Selasa, 09 Juli 2019

Informasi Mengenai Menstruasi


Menstruasi merupakan salah satu siklus yang akan terjadi pada wanita. Siklus ini akan pertama kali muncul normalnya pada saat usia remaja. Usia remaja yang dimaksud adalah usia 12-15 tahun. Hanya saja banyak yang belum mengetahui pentingnya menggunakan kalender haid. Hal ini berfungsi agar anda tau track record menstruasi anda. Apakah siklus yang anda miliki normal atau malah sebaliknya.

Bagi anda yang masih remaja dan baru memasuki usia-usia remaja, maka anda perlu mengetahui beberapa informasi mengenai menstruasi. Hal ini tentunya sangat penting dikarenakan saat menghadapi menstruasi diperlukan beberapa kesiapan. Oleh sebab itu jika anda mengetahuinya maka ini akan mempermudah anda ketika nantinya anda akan menstruasi secara tiba-tiba.

Informasi Mengenai Menstruasi
Orang Indonesia lebih sering menyebut menstruasi dengan istilah haid atau ‘dapet’. Seperti yang anda ketahui bahwa menstruasi merupakan salah satu tanda yang besar bahwa seseorang sedang mengalami masa pubertas. Informasi ini penting bagi anda, khususnya bagi anda yang malu untuk menanyakan beberapa pertanyaan mengenai menstruasi atau haid ini. Berikut adalah beberapa informasi penting.

1. Menarche
Mungkin sebagian dari anda masih belum familiar dengan istilah ini. Menarche merupakan menstruasi yang datang pertama kali. Perempuan remaja yang mengalami menarche biasanya bergantung pada faktor keturunan (genetik), gizi, dan bentuk tubuhnya. Hal ini lah yang menyebabkan banyak orang mengalami menarche di waktu yang berbeda-beda/

2. Menstruasi bukanlah PMS
PMS merupakan singkatan dari Premenstrual Syndrome, atau biasa disebut dengan pra menstruasi. PMS merupakan gejala atau ciri-ciri bahwa seorang wanita atau perempuan akan mengalami siklus menstruasi. Perlu anda ingat bahwa setiap perempuan mengalami gejala yang berbeda-beda. Mudah letih, muncul jerawat, mudah lapar, dan juga mood yang tidak stabil.

3. Siklus menstruasi normal
Informasi ini sangatlah penting karena anda harus periksa apakah siklus anda normal atau tidak. Normalnya siklus menstruasi terjadi antara 21 sampai 35 hari untuk wanita dewasa. Sementara untuk remaja perempuan siklusnya adalah kurang lebih 21 sampai dengan 45 hari. Namun apabila lebih panjang, jangan khawatir, karena tahun pertama siklus akan lebih lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar