Sticky Post

Peralatan Olahraga Yang Bisa Dibeli di Bukalapak

Sabtu, 03 Februari 2018

Repotkah Memiliki Genset Sendiri?

Untuk sebagian orang, memiliki genset sendiri memang lebih baik dibanding selalu sewa genset. Apalagi untuk mereka yang memiliki usaha restoran atau mini market. Tentu listrik tidak boleh padam, kan?

Genset

Memiliki genset memang jauh lebih murah dibanding bolak balik menyewanya. Namun ternyata ada beberapa hal yang patut Anda simak sebelum memutuskan untuk memiliki genset sendiri. Karena genset yang Anda miliki haruslah benar-benar bermanfaat dan siap digunakan disaat darurat. Misalnya ketika pemadaman PLN secara dadakan. Untuk memaksimalkan kinerja dan kesiapan genset, Anda pun harus siap melakukan beberapa hal berikut ini.

Disiplin untuk operasional harian

Luangkan waktu untuk memanaskan genset secara rutin, checklist tiap kali genset akan dinyalakan, pengisian air radiator, serta pengadaan filter oli, filter udara, fanbelt, dan lainnya. Tidak sulit, kok, untuk merawat genset. Asalkan Anda disiplin dan konsisten untuk menjaganya. Karena umur genset ditentukan dari perawatan yang Anda lakukan. Tidak jarang, lho, genset tidak mau distarter saat sedang dibutuhkan hanya karena jarang dipanaskan secara rutin. Jadi, rawatlah dengan disiplin agar genset awet.

Genset membutuhkan tenaga operator

Tidak ada waktu yang cukup untuk melaksanakan poin pertama? Saatnya memberikan tugas “mulia” ini kepada operator. Operator akan membantu Anda mengurus genset dengan baik. Maintenance rutin adalah tugas operator yang Anda pekerjakan. Walaupun sudah lega karena maintenance bukan tugas utama Anda lagi, namun jangan lupakan tentang urusan tenaga kerja. Operator harus memiliki Surat Ijin Operator Genset, gaji bulanan, BPJS, Pph, dan lainnya. Pertimbangkan kembali jika Anda ingin memiliki genset besar dalam jumlah yang tidak sedikit.

Perhatikan juga, bahwa genset bisa saja terkena gangguan dan harus diservis oleh mekanik berpengalaman. Carilah mekanik yang memang jujur dan handal di bidangnya. Karena jika salah sedikit, fatal akibatnya.

Urus perawatan dan servis secara berkala

Hampir sama dengan operasional harian, Anda pun juga harus mencermati jadwal perawatan rutin dan servis secara berkala. Perhatikan kapan harus mengganti oli dan filter, tune up, top overhaul, dan lainnya. Untuk perawatan genset bisa langsung menghubungi Sewatama.

Sudah siap memiliki genset sendiri?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar