Senin, 04 September 2017

Cara Terbaru Mengetahui Password Anda Telah Di Bajak



Tak perlu dipungkiri lagi bahwa pembajakan telah menjadi hal biasa di Internet. Dan salah satu kesalahan terbesar yang biasa kita lakukan adalah berpikir bahwa itu hanya akan terjadi bila kita melakukan sesuatu. Kita masih berfikir bahwa jika kita tidak melakukan apapun, kita tidak akan pernah memiliki masalah. Sayangnya, semua tak lagi sesederhana itu. Akun dan password kita, bisa dibajak oleh siapapun dan kapanpun. Hanya saja bagaimana cara kita mengetahui bahwa akun kita telah di bajak?

Perlu kita pahami, bawah semua orang memiliki kemungkinan akan mendapatkan hack di beberapa titik. Bahkan nama besar di Internet pun bisa di hack, seperti Apple dan Yahoo. Tapi bagaimana Anda bisa tahu jika Anda telah di-hack? Mari kita bahas berbagai persoalan mendasarnya dalam artikel berita terbaru ini.

1. Periksa Terlebih Dahulu Apakah Keamanan Maksimal Telah Aktif 
Jika Anda tidak beruntung, layanan yang Anda gunakan mungkin telah diretas, dan pencuri kemudian akan memiliki akses ke database layanan. Manajer layanan dapat menghubungi Anda untuk menjelaskan situasinya, dan jika Anda menggunakan media sosial, Anda akan segera tahu dengan cepat. Jika targetnya bukan bisnis / layanan, hal-hal bergantung pada diri sendiri. Sudahkah anda mengaktifkan semua setting keamanan? Misalnya, beberapa layanan menggunakan sistem verifikasi 2 langkah. Kemungkinan hack dengan fitur ini diminimalkan, dan bahkan jika ini terjadi, Anda akan diberi tahu. Misalnya, Google, Facebook dan Dropbox akan mengirimi Anda pesan untuk memberi tahu Anda bahwa seseorang telah mencoba mengakses akun Anda dari perangkat baru.

2. Periksa Seberapa Aman Password Anda 
Tentu saja, tidak semua situs menawarkan berbagai opsi keamanan. Oleh karena itu Anda harus berpikir panjang tentang unsur utama kerahasiaan: yaitu kata sandinya. Jika layanan di-hack, kualitas kata kunci Anda tidak akan membuat perbedaan tetapi jika Anda secara pribadi yang menjadi target pembejakan, maka kata sandi sangat menentukan kualitas keamanan yang anda ciptakan.

Jadi bagaimana anda bisa tahu apakah password anda cukup aman? Anda mungkin pernah mendengar bahwa kata sandi yang aman harus memiliki gabungan angka, huruf dan kadang karakter khusus. Masalahnya adalah mesin yang mencoba mencari tahu kata kunci Anda juga menyadari hal ini, jadi dengan membuat campuran karakter ini, Anda tidak perlu membuat akun tidak mungkin di-hack, Anda ukup membuatnya lebih sulit.

Kedua tip ini bisa memberi gambaran tentang situasi keamanan akun Anda namun tidak dapat memberi tahu Anda jika Anda telah di-hack. Jadi bagaimana Anda bisa yakin?

Gejala Akun Telah Di Bajak 
Secara teori, akun Anda mungkin telah di-hack tanpa Anda sadari. Dalam prakteknya, ini kurang jelas karena jika seseorang telah repot-repot untuk mendapatkan rincian akun Anda, mereka mungkin berencana untuk melakukan sesuatu dengannya. Entah mereka akan menggunakan akun Anda secara langsung, misalnya mengubah kata sandi Anda, membeli barang dari akun Anda atau mengirim email palsu ke kontak Anda, atau mereka akan menggunakannya secara tidak langsung untuk mengikis informasi lain yang mereka temukan di akun Anda. Dengan demikian, mereka bisa menggunakan atau menjual data pribadi Anda, dll.

Periksa Secara Online Akun Anda Telah Di Bajak 
Jika pembajakan dilakukan dalam skala besar, Anda bisa mengecek apakah Anda sudah di-hack atau tidak. Pakar keamanan telah membuat daftar semua korban setelah setiap serangan diketahui, dan memungkinkan pengguna untuk memeriksa apakah akun mereka diretas. Situs web ini disebut ‘Have I been pwned?’ Anda hanya perlu mengetikkan alamat email Anda, dan situs web akan memberi tahu Anda apakah seseorang mengetahui kata sandi Anda atau tidak.

Nah itulah beberapa cara dalam berita terbaru yang harus anda perhatikan agar akun anda tidak pernah di bajak dan bagaimana cara mengetahuinya jika terlanjur akun anda dibajak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar