Jumat, 18 Mei 2018

Candi Prambanan

Yogyakarta adalah salah satu kota yang memiliki sejarah Hindu dan Buddha yang cukup kuat. Hal ini membuat banyaknya peninggalan-peninggalan kerajaan Hindu dan Buddha yang berada di daerah sekitar Yogyakarta. Salah satu peninggalan tersebut adalah candi yang sekarang dijadikan salah satu destinasi wisata utama di Yogyakarta.


Candi terkenal yang dapat menjadi prioritas kunjungan Anda adalah Candi Prambanan. Candi tersebut sudah memiliki nama di mata para turis nasional maupun internasional yang dapat Anda jadikan tujuan dalam Paket Wisata Jogja.

Lebih Kental dengan Corak Hindu di Yogyakarta, Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan candi bercorak Hindu yang terletak di daerah Kecamatan Prambanan. Candi Prambanan merupakan candi corak Hindu terbesar di seluruh Asia Tenggara. Prambanan telah ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO dan salah satu candi terindah di Asia Tenggara.


Candi Prambanan mempunyai nama lain yaitu Candi Roro Jonggrang. Nama ini diambil dari legenda terbentuknya candi tersebut. Bermula dari perjuangan Bandung Bondowoso untuk melamar putri Roro Jonggrang. Tidak tega menolak secara langsung, Roro Jonggrang mengajukan syarat yang dia pikir cukup mustahil dilakukan. Ia mengajukan syarat pembuatan 1000 candi dalam satu malam.

Bandung Bondowoso hampir berhasil membuat candi tersebut dalam satu malam dengan bantuan para jin. Tidak ingin hal itu terjadi, Roro Jonggrang meminta bantuan warga untuk memukul lesung agar ayam jantan berkokok. Begitu pertanda pagi sudah tiba, Bandung Bondowoso baru menyelesaikan candi ke 999. Marah, dengan kesaktiannya dia mengutuk Roro Jonggrang menjadi candi ke 1000.

Di Candi Prambanan para wisatawan tidak hanya disuguhkan dengan pemandangan candi. Wisatawan dapat mempelajari budaya dan sejarah, berfoto-foto di candi, mengunjungi museum candi, berburu oleh-oleh, bersepeda, dan menonton sendratari Ramayana.

Sendratari Ramayana adalah pertunjukan tari yang menggabungkan seni tari, drama, dan musik jawa sekaligus. Pertunjukan hanya diadakan pada hari Selasa, Kamis, dan Jumat. Setiap pukul 19.30 – 21.30. Sendratari ini menceritakan tentang kisah Ramayana. Kisah yang paling populer dan paling dinanti adalah kisah cinta Rama dan Shinta.

Wisatawan domestik dikenakan biaya masuk sebesar Rp 30.000,- untuk dewasa dan Rp 12.500,- untuk anak-anak. Bagi wisatawan mancanegara harga tiket masuk dipatok sebesar USD 10,-. Di sekitar Candi Prambanan terdapat banyak fasilitas yang dapat mempermudah perjalanan liburan Anda. Terdapat banyak hotel atau penginapan, restoran, dan toko cenderamata.

Dengan mengunjungi Indotrip.id, Anda dapat memesan berbagai paket wisata Jogja menarik yang dapat Anda sesuaikan dengan pilihan wisata Anda. Tidak hanya itu, Indotrip juga menawarkan berbagai paket wisata Jogja dengan berbagai variasi harga dan waktu. Anda hanya perlu mencari paket wisata yang sesuai dengan kebutuhan Anda, lalu menikmati liburan di Yogyakarta dengan nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar