki bisa cukup, sekalipun uang THR yang kamu dapat mungkin tidak banyak. Juga yang tak kalah pentingnya adalah kita selalu bersyukur dengan segala nikmat yang telah diberikan oleh-Nya. Sebab suka beryukur itu adalah tanda bagi orang-orang yang beriman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar