Minggu, 22 April 2018

Cek Usia Kehamilan Dengan Rumus Naegele Dan Parikhs



AQIQAH DI JOGJA - Bagi para wanita yang sedang menjalani proses kehamilan tentu saja ini adalah hal yang menyenangkan apalagi jika ini adalah kehamilan pertama anda karena anda akan memiliki buah hati yang bisa membuat keluarga anda terasa semakin lengkap dan ramai. Selain itu juga hal ini tidak hanya bisa membuat anda dan suami merasa senang karena orang tua atau mertua anda pun akan turut merasakan bahagia.

Selain itu juga dalam menjalani proses kehamilah yang tidak sebentar ini yang kurang lebih bisa sampai 40 minggu atau 280 hari akan ada banyak hal yang anda lalui, mulai dari perubahan bentuk fisik untuk menyesuaikan dengan kebutuhan janin yang anda kandung hingga dengan perubahan psikis yang anda alami.

Hal ini tentu saja membuat anda harus lebih berhati-hati dalam bersikap dan beraktivitas, selain itu juga anda harus mulai merubah pola makan dan asupan makanan yang anda konsumsi. Anda harus mulai mengkonsumsi makanan yang lebih bergizi dan sehat untuk dapat memenuhi kebutuhan janin agar anda memiliki anak yang sehat dan kuat tentunya.

Lalu bagaimana caranya memperkirakan usia kehamilan sehingga anda bisa menentukan atau mempersiapkan diri untuk memasuki masa persalinan?

Usia kehamilan adalah rentang waktu usia yang dimiliki janin dari awal pembuahan dan sampai waktu bayi tersebut dilahirkan. Terdapat cara sederhana yang bisa anda gunakan untuk mengetahui dan melakukan cek usia kehamilan yaitu dengan cara atau rumus HPHT atau hari pertama haid terkahir.

Rumush HPTH ini menggunakan asumsi bahwa pembuahan terjadi pada hari ke 14 dari siklus menstruasi yang anda miliki. Karena asumsi ini, metode HPHT ini memiliki kemungkinan untuk salah sekitar kurang lebih 2 minggu.

Oleh karena itu untuk memperkirakan usia kehamilan bisa dengan cara menggunakan HPL dan hal ini didasari dari riwayat menstruasi anda. Hal ini dikenal dengan rumus naegele dan disempurnakan dengan rumus Parikhs. Contohnya adalah sebagai berikut.

HPL = HPHT + 9 bulan + (lama siklus haid - 21 hari)

Dan seperti yang sudah penulis jabarkan di atas, usia kehamilan biasanya bisa mencapai 40 minggu atau 280 hari, namun hal ini bukanlah hal yang mutlak, maksudnya adalah kehamilan yang anda alami bisa saja lebih cepat atau bahkan bisa lebih lama. Semoga cara yang sudah penulis jabarkan di atas bisa membantu anda untuk cek usia kehamilan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar