Sticky Post

Spesifikasi dan Daftar Harga LG G 2019

Rabu, 30 Januari 2019

Tips Menghilangkan Bau Badan dengan Tepat



Banyak yang mengira bahwa bau badan dipicu oleh keringat yang berlebih. Akan tetapi, sebenarnya bau asam dari badan ini sendiri disebabkan oleh adanya bakteri. Bakteri yang ada mengubah keringat menjadi asam. Lantas, mengapa seseorang bisa memiliki badan yang berbau asam? Terdapat dua kelenjar pada manusia, yaitu kelenjar ekrin dan apokrin.

Kelenjar ekrin mengeluarkan keringat yang memiliki kandungan air dan garam yang membuat suhu tubuh meningkat. Alhasil, keringat yang keluar membahasi tubuh dan menguap. Hal ini bertujuan agar suhu tubuh tidak terlalu panas. Sementara itu, kelenjar apokrin mengeluarkan cairan menyerupai susu. Cairan ini dikeluarkan di kala seseorang mengalami stres. Kemudian, cairan tersebut akan bercampur dengan bakteri dan menyebabkan keringat dengan bau asam.

Cara Menghilangkan Bau Badan
Meski tidak membahayakan seseorang, akan tetapi bau badan membuat orang kurang percaya diri. Berikut beberapa cara untuk menghilangkan bau pada badan:

1. Gunakan Sabun Antibakteri
Sabun antibakteri ini dapat mengendalikan bakteri yang menimbulkan bau pada badan sehingga seseorang tidak mengalami bau lagi pada badan.

2. Mandi dengan Teratur
Mandilah minimal satu kali dalam sehari. Hal ini akan membuat tubuh jauh lebih bersih dan tidak berkeringat. Basuh bagian-bagian yang rawan keringat.

3. Keringkan Badan dengan Benar
Pastikan selalu untuk mengeringkan tubuh dengan benar. Pastikan area yang rawan berkeringat dikeringkan dengan sempurna. Mengeringkan tubuh dengan benar dan tepat, akan membuat bakteri kesulitan untuk berkembangbiak.

4. Gunakan Pakaian yang Sesuai
Pakaian dengan bahan yang tepat tidak akan memicu timbulnya keringat akibat kegerahan. Jadi, wajib bagi Anda untuk mengganti pakaian secara berkala terutama ketika usai beraktivitas.

5. Gunakan Deodorant atau Antiperspirant
Deodorant dapat mencegah bau tidak enak dari tubuh. Semnetara itu, antiperspirant dapat mengurangi keringat dalam tubuh.

6. Memerhatikan Asupan Makanan
Beberapa jenis makanan justru dapat memicu timbulnya bau pada badan. Misalnya, paprika, bawang, minuman berkafein, dan minuman beralkohol. Menghindari makanan ini dapat meminimalisir bau pada badan.

Cara Alami untuk Hilangkan Bau pada Badan
Berikut beberapa cara alami untuk menghilangkan bau pada badan:

1. Cuka Apel
Cuka apel ternyata berguna untuk meminimalisir bau pada badan. Selain itu, cuka apel juga dapat digunakan untuk kebutuhan kesehatan, seperti kolesterol tinggi, jerawat, diabetes, dan lain sebagainya.

2. Minyak Pohon Teh
Minyak pohon teh ternyata juga berguna untuk menghilangkan bau pada badan. Selain itu, minyak ini berguna untuk menghilangkan bau mulut, jerawat, jamur kuku, alergi pada kulit, dan lain sebagainya.

3. Baking Soda
Baking soda dapat dimanfaatkan untuk menggantikan kegunaan deodorant. Baking soda dapat menetralkan asam pada tubuh sehingga meminimalisir bau pada badan. Baking soda tidak akan menimbulkan bekas noda pada pakaian sehingga aman untuk digunakan.

Beberapa cara untuk menghilangkan bau badan tersebut dapat Anda coba di rumah. Akan tetapi, jika bau pada badan belum kunjung hilang. Maka, Anda bisa mencoba untuk berkonsultasi dengan dokter. Biasanya dokter akan menyarankan pengobatan pengangkatan kelenjar keringat. Selain itu, Anda juga bisa menempuh tindakan suntik botoks di daerah yang kerap berkeringat. Fungsi botoks adalah untuk menghalangi sinyal dari otak menuju ke kelenjar keringat sehingga dapat mengurangi produksi keringat dalam tubuh. Hal yang tak kalah penting adalah Anda harus mulai menghindari atau mengurangi hal-hal yang dapat memicu keringat berlebih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar