Kamis, 30 Agustus 2018

Apa yang Harus Anda Lakukan Saat Genset Rusak?

Listrik punya peran yang sangat vital dalam kehidupan manusia setiap harinya. Tanpa listrik, kehidupan akan berjalan lebih sulit karena semuanya harus dilakukan secara manual. Untuk itu, mengalirkan listrik di ruangan atau tempat lainnya jadi hal yang penting terutama saat sumber listrik utama padam atau sulit untuk didapatkan.


Saat aliran listrik sulit untuk didapatkan, maka menggunakan genset jadi cara yang paling mudah. Karena, mesin genset bisa mengalirkan listrik dengan praktis melalui pembakaran dari bahan bakar minyak. Tapi, seringkali genset juga memiliki masa usia pakai sampai akhirnya rusak. Lalu, apa yang perlu Anda lakukan saat genset rusak?

Mencari Sumber listrik alternatif

Jika Anda membutuhkan aliran listrik alternatif tanpa bergantung pada genset, maka Anda bisa mencari sumber listrik alternatif lainnya. Ada berbagai sumber listrik alternatif yang bisa Anda gunakan dan salah satunya yakni dengan memanfaatkan tenaga surya atau matahari. Pemanfaatan tenaga surya bisa Anda lakukan dengan menggunakan panel surya. Penggunaan panel surya telah banyak digunakan untuk memanfaatkan panas matahari dalam mengalirkan listrik. Tapi, pastikan Anda telah mengetahui seberapa besar daya listrik yang dibutuhkan agar sesuai dengan jumlah panel surya yang digunakan.

Memperbaiki genset tersebut

Apabila genset Anda rusak saat ingin digunakan, maka Anda dapat mencari tahu darimana kerusakan tersebut berasal. Biasanya, genset yang tidak mau menyala disebabkan karena permasalahan pada aki, bahan bakar sampai saluran dari bahan bakar tersebut. Jika Anda sudah mengecek genset tersebut namun tidak menemukan kerusakannya, maka service genset bisa jadi cara yang paling jitu agar genset tersebut menyala seperti sediakala.

Membeli genset baru

Genset yang telah Anda coba untuk perbaiki masih tidak mau menyala juga? Mungkin itu pertanda kalau Anda perlu mencari genset baru untuk menggantikan genset lama yang sudah rusak tersebut. Membeli genset baru bisa menjadi solusi yang praktis. Namun, Anda tentu harus mengeluarkan dana yang cukup besar untuk membeli genset yang baru. Agar lebih efisien, Anda bisa sewa genset saat diperlukan pada momen-momen tertentu saja. Sehingga penggunaan genset menjadi lebih efisien dan tepat guna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar