Sticky Post

Peralatan Olahraga Yang Bisa Dibeli di Bukalapak

Senin, 26 November 2018

Bersama Astra, Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kampung Lempuing Bengkulu

Kampung Berseri Astra (KBA) merupakan wujud dari kepedulian PT Astra Internasional (Tbk.) terhadap kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia. Program ini berfokus memaksimalkan potensi warga dan sumber daya alam yang ada di wilayah-wilayah di Indonesia agar bisa lebih berkembang. Program ini bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup serta memberikan kesejahteraan bagi warga.


Program KBA sudah bukan program yang asing lagi di Indonesia. Paling tidak sudah ada 77 nama kampung yang terdaftar sebagai KBA. Kampung-kampung tersebut terbagi dalam 4 kelompok yaitu kampung cyber, kampung hijau, kampung budaya, kampung produktif, dan kampung wisata. Setiap kampung akan difokuskan menurut potensi terbesar yang dimiliki.

Pemilihan KBA dilakukan melalui dasar 4 pilar CSR (corporate social responsibility) yaitu pendidikan, kewirausahaan, lingkungan, dan kesehatan. Salah satu kampung yang terdaftar sebagai bagian dari KBA adalah kampung Lempuing, Bengkulu. Apa saja yang dimiliki oleh kampung yang satu ini?

Target Kampung Lempuing Bengkulu

Kampung Lempuing Bengkulu memiliki potensi besar untuk semakin maju dan menyejahterakan warganya. Lewat program Kampung Berseri Astra, warga kampung Lempuing Bengkulu berusaha untuk mewujudkan kampung dengan lingkungan yang bersih dan sehat. Selain itu, masyarakat juga diharapkan berkembang menjadi lebih produktif dan generasi muda memiliki wawasan yang lebih luas lagi.

Kampung Lempuing terdaftar sebagai anggota dari program KBA pada tahun 2017. Sejak terdaftar sampai sekarang, berbagai macam program dilaksanakan demi meningkatkan kualitas hidup warga kampung Lempuing. Secara bertahap, dilakukan evaluasi untuk mengetahui bagaimana pencapaian yang telah diraih oleh kampung Lempuing.

Program Kesehatan dan Pendidikan

Kesejahteraan hidup bisa dicapai jika masyarakat memiliki status kesehatan dan kualitas pendidikan yang baik. Melalui program KBA, masyarakat Lempuing di bawah bimbingan tim Astra mengadakan program bebas buta aksara. Selain itu, dilakukan peningkatan kualitas pendidikan untuk anak-anak agar bisa membentuk generasi masa depan yang lebih maju.

Sementara itu di bidang kesehatan, masyarakat Lempuing berusaha membebaskan diri dari status gizi buruk yang melanda anak-anak. Pembinaan kader posyandu dilakukan untuk mewujudkan program bebas gizi buruk. Selain itu, dilakukan juga bimbingan perilaku hidup bersih dan sehat untuk membiasakan masyarakat menerapkan gaya hidup sehat setiap hari.

Berusaha Mandiri Lewat UKM

Selain kesehatan dan pendidikan, kewirausahaan merupakan salah satu pilar CSR yang berlaku pada program KBA ini. Untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, dilakukan pembinaan kelompok usaha dan pembentukan koperasi. Diharapkan masyarakat bisa mengembangkan kreativitas mereka sehingga usaha yang ditekuni bisa terus berkembang.

Tak hanya berusaha untuk mandiri dari segi finansial, masyarakat Lempuing juga berusaha untuk mandiri mewujudkan lingkungan hidup yang sehat. Jika lingkungan hidupnya terawat maka kualitas hidup juga bisa semakin meningkat. Berbagai macam program dilakukan untuk menciptakan lingkungan Lempuing yang nyaman, sehat, dan aman.

Beragam Kegiatan Positif

Masyarakat Lempuing telah mengikuti banyak jenis kegiatan positif sejak kampung ini bergabung sebagai anggota KBA. Banyak juga fasilitas yang telah disediakan oleh Astra sebagai wujud dukungan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Lempuing. Telah dilakukan pembuatan perpustakaan umum, pemasangan jaringan wifi, pengobatan gratis, dan lain sebagainya.


Astra mendukung masyarakat Lempuing semakin maju dengan memberikan uluran tangan berupa fasilitas yang bermanfaat. Selain itu, Astra juga memberikan dukungan lewat pembinaan dan pembekalan ilmu kepada warga untuk digunakan sebagaimana mestinya. Diharapkan bantuan dari Astra lewat program Kampung Berseri Astra ini bisa mewujudkan kehidupan kampung Lempuing yang lebih sejahtera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar