Sticky Post

Peralatan Olahraga Yang Bisa Dibeli di Bukalapak

Rabu, 03 Oktober 2018

3 Rekomendasi Laptop Untuk Mahasiswa (Untuk 3 Jenis Budget Berbeda)

Kehidupan mahasiswa normal sering melibatkan 4 hal: ngikutin kuliah, mengerjakan tugas, mengerjakan ujian dan having fun (selagi sempat). Siklus ini gak pernah berubah dari jaman old sampai sekarang.


Tapi kalo ngotot di cari perbedaan­nya, tampak jelas kalo jaman now, mahasiswa itu dituntut berlebihan, mesti ngerjain tugas pribadi, tugas kelompok, mesti di buatin versi bahasa indonesianya dengan EYD (ejaan yang disempurnakan, T_T) plus versi bahasa inggris­nya (grammar mesti bener!), belajar ini, belajar itu, riset sana, riset sini, bikin presentasi­nya. Dan semua itu di kasi deadline yang terkadang tidak masuk akal.

Untung­nya sekarang ada yang nama­nya laptop, perangkat ini bagai oase untuk mahasiswa di padang pasir perkuliahan, memungkinkan mahasiswa untuk punya kesempatan menjadi alumni.

Laptop untuk mahasiswa yang bagus, yang mana yah? ini merupakan pertanyaan yang di sebabkan karena terlalu banyak­nya laptop yang tersebar di pasaran, dengan harga dan spesifikasi yang bervariasi. Postingan ini kami buat khusus untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Bagaimana Kami Menyeleksi Laptop Untuk Mahasiswa

1. Harga

Sesuai judul, yang pertama kami pertimbangkan adalah harga, mengingat mahasiswa rata ­ rata dapat di kategorikan ke dalam 3 jenis kategori ekonomi : Mahasiswa tajir (duit hampir gak berarti akibat kebanyakan stok), mahasiswa menengah (duit masih berarti), mahasiswa sederhana (duit sangat amat berarti). Maka kami juga mengkategorikan review laptop untuk para mahasiswa ini dengan mempertimbangkan sisi budget : tinggi, sedang dan rendah.

Budget rendah : laptop harga 4 jutaan rupiah.
Budget menengah : laptop harga 8 jutaan rupiah.
Budget tinggi : laptop harga di atas 10 jutaan rupiah.

2. Processor

Processor merupakan pusat pengolahan file dalam suatu laptop, bisa di katakan bagian terpenting dalam sebuah laptop. Perangkat ini juga menentukan kinerja dari suatu laptop apakah dapat bekerja dengan baik atau tidak, dapat menjalankan beberapa aplikasi secara mulus atau tidak.

Untuk menentukan kinerja suatu processor, tidak cukup dengan melihat kecepatan getaran (GHz) dari processor yang bersangkutan, karena itu kecepatan dalam teori, bukan dalam praktek nyata, untuk melihat kemampuan processor dalam dunia nyata, kami menggunakan skor benchmark yang di keluarkan oleh website www.cpubenchmark.net.

Budget Rendah : Processor Intel Celeron, dengan skor benchmark di atas 1200 (misal N4000 dan N3350).
Budget Menengah : Processor intel Core i5, dengan skor benchmark di atas 4500 (misal Core i5 7200U dan Core i5 8250U).
Budget Tinggi : Processor Intel Core i7, dengan skor benchmark di atas 8000 (misal core i7 8550U dan core i7 7700HQ).

3. Ram

Ram adalah memori sementara, tujuan­nya yah menyimpan data atau hasil komputasi sementara, makin besar kapasitas ram, makin cepat dan responsif pula suatu laptop, dan makin berkurang lag­lag nya akibat membuka beberapa aplikasi bersamaan. Se­murah apapun budget laptop untuk mahasiswa, kami memberi batasan minimal 4 GB.

Dengan tuntutan dosen dan universitas yang berlebihan, bisa di bayangkan, laptop suatu mahasiswa kalo lagi di jalankan sewaktu ngerjain tugas bakal seperti ini : google chrome degan 5 sampai 10 tab + aplikasi musik (spotify atau youtube) + microsoft word + microsoft power point. Kalo ram cuman 2 GB, yakin dan percaya, pasti ngadat. Oleha karena itu 4 GB Ram adalah harga mati, terutama banget untuk mahasiswa.

4. Kapasitas Harddisk

Harddisk merupakan ruang penyimpanan data, kami mempertimbangkan 500 GB harddisk dengan kecepatan putaran 5400 RPM, merupakan standard minimal, mengingat berkuliah selama 4 tahun (kalo tepat waktu), seorang mahasiswa tentu akan menyimpan sangat banyak data (untuk kepentingan perkuliahan, hiburan maupun bisnis).

Terkecuali, bila laptop tersebut memiliki penyimpanan tipe SSD (solid state drive) yang membuat kinerja laptop dapat meningkat menjadi dua sampai tiga kali lipat di bandingkan yang masih menggunakan harddisk analog. Bila menggunakan SSD, kapasitas minimum yang kami toleransi adalah 128 GB.

5. Kartu Grafis Khusus

Pada umum-nya processor jaman now baik keluaran Intel maupun Amd, sudah di lengkapi dengan kemampuan untuk mengolah grafis, sehingga suatu laptop tidak memerlukan kartu grafis khusus, tetapi dengan ada-nya kartu grafis yang khusus, tentu kinerja komputasi grafis menjadi lebih cepat dan lebih baik.

Jadi­nya kami tidak mengharuskan suatu laptop memiliki kartu grafis khusus untuk mahasiswa kebanyakan, tapi bagi mahasiswa jurusan desain dan teknik, memiliki laptop dengan kartu grafis khusus adalah nilai plus.

6. Merk Laptop

Mahasiswa sering tergiur dengan laptop spesifikasi tinggi berharga murah yang kadang tidak realistis, merk-­merk abal-abal sering sekali memanfaatkan kelemahan para mahasiswa ini dengan iklan mereka yang selangit, tapi tentu­nya tidak di sebutkan kalo laptop "canggih" tersebut masa hidup­nya hanya sebentar, dan kalo bermasalah (pasti bermasalah tinggal tunggu waktu­nya), tidak ada garansi, kalaupun ada proses klaim­nya pun di sulit ­- sulitin.

Kalo sudah begini, Pusing! yang ada, udah pusing mikirin kuliah, pusing juga mikirin berbagai tugas yang tersendat akibat laptop­nya di reparasi. Menyesal? penyesalan yah datang­nya selalu belakangan, dan percuma.

Untuk menghindari semua itu, kami hanya menyarankan laptop terpercaya dengan market share teratas di dunia. (mereka mempunyai market share teratas, karena menghasilkan produk laptop yang bagus, after sales dan garansi yang jelas, sehingga di percaya banyak orang). Merk ­- merk yang kami percaya adalah : Hp, Lenovo, Dell, Asus, Apple, dan Acer. Sebaik­nya anda hanya membeli salah satu dari merk - merk aman ini.

Daftar 3 Laptop Untuk Mahasiswa Berdasarkan Budget

1. Laptop Untuk Mahasiswa Dengan Budget Sederhana: LENOVO IdeaPad 120S­6ID


Harga : 3,6 Jutaan ­- 4 Jutaan
Processor : Intel celeron N3350 ( nilai benchmark passmark sebesar 1435 )
Ram:4GB
Harddisk : 128 GB SSD
VGA : intel HD
Layar : 14 inci, Resolusi HD (1366x768)
Sistem operasi : Windows 10.

Pertama kali tim editor melihat laptop ini (dalam suatu riset mendalam), kami berpikir bahwa laptop Lenovo IdeaPad 120S­6ID, adalah laptop yang di kirim Tuhan untuk membantu mahasiswa ber-kantong pas-­pasan.

Apakah yang membuat kami berpikir demikian?

Pertama, Harddisk-­nya yang sudah full 128 GB SSD, seperti telah kami singgung di atas, dengan ada­nya SSD, kemampuan suatu laptop dapat meningkat secara sangat bermakna, mencapai 2 sampai 3 kali lipat kinerja dan kecepatan dari laptop sejenis yang masi menggunakan harddisk analog dengan kecepatan 5400 RPM. Perlu di ingat, bahwa harddisk SSD adalah fitur yang hanya di miliki laptop - laptop premium, berharga di atas 9 jutaan, tetapi lenovo berbaik hati mau menyematkan­-nya di laptop entry-level ini, merupakan hal yang sangat perlu untuk di syukuri.

Kedua, Processor sudah menggunakan intel celeron N3350 yang mempunyai 2 core(inti) dengan kecepatan masing ­ masing inti sebesar 1.1 GHz sampai 2.4 GHZ. Dari segi benchmark juga sudah mencapai nilai 1435, cukup lumayan.

Ke­tiga, Windows 10 original sudah di bundling gratis untuk setiap pembelian laptop ini, perlu anda ketahui, laptop dengan harga di bawah 4 juta rupiah, sering kali tidak memberikan windows 10 secara gratis, dan kalo di beli terpisah, harga-­nya dapat mencapai 1 juta per license. Dengan windows 10 ori yang gratis ini, bisa dikatakan double hemat­nya.

Ke­empat, desain­nya yang ringan dan tipis, mebuat-­nya tampak elegan, seolah ­- olah ultrabook.

Kesimpulan, laptop ini memang terlalu pas untuk para mahasiswa sederhana dengan budget yang pas­-pasan. Laptop berharga murah, kinerja bagus, vendor terpercaya.
Kadang ­ kadang, ini yang di sebut "too good to be true, but it is true ".

2. Laptop Untuk Mahasiswa Dengan Budget Menengah: Asus A411UF-­BV170T


Harga : 8,3 Jutaan ­- 8,5 Jutaan
Processor : Intel Core i5 8250U ( nilai benchmark passmark sebesar 7674 )
Ram:4GB
Harddisk : 1 TB Sata, 5400 RPM
VGA: Nvidia Geforce MX 130, 2 GB
Layar : 14 inci, Resolusi HD (1366x768)
Sistem operasi : Windows 10

Kami mendapat inspirasi untuk mengangkat laptop Asus A411UF-BV170T ke dalam list ini​​​​​​​, dari sebuah artikel yang merekomendasikan deretan beberapa Laptop Asus Core i5 terbaik, ditulis oleh tim editor dari meteran.net. Artikel yang sangat berkualitas, anda boleh mampir untuk membaca rekomendasi laptop asus core i5 lain-nya.

Dari segi spesifikasi, laptop ini sudah tergolong mumpuni banget untuk jadi senjata-nya mahasiswa dalam ngerjain semua tugas yang di lontarkan para dosen. Secara processor intel core i5 seri 8250U ini merupakan generasi terbaru dari intel, dan sudah memiliki benchmark yang sangat baik dengan nilai 7674, di kombinasi dengan VGA Nvidia Geforce MX130 berkapasitas 2 GB, membuat rata - rata pekerjaan mahasiswa yang melibatkan editing grafis dapat dipastikan berjalan dengan lancar.

Desain-nya tipis (20.4 mm) dan bobot-nya ringan (1,5 Kg), membuat laptop ini sangat portable, dan sangat enak untuk di bawa ke mana - mana.

Dengan harga-nya yang berkisar 8 jutaan, laptop ini tidak murah, tetapi bila dipertimbangkan bahwa laptop ini sanggup menemani anda sebagai mahasiswa selama 4 tahun berturut - turut tanpa masalah, harga tersebut tentu menjadi ideal.


3. Laptop Untuk Mahasiswa Dengan Budget Tinggi: ASUS S410UF-EB023T


Harga : 13 Jutaan - 13,2 Jutaan
Processor : Intel Core i7 8550U ( nilai benchmark passmark sebesar 8326 )
Ram : 8 GB
Harddisk : 1 TB Sata, Plus 128 GB SSD
VGA: Nvidia Geforce MX 130, 2 GB
Layar : 14 inci, Resolusi FHD (1920x1080)
Sistem operasi : Windows 10. ​​​​​​​

Dari luar, laptop ini terlihat tipis (18.8 mm), ringan (1,3 kg), dan elegan.

Tapi jangan salah, kinerja-nya benar - benar top, bersenjatakan intel core i7 8550U dengan skor benchmark 8326, yang terbilang tinggi, di kombinasi dengan VGA MX130 yang juga memiliki skor benchmark G3D mark tinggi (1879), membuat laptop ini berada di jajaran laptop top marktop.

Top untuk melakukan tugas apa saja, bermain game ringan ke berat, editing video, rendering, programming, apapun.

Layar-nya yang sudah Full HD, membuat pengalaman pengguna ketika berinteraksi dengan layar monitor menjadi jauh lebih nyaman.

Laptop ini bila di jaga dengan baik, mungkin dapat menemani anda sampai dengan berakhir-nya jenjang S2 ( bila anda mengambil S2, langsung setelah menamatkan S1).

Kesimpulan

Memilih laptop bukanlah perkara mudah, terutama memilih laptop yang tepat untuk mendampingi mahasiswa, yang keseharian-nya penuh dengan berbagai tuntutan dan deadline.

Kami percaya, 3 jenis laptop untuk mahasiswa berdasarkan budget yang telah kami review di atas adalah pilihan yang tepat untuk sebagian besar mahasiswa.

Tapi kami juga paham, bahwa dengan mahasiswa yang jurusan-nya bervariasi, dan kebutuhan serta budget-nya bervariasi, mungkin terdapat pilihan lain yang lebih bijak juga, oleh karena itu kami menjabar-kan tentang variabel - variabel "bagaimana kami menguji", dengan berpatokan pada variabel - variabel tersebut, kami yakin bahwa anda akan lebih jitu dalam memilih laptop ideal dalam studi perguruan tinggi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar