Sticky Post

Spesifikasi dan Daftar Harga LG G 2019

Kamis, 07 Februari 2019

Pentingnya Konsumsi Vitamin Kehamilan Sebagai Tambahan Nutrisi Saat Mengandung


Seorang ibu hamil tentu membutuhkan asupan nutrisi yang cukup bagi kehamilannya. Bagi yang belum mengetahuinya, ternyata makanan saja tidak cukup untuk memenuhi kandungan gizi bagi ibu hamil. Oleh karena itu diperlukan konsumsi vitamin kehamilan yang baik bagi kesehatan ibu hamil di masa kehamilannya. Bagi yang belum mengetahui pentingnya mengonsumsi vitamin di masa kehamilan. Sebaiknya Anda mengenai dahulu vitamin prenatal yang ternyata merupakan kombinasi antara vitamin dan mineral. Vitamin ini dibutuhkan sebelum, selama, dan setelah kehamilan.

Kandungan vitamin prenatal pada umumnya mengandung lima zat gizi yang penting bagi tubuh, antara lain kalsium, asam folat, vitamin D, vitamin E, dan zat besi. Fungsi dari masing-masing zat gizi tersebut dijabarkan sebagai berikut.

1. Kalsium
Minimal seorang ibu hamil memerlukan sekitar 1000 mg kalsium per hari. Kalsium dibutuhkan untuk membantu pembentukan tulang dan gigi janin, serta untuk syaraf, otot, dan jantung. Selain itu, vitamin ini dapat melindungi Anda dari pengeroposan tulang selama masa kehamilan dan juga melancarkan peredaran darah.

2. Asam Folat
Asam folat merupakan jenis vitamin B yang dapat ditemukan di dalam suplemen atau ditambahakn langsung ke dalam makanan. Asam folat berguna untuk, pembentukan sel baru, menunjang perkembangan organ tubuh bayi, serta mencegah terjadi kecacatan lahir. Seorang ibu hamil disarankan dapat mengonsumsi kurang lebih 400 mikrogram asam folat per harinya.

3. Vitamin D
Vitamin D berhubungan erat dengan kalsium dalam pembentukan tulang dan gigi janin. Ibu hamil disarankan dapat mengonsumsi minimal 600 IU vitamin D per harinya. Memberikan vitamin kehamilan, yaitu vitamin D berguna untuk membantu mencegah preeklamasia, menunjang kesehatan syaraf janin di dalam kandungan, serta mengoptimalkan kadar dan fungsi kalsium bagi ibu hamil dan janin yang dikandung.

4. Vitamin E
Vitamin E berperan sebagai antioksidan yang bisa larut di dalam lemak, melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas berbahaya, dan berperan dalam produksi kolagen. Kolagen sendiri adalah protein pembangun yang ditemukan pada tulang rawan, tendon, serta kulit.

5. Zat Besi
Ibu hamil membutuhkan sekitar 27 mg zat besi per harinya. Tubuh memanfaatkan zat besi untuk memproduksi hemoglobin. Hemoglobin berfungsi untuk menyalurkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan bayi lahir dengan bobot yang tidak normal. Pada trimester kedua dan ketiga, hemoglobin sangat dibutuhkan bagi perkembangan plasenta dan janin.

Bagi Anda yang belum terlalu paham mengenai kapan vitamin kehamilan baik untuk dikonsumsi. Anda harus mengetahui kapan waktu yang tepat bagi Anda untuk mengonsumsinya. Berikut waktu yang tepat bagi Anda untuk mengonsumsi vitamin prenatal.

    1. Pernah hamil anak kembar
    2. Memiliki penyakit kronis tertentu
    3. Vegetarian atau vegan
    4. Pernah operasi lambung
    5. Merokok
    6. Memiliki kelainan darah
    7. Memiliki gangguan makan

Setelah memahami bahwa kondisi-kondisi demikian di atas menuntut Anda untuk mengonsumsi vitamin kehamilan, maka alangkah lebih baik bagi Anda untuk mencari suplemen terbaik dengan banyak kandungan positif bagi tubuh Anda.

    1. 400 unit vitamin D
    2. 250 mg kalsium
    3. 400-800 mikrogram asam folat
    4. 30 mg zat besi
    5. 2 mg tembaga
    6. 15 mg zinc
    7. 50 mg vitamin C

Namun, demikian Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan Anda. Agar Anda bisa memastikan bahwa vitamin kehamilan yang akan Anda konsumsi aman dan tidak berbahaya bagi Anda dan janin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar