Sticky Post

Spesifikasi dan Daftar Harga LG G 2019

Rabu, 19 Desember 2018

10 Tips Sewa Apartemen Untuk Millenial



Tinggal di apartemen menjadi dambaan dan alternatif hunian populer masyarakat urban,terutama untuk pekerja muda atau millenial. Kehidupan yang serba praktis dengan fasilitas memadai serta lokasi tentu menjadi pertimbangan dasar memilih apartemen sebagai hunian.

Memilih tinggal di apartemen, berarti akan punya kebebasan lebih. Memang tinggal di apartemen menawarkan banyak keuntungan, tapi tinggal di apartemen untuk pertama kalinya mengharuskan untuk bisa lebih bertanggung jawab dalam hal finansial.

Seperti halnya jika anda dulunya terbiasa tinggal dirumah kemudian harus pindah ke apartemen dengan berbagai alasan. Agar lebih dekat dengan kantor dan tempat anak bersekolah misalnya. Untuk kamu yang pertama kali menyewa apartemen sebaiknya harus melakukan beberapa penyesuaian. Berikut ini beberapa tips agar masa transisi tinggal dari rumah ke apartemen berjalan dengan lancar.

1. Buat daftar tentang unit yang anda cari sebelum melihat unit yang tersedia. Sebelum anda mencari apartemen untuk disewa, buatlah daftar tentang unit yang anda cari sebelum melihat unit yang tersedia. Beberapa pertanyaan berikut pasti anda butuhkan:
  • Dimana lokasi apartemen? Apakah lalu lintasnya nyaman untuk menuju kampus? Misalnya di Jakarta, ada beberapa area yang bisa dipertimbangkan seperti daerah Jakarta Pusat dan Selatan.
  • Apakah unit punya ruang memadai untuk furniture Anda?
  • Apakah biaya sewa sudah termasuk biaya listrik dan maintenance?
  • Apakah dibolehkan membawa kucing atau anjing? Apakah ada biaya tambahan?
  • Berapa jumlah deposit? Apakah dana deposit ini bisa diambil kembali?
  • Apakah lingkungan apartemen punya tingkat kejahatan yang tinggi?
  • Apakah lingkungan apartemen cukup tenang?

2. Fasilitas apartemen yang disewa.
Memiliki fasilitas yang nyaman dan aman memang menjadi idaman setiap orang yang ingin menyewa apartemen. Dan untuk hal fasilitas, sebaiknya anda memilih dan memastikan bahwa fasilitas yang sudah disediakan adalah air dan juga listrik. Selain itu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan selama anda ingin tinggal dalam apartemen seperti kenyamanannya. Sebaiknya jika sebelum memutuskan menyewa Anda harus mencermati fasilitas yang ada apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak agar anda nanti tidak menyesal dalam memilih apartemen.

3. Mengetahui sistem perawatan apartemen.
Apartemen biasanya dimiliki perseorangan dan dikelola oleh perusahaan. Dimana mereka memiliki tanggung jawab penuh untuk merawat apartemen dengan baik. Karena dengan perawatan ini, akan membuat penghuninya nyaman. Tingkat keamanannya dilihat dari kualitas gedung yang selalu diperbarui ketika ada kerusakan dan tenaga keamanan yang memadai.

4. Membaca review dari jasa penyedia sewa apartemen.
Untuk melakukan sewa apartemen, anda bisa melakukan secara online. Dengan situs-situs penyedia jasa sewa apartemen yang juga sudah dilengkapi dengan harga sewanya, kita bisa berjaga-jaga dan mempersiapkan semuanya dengan baik sebelum melakukan sewa apartemen.

Sebelum anda tertarik dengan unit yang ditawarkan, sebaiknya baca terlebih dahulu review tentang apartemen tersebut. Biasanya setiap penyedia jasa online akan ada review dari apartemen yang disewakan secara detail, mulai dari gambar dan fasilitas serta akses untuk ke apartemen tersebut.

5. Jangan terburu-terburu.
Kebanyakan orang mencari apartemen dua minggu sebelum pindah. Sebaiknya anda harus menghindari hal ini, jangan terburu-buru dalam mencari apartemen karena hasilnya akan kurang maksimal. Waktu terbaik untuk memilih tempat sewa apartemen adalah minimal satu bulan sebelum pindah.

6.Sewa apartemen yang sesuai dengan keuangan anda.
Menyewa apartemen dengan tampilan elegan dan eksklusif memang sangat menarik dan nyaman buat di tempatin. Tapi anda harus tahu apakah memerlukan apartemen dengan tipe seperti itu?

Jika apartemen hanya sebagai tempat peristirahatan sehabis kerja dan dekat dengan kantor ada baiknya pilih lah apartemen dengan harga sewa sesuai pendapatan bulanan anda. Aturan umumnya dalam menyewa apartemen adalah, anda menghabiskan 30% dari gaji bulanan yang di dapatkan. Ada baiknya anda juga mencari kerja part time agar bisa mendapatkan uang tambahan.

Apalagi jika Anda tinggal di ibukota yang segalanya serba mahal, memilih apartemen dengan harga yang murah bisa mengurangi pengeluaran bulanan Anda. Memilih sewa apartemen Gading Nias bisa menjadi alternatif karena apartemen Gading Nias merupakan apartemen yang berkategori low-middle.

7.Pilihlah teman kamar yang cocok anda ajak sewa apartemen.
Tinggal sendirian di apartemen memang kadang membosankan dan merasa jenuh. Jika anda memiliki teman yang sama-sama lagi mencari apartemen buat tempat tinggal, mungkin bisa anda ajak buat teman sekamar atau tinggal satu unit. Hal ini tentu sangat membantu menghemat biaya sewa apartemen yang anda bayarkan dibandingkan tinggal sendiri.

Beberapa pemilik unit apartemen ada yang mengizinkan penyewanya tinggal bersama beberapa orang di dalam satu unit. Sebelum memutuskan untuk menyewa unit apartemen, kamu perlu memastikan bahwa teman yang kamu ajak tinggal bersama memang memiliki sifat yang sama atau setidaknya kalian dapat saling melengkapi.

8.Baca perjanjian sewa dan aturan di apartemen.
Sebelum anda memutuskan menyewa apartemen, hal yang paling penting anda ketahui adalah sudah membaca dan tahu tentang isi surat perjanjian beserta aturan yang berlaku buat penghuni apartemen.

Banyak orang mengeluh dan tidak betah tinggal di apartemen karena surat perjanjian dan aturan yang ketat serta berbelit-belit. Sebelum tanda tangan perjanjian sewa, anda perlu membacanya dengan detail. Kadang peraturan yang tertera dibuat oleh pemilik dan tidak bisa dinegosiasi. Karenanya, sangat penting bagi Anda memahami istilah dan kalimat yang tertulis di perjanjian sewa. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah berapa besaran dana deposit, apa penaltinya bila Anda terlambat membayar sewa, kapan masa sewa berakhir, dan hal berkaitan dengan maintenance.

Untuk aturan apartemen sendiri terkadang ada yang mengizinkan membawa binatang peliharaan dan ada yang tidak mengizinkan. Untuk penggunaan lift apartemen juga membatasi waktunya, jika anda pulang larut malam kemungkinan lift sudah dimatikan. Nah untuk menghindari tidak terjadinya hal seperti ini pilihlah apartemen yang kemudahan akses ke unit anda di dukung 24 jam dengan fasilitas tenaga keamanan juga yang bisa membantu kendala anda nantinya.

9. Catat dan buat daftar anggaran yang anda keluarkan.
Anggaran adalah sesuatu hal penting selama anda akan tinggal di apartemen nantinya. Buatlah daftar anggaran seoptimal mungkin, agar bisa membantu anda menghindari pengeluaran yang tidak perlu. Mulailah dengan membuat daftar pemasukan dan semua pengeluaran, termasuk biaya sewa, biaya listrik dan air, makanan, dan hiburan. Tak apa bila ini hanya perkiraan. Ketika mulai mencatat pengeluaran, Anda bisa tahu dengan lebih akurat tentang kemana uang dikeluarkan. Jangan pernah malu untuk memanfaatkan diskon ketika anda berbelanja atau ke pusat hiburan, hal ini cukup membantu menghemat pengeluaran anda.

10. Mulailah membiasakan diri menabung.
Anak muda millennial lebih banyak dikenal generasi tua, sebagai anak muda yang suka foya-foya atau menghabiskan uang. Tapi membiasakan menabung akan menguntungkan anda untuk jangka panjang. Jadi mulailah menabung meski jumlahnya tidak seberapa, hal ini sangat anda perlukan ketika anda sudah berumah tangga nantinya dan ingin memiliki rumah tapak sebagai tempat tinggal. Demikian beberapa tips penting dalam menyewa apartemen. Dan semoga bermanfaat bagi anda yang berniat ingin tinggal di apartemen baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar