Wisata Alam Sungai Cireong di Ciamis, Mengenang Bermain Air di Masa Kecil



Bagi kamu yang melewati masa kecil dengan permainan-permainan yang dekat alam seperti bermain air di sungai, kamu harus mencoba datang ke Wisata Alam Sungai Cireong di Dusun Cireong, Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Berada sekitar 5 kilometer dari jalan raya nasional Sindangkasih, Sungai Cireong menawarkan sungai dengan air jernih yang bisa membuat kamu mengenang kembali masa kecil.

Bagi kamu yang lagi ruwet dengan beban pikiran atau pusing dengan beban kerja, maka Wisata Alam Sungai Cireong pilihan tepat untuk kamu sejenak melepas penat dan beban. Karena di sungai Cireong ini, baik orang dewasa maupun anak-anak bisa berendam, berenang atau hanya sekedar bermain air. Sungai Cireong sengaja dibendung dengan bebatuan alami sehingga muncul kolam-kolam besar yang cukup dalam. Kelebihannya sungai ini tidak pernah keruh walaupun banyak orang yang berenang.

Air jernih dari Sungai Cireong ini rupanya jadi pesona tersendiri, walapun musim hujan sekalipun, Sungai Cireong tidak akan pernah keruh. Kejernihan sungai ini merupakan hasil dari bagusnya vegetasi hutan di hulu sungai Cireong. Sungai Cireong memang tersembunyi di balik rimbunnya vegetasi hutan.

Akses jalan menuju ke Sungai Cireong kini sudah beraspal dengan baik, sangat berbeda dengan beberapa tahun lalu yang membutuhkan kesabaran dan kehati-hatian lebih untuk menuju Sungai Cireong, karena walaupun jalan sudah beraspal saat itu, tetapi sudah cukup rusak, sehingga jalanan persis hanya dilapisi bebatuan. Walaupun kini sudah beraspal dengan baik, tetap kamu harus hati-hati karena jalan sempit dan sedikit menanjak.

Ketika mengunjungi sungai Cireong, hal menarik yang dapat kamu lakukan selain berenang dan menikmati kejernihan air, kamu bisa melanjukan dengan hiking ke arah hulu sungai Cireong menyusuri pematang sawah dan pinggiran sungai. Selain berenang dan hiking, bagi kamu yang senang bersepeda gunung, topografi dan kondisi jalan di sekitar sungai Cireong mungkin cocok bagi kamu.

Wisata Alam Sungai Cireong juga cocok bagi kamu yang memiliki hobi fotografi, karena Sungai Cireong ini banyak memiliki spot menarik untuk kegiatan fotografi, seperti landscape, human interest, makro dan slow speed tentunya. Apalagi hanya sekedar untuk selfie, kini bahkan disediakan spot tersendiri untuk kamu yang hobi banget selfie.

Wisata Alam Sungai Cireong yang berada di bawah kaki Gunung Golkar ini kini dikelola oleh Karang Taruna Desa Sukaresik. Mereka menyulap Sungai Cireong menjadi kolam pemandian dan tempat wisata yang menarik dikunjungi. Padahal dulunya, Sungai Cireong hanya sungai biasa yang tidak terawat, masih banyak semak belukar di sisi kiri kanan sungai. Walaupun begitu Sungai Cireong di Desa Sukaresik ini, sejak dulu sudah jadi tempat tujuan anak-anak jika ingin bermain air di sungai.

Rupanya hal tersebut membuat Sungai Cireong dikenal sebagai tempat piknik dan mulai dikenal dari mulut ke mulut, hingga akhirnya Sungai Cireong banyak dikunjungi orang-orang dari luar Desa Sukaresik. Lama kelamaan hampir tiap Minggu atau hari libur lainnya, Sungai Cireong banyak diserbu oleh para wisatawan yang ingin bermain air di sungai yang jernih ini. Mulailah para pemuda Karang Taruna Desa Sukaresik mengatur parkir para pengunjung. Awalnya hanya parkir, kemudian mulai diberlakukan tiket. Tiket saat itu cukup Rp. 2000,- saja untuk masuk ke Sungai Cireong.

Sungai Cireong makin dikenal setelah viral di berbagai media sosial karena banyaknya foto-foto indah yang dibagikan pengunjung di media sosial. Beberapa pengunjung bahkan mengaku mengunjungi Sungai Cireong setelah melihat foto-foto indah Sungai CIreong di media sosial, sehingga menarik mereka untuk berwisata ke Sungai Cireong.

Tiap harinya tak lebih dari 2 ribu pengunjung atau lebih dari wisatawan local maupun luar daerah datang ke Sungai Cireong. Tidak bisa dipungkiri, wisata alam ini telah meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar. Pasalnya, selain menawarkan kejernihan sungai dan bebatuan alami, kini banyak juga terdapat warung-warung di pinggir sungai yang menawarkan jajanan hingga paket nasi liwet.

Puncaknya, pada 14 Januari 2019 lalu pengelola destinasi wisata Sungai Cireong bersama Karang Taruna dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, kemudian meresmikan Warung Wisata.

Warung Wisata ini merupakan inovasi baru yang digagas pihak pengelola bersama Karang Taruna dan BUMDes Desa Sukaresik. Pengembangan destinasi wisata Sungai Cireong yang dari awal ditujukan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat ini kini dikembangkan dengan kehadiran Warung Wisata.

Ketua Karang Taruna Desa Sukaresik, Asep Dadang, mengatakan, Warung Wisata didirikan menggunakan dana sumbangan dari pengunjung. Ide dari pendirian Warung Wisata ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Sukaresik.

Warung Wisata ini direncanakan bisa menampung kreativitas warga setempat ataupun oleh-oleh khas warga untuk dijual kepada para pengunjung wisata alam Sungai Cireong, dengan cara menitipkan barang dagangannya.

Menurut Asep, banyak produk kreasi khas warga Desa Sukaresik yang diciptakan, diantaranya kerupuk, makanan olahan singkong, jagung dan gula merah. Semua produk tersebut ditampung di Warung Wisata.

Pendirian Warung Wisata ini didukung penuh oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis. Budi Kurnia, Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Ciamis bahkan mengatakan, tugas pemerintah untuk membangun infrastruktur, akomodasi dan lain-lain yang menunjang pariwisata di Cireong.

Budi juga mengakui jika objek wisata Sungai Cireong ini adalah kawasan yang strategis, berada di perbatasan Tasikmalaya. “Sementara di Tasik, ada wisata nge-mall atau wisata belanja, maka di sini ada wisata alam terbuka, sungai Cireong,” kata Budi, seperti dikutip dari harapanrakyat.com.

Nah, bagi kamu yang kemarin-kemarin mengeluh ketika mengunjungi Sungai Cireong tidak ada jajanan khas, sekarang sudah ada Warung Wisata yang memungkinkan kamu untuk memborong oleh-oleh khas Cireong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar