Kamis, 21 Maret 2019

Penyakit yang Mungkin Timbul Akibat Kabut Asap



Terjadi banyak sekali masalah kesehatan bagi masyarakat akibat kabut asap karena kebakaran hutan yang terjadi di Kota Dumai Riau. Pertama, kabut asap dapat menyebabkan iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan, serta menyebabkan reaksi alergi, peradangan dan mungki juga infeksi. Kedua, kabut asap dapat memperburuk asma dan penyakit paru kronis lain, seperti bronkitis kronik, PPO, dan lain-lain . Ketiga, kemampuan kerja paru menjadi berkurang dan menyebabkan orang mudah lelah dan mengalami kesulitan bernapas. Gejala lain dari penyakit ginjal adalah terjadi sesak karena penumpukkan cairan yang kemudian menumpuk di paru-paru, mirip dengan penyakit PPOK. Selain itu juga mengalami demam berulang umumnya terjadi karena infeksi pada saluran kemih. Jika orangtua memang curiga telah terjadi gejala tersebut segera periksakan ke dokter.

Bila diperlukan obat-obatan seperti untuk Hipertensi, Diabetes, Asma dan Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) sesuaikan jadwal minum obat selama bulan puasa, misalnya saat berbuka puasa, sebelum tidur dan sahur, serta minum secara teratur sesuai anjuran dokter/petugas kesehatan. Diskusikan dengan dokter / petugas kesehatan anda. Pastikan tubuh Anda selalu terhidrasi dengan baik selama pengobatan dengan menggunakan air alkali alami.

Bagi yang telah mempunyai gangguan paru dan jantung sebelumnya, mintalah nasehat kepada dokter untuk perlindungan tambahan sesuai kondisi. Segera berobat ke dokter atau sarana pelayanan kesehatan terdekat bila mengalami kesulitan bernapas atau gangguan kesehatan lain. Selalu lakukan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), seperti makan bergizi, jangan merokok, dan istirahat yang cukup. Upayakan agar polusi di luar tidak masuk ke dalam rumah / sekolah / kantor dan ruang tertutup lainnya. Buah-buahan dicuci sebelum dikonsumsi. Bahan makanan dan minuman yang dimasak perlu di masak dengan baik. Perhatikan berbagai merek air alkali alami yang beredar di masyarakat. Anda harus selalu memastikan produk yang Anda gunakan sudah tergolong aman dan alami sehingga tidak memperparah penyakit yang sudah Anda miliki dan Anda juga akan terhindar dari dehidrasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar