Sticky Post

Kelebihan power bank Vivan yang Tidak Akan Anda Duga!

Rabu, 20 Maret 2019

Pesan Nasi Tumpeng Tangerang Mudah dan Praktis



Indonesia sangat kaya akan budaya serta tradisi berbagai macam perayaan yang ada tidak pernah luput dari kehadiran nasi tumpeng yaitu nasi yang berbentuk kerucut menyerupai gunung dengan berbagai macam jenis lauk pauk dan sayuran yang ditata rapi di bagian lembaganya. Biasanya nasi yang digunakan adalah nasi kuning.

Nasi kuning sendiri biasanya terbuat dari beras mentik wangi yang kemudian dicuci bersih dan di tiriskan beberapa saat. Kemudian dimasak menggunakan santan yang dicampur rempah-rempah khas Indonesia seperti kunir, lengkuas, serai, daun salam dan garam. Untuk mendapatkan cita rasa yang khas biasanya dimasak di dalam dandang yang menggunakan kayu bakar.

Untuk lauk pauknya beragam tergantung dari acara dan daerah masing-masing. Yang paling umum ada biasanya ayam, tahu, tempe, mie, sambal goreng, telur, gudangan atau trancam dan ikan asin. Bahkan di beberapa acara tertentu ada yang menggunakan ayam atau bebek ingkung.

Biasanya cara membuat nasi tumpeng adalah dengan cara memasukkan nasi ke dalam cetakan berbentuk kerucut, kemudian diletakkan di atas tampah yang sudah diberi alas daun pisang, setelah itu tambahkan lauk pauk beserta sayuran di sekitar nasi tumpeng terakhir biasanya diatas puncak nasi diberi hiasan daun pisang atau cabai merah yang dibentuk bunga.

Acara tumpengan biasanya dilakukan setiap waktu tertentu seperti selamatan atas tercapainya sesuatu, atau saat syukuran seperti khitan dan peresmian pada event-event tertentu.

Selain enak dan nikmat nasi tumpeng menyimpan beberapa filosofi hidup seperti tumpeng yang bermakna jika melakukan sesuatu harus dengan sungguh-sungguh, kemudian 7 jenis lauk pauk yang digunakan berarti memohon diberikannya pertolongan, sebenarnya nasi tumpeng merupakan suatu perwujudan rasa syukur manusia kepada penciptanya yang telah memberikan keberkahan dan kenikmatan pada hidupnya.

Pembuatan nasi tumpeng biasanya membutuhkan banyak tenaga, orang, dan waktu karena pembuatannya yang ribet serta menggunakan banyak sekali lauk pauk membuat orang lebih memilih untuk memesannya, salah satunya melalui nasi tumpeng Tangerang disini anda dapat memilih ukuran dan jenis lauk pauk yang diinginkan soal rasa dijamin enak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar