Rabu, 14 Juni 2017

Harga Handy Talky dan Etika Penggunaannya

Handy talky merupakan salah satu jenis alat komunikasi untuk jarak jauh yang dapat membantu mengkomunikasikan informasi-informasi yang penting antar penggunanya. Secara umum, HT ini kerap dipakai oleh polisi, security, pekerja di pertambangan hingga para pelaku event organizer. Harga handy talky juga beragam dari mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah sesuai dengan spesifikasinya. Meski memang sudah ada ponsel yang lebih canggih saat ini, handy talky tetap saja kerap dipakai lantaran memiliki fungsi yang tidak tergantikan dimana komunikasi one to many ataupun broadcast voice dan juga komunikasi yang mandiri.


Informasi yang disampaikan melalui handy talky ini dapat didengar oleh seluruh anggota yang memantau sehingga dirasa lebih mudah ketika melakukan koordinasi mobile dengan serentak. Dengan fungsi vital seperti ini, tak heran jika banyak sekali pihak yang membutuhkannya demi menjalin koordinasi antar anggotanya karena penggunaan yang praktis serta mudah. Namun mungkin diantara Anda masih banyak yang belum pernah atau baru akan menggunakan handy talky sehingga masih bingung dengan tata caranya. Maka berikut ini sekilas cara penggunaan handy talky ini:

1. Komunikasi yang baik

Berkomunikasi melalui handy talky seperti halnya berkomunikasi dengan alat komunikasi lain. Namun mengingat koordinasi ini bisa dilakukan serentak, maka komunikasi pun harus jelas dengan intonasi dan suara yang tepat. Pastikan jika bahasa dalam komunikasi juga santun karena melibatkan banyak pihak.

2. Etika memanggil

Untuk melakukan panggilan ada etika yang harus dipahami sehingga tidak saling serobot. Harga handy talky bisa mempengaruhi kualitas suara nantinya sehingga patut memilih handy talky yang berkualitas. Maka berikut ini aturannya:

  • Apabila panggilan pertama tidak dijawab, maka tunggu paling tidak 5 detik kemudian baru panggil kembali.
  • Ketika memanggil dan ternyata belum ada jawabannya, maka hindari memasukkan panggilan dari orang lain karena bisa seperti menyerobot komunikasi.
  • Jika Anda sudah memanggil 4 hingga 5 kali namun ternyata tetap tidak ada jawaban, maka hentikan panggilan tersebut dan beri kesempatan ke stasion lainnya untuk berkomunikasi dan mencari informasi keberadaan dari stasion yang tidak memberi jawaban.


3. Etika menjawab

Seperti halnya dalam pemanggilan, ketika menjawab pun ada aturannya dengan cara berikut ini:

  • Ketika Anda memegang handy talky dan mendengar ada panggilan, maka harus dijawab sesegera mungkin.
  • Jawaban kepada panggilan tersebut hendaknya sopan namun singkat sesuai prosedur dari komunikasi antar anggota.


4. Tata cara komunikasi


  • Saat Anda berbicara menggunakan handy talky, maka berilah jarak dari handy talky k mulut dengan kisaran jarak 2,5 cm dan pada posisi yang tegak.
  • Tekan PTT sekitar 2 detik lalu bicara secukupnya. Setelah selesai, segera lepas tombol PTT tersebut.
  • Berkomunikasilah dengan tertib dengan giliran yang ada. perhatikan juga tingkat kepentingan dari berita yang disampaikan.
  • Jika memungkinkan, antar anggota harus memiliki bahasa rahasia sehingga bisa menjalin komunikasi lebih rahasia dengan menghindari penyebutan nama, senioritas hingga jabatan selama percakapan.
  • Bicara lah dengan jelas namun tetap singkat. Selain itu kecepatan dalam berbicara disertai iramanya juga harus tepat mengingat suara yang keluar dari handy talky tidak selalu baik.


Itulah beberapa etika yang perlu diketahui untuk setiap pemegang handy talky. Dengan pentingnya handy talky dalam sebuah acara, maka pastikan untuk memiliki handy talky yang berkualitas. Anda bisa mendapatkan handy talky dengan kisaran harga handy talky mulai dari 200 ribuan hingga jutaan rupiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar