Kamis, 10 Mei 2018

5 Cara Efektif untuk Mengatasi Rambut Bayi yang Lama Tumbuh

Kondisi rambut bayi saat pertama lahir akan berbeda-beda. Ada yang rambutnya langsung tumbuh lebat. Ada pula yang rambutnya tidak kelihatan sama sekali. Kondisi yang kedua akan membuat Anda semakin risau jika seiring pertumbuhan dan perkembangan rambut bayi Anda tidak juga kelihatan. Berikut cara efektif untuk mengatasi kondisi rambut pada bayi.


1. Perhatikan Posisi Tidur Bayi

Posisi tidur yang telentang akan menyebabkan bayi rentan mengalami kebotakan karena adanya kontak langsung yang terus-terusan dengan bantal. Posisi tidur ini akan membuat kulit kepala bayi menjadi pengap. Hal ini diungkapkan oleh Dr. Stephen Muething, MD, Direktur di Cincinnati Children’s Hospital Medical Center.

Hal ini membuat Anda perlu memperhatikan posisi bayi. Kondisikan bayi Anda tidur dengan posisi tengkurap agar kepalanya tidak terlalu lama terkena kontak dengan bantal. Anda tetap harus mengawasi bayi saat tidur dengan posisi tengkurap agar jika bayi kesulitan bernafas Anda bisa segera mengubah posisi tidurnya.

2. Asupan Makanan Pendamping ASI

Asupan makanan pendamping ASI yang diberikan dapat membantu pertumbuhan rambut bayi Anda. Untuk itu Anda harus memberikan makanan yang bernutrisi seperti ikan salmon, susu, telur dan buah-buah. Berikan juga sayur-sayuran yang mengandung vitamin B-1, L-cysteine, omega-3, zinc, dan zat besi yang akan menjadi nutrisi untuk kesehatan kulit dan rambut bayi.

3. Potong Rambut

Pemotongan rambut bayi menjadi botak bermanfaat untuk membuat kulit kepala bayi menjadi bersih. Bisa jadi pertumbuhan rambut terhambat karena adanya kotoran atau kerak yang menempel di kulit kepala sehingga membuat folikel rambut terhambat pertumbuhannya.

4. Menggunakan Hair lotion

Hair lotion akan membantu pertumbuhan rambut bayi Anda sehingga tumbuh dengan serta hitam dan lebat. Selain itu, juga berfungsi untuk melindungi kulit kepala bayi dari kekeringan yang dapat menimbulkan iritasi. Hair lotion juga akan memiliki nutrisi yang dibutuhkan untuk memicu pertumbuhan rambut bayi dan menyehatkan kulit kepalanya.

Anda juga dapat menjaga kelembapan rambut bayi saat tumbuh nanti dengan menggunakan hair lotion sehingga rambut bayi tidak mengering dan juga dapat menjaga keharuman rambutnya. Hair lotion ini bisa Anda dapatkan dengan harga promo ramadhan yang memberikan potongan harga hingga 20% di toko jual perlengkapan bayi Orami.

Hair lotion khusus bayi ini telah teruji hypoallergenic yang artinya aman digunakan pada kulit bayi yang sensitif. Lotion dapat Anda gunakan pada bayi setelah mandi dan keramas rambut. Pastikan rambut bayi dilap dengan handuk hingga kering sebelum memberikan lotion.

5. Keramas dengan Aman

Keramas yang terlalu sering pada kulit kepala bayi juga tidak bayi karena terus terpapar dengan kandungan yang ada pada sampo. Penggunaan sampo yang berlebihan akan menyebabkan kulit kepala menjadi iritasi. Hal ini dapat Anda hindari dengan menggunakan sampo bayi yang telah teruji secara klinis aman untuk digunakan.

Saat keramas Anda sebaiknya mencampurkan air hangat dan memijat kulit kepala bayi. Pijatan dapat Anda lakukan dengan gerakan memutar menggunakan ujung-ujung jari Anda. Pijatan yang dilakukan ini akan membersihkan kotoran yang menempel pada kulit kepala, minyak, dan dapat merangsang keluarnya folikel rambut bayi Anda.

Perawatan terhadap bayi merupakan bagian yang penting untuk Anda pahami dan terapkan. Kesehatan dan proses tumbuh kembang bayi tergantung dari cara Anda merawatnya. Pastikan bayi Anda mendapatkan perawatan terbaik dengan menggunakan perlengkapan bayi yang aman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar