Jumat, 11 Januari 2019

Mengapa Kita Harus Mengkonsumsi Makanan Sehat?



Mengkonsumsi makanan yang sehat merupakan salah satu upaya dalam melakoni pola hidup sehat. Sayangnya, makanan sehat sering disebut sebagai sajian yang tidak enak, padahal banyak jenis makanan yang memiliki rasa lezat namun sering dilupakan. Sebenarnya, ada berbagai macam manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi makanan ini, antara lain:

1.Mengurangi stress. Pola hidup yang sehat bukan hanya mempengaruhi fisik, namun mood pun juga akan menjadi lebih baik. Tidur menjadi semakin berkualitas, menjadi semangat dalam melakukan berbagai aktivitas hingga kemampuan fokus menjadi lebih baik.

2.Risiko terkena penyakit menjadi berkurang. Aktif berolah raga dan menjaga pola makan adalah kunci dari pola hidup sehat. Dengan pola hidup ini, risiko penyakit seperti jantung, diabetes, stroke, serta hipertensi bisa dihindari.

3.Meningkatkan energi. Secara langsung, mengkonsumsi makanan sehat serta melakukan olahraga secara teratur akan membantu meningkatkan energi.

4.Menjaga berat badan menjadi tetap ideal. Pola hidup yang sehat bisa Anda mulai dengan hal yang sederhana sekalipun seperti mengkonsumsi sarapan pagi, hingga mengganti makanan yang dikonsumsi ke makanan yang lebih sehat.

Pada dasarnya, makanan yang sehat mencakup berbagai nutrisi dengan jumlah memadai. Sayuran hijau berada di urutan pertama karena memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Selain itu, ada beberapa buah yang populer dan bisa Anda pilih sebagai menu penunjang, antara lain:


  • Buah berry. Buah berry memiliki kandungan rendah kalori serta kaya serat. Anda bisa mengkonsumsi buah berry seperti strawberry dan blueberry.
  • Pisang. Buah pisang merupakan salah satu sumber kalium yang sangat baik bagi kesehatan, lebih-lebih jika saat ini Anda sedang menjalani pola hidup sehat.
  • Alpukat. Alpukat kaya dengan lemak sehat, vitamin C dan kalium.
  • Apel. Apel memiliki kandungan vitamin C, serat serta antioksidan lain. 


Meskipun merupakan makanan sehat, buah saja tidak cukup. Makanan sehat harus tetap beragam dan seimbang. Ada beberapa kelompok makanan lain yang juga harus Anda konsumsi, selain buah dan sayur, antara lain:


  • Kacang dan biji-bijian. Jenis ini adalah makanan yang sarat nutrisi dan renyah, termasuk vitamin E dan magnesium.
  • Daging dan telur. Daging adalah salah satu makanan yang memiliki banyak kandungan nutrisi. Usahakan, saat mengkonsumsi daging, pilih daging sapi tanpa lemak, agar Anda mendapatkan manfaat yang lebih tinggi. Sedangkan untuk telur, telur juga mempunyai kandungan nutrisi lengkap seperti mineral, vitamin, lemak tak jenuh sampai antioksidan.
  • Makanan laut. Makanan laut seperti ikan, adalah makanan yang sehat serta kaya dengan kandungan lemak omega 3, serta yodium. Penelitian bahkan mengungkapkan bila seseorang yang sering mengkonsumsi ikan laut, cenderung panjang umur serta memiliki risiko yang lebih rendah terkena banyak penyakit seperti penyakit jantung,
  • Susu. Susu begitu tinggi kandungan mineral, vitamin, serta lemak sehat. Bukan hanya itu, susu juga menjadi sumber kalsium paling baik. Anda bisa mengkonsumsi susu dengan bentuk produk olahan seperti yoghurt. Yoghurt memiliki kandungan banyak bakteri yang baik bagi pencernaan.


Saat ingin melakoni gaya hidup sehat dengan cara memilah makanan yang masuk, pastikan Anda menghindari minuman dan makanan yang ditambah gula, selain itu hindari makanan junk food seperti kentang goreng dan keripik. Jangan lupa perbanyak air putih.

Untuk mendapatkan makanan sehat, sekarang ini bukan menjadi hal yang sulit. Kita bisa dengan mudah membeli secara online melalui marketplace-marketplace yang terpercaya. Salah satu marketplace yang menyediakan produk makanan yang sehat serta berkualitas adalah lemonilo. Berbagai makanan yang mendung pola hidup sehat bisa Anda temukan di sana dengan harga yang terjangkau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar