Jumat, 20 September 2019

Waralaba Makanan dengan Modal Kecil Pun Bisa Memberikan Untung


Dalam mencari nafkah, bisnis adalah salah satu langkah yang dapat diambil. Dari berbagai macam jenis usaha, salah satu jenis usaha yang bisa dijadikan sebagai pilihan adalah usaha kuliner. Makanan merupakan bisnis yang banyak diincar karena menjadi kebutuhan primer masyarakat. Untuk pebisnis pemula, konsep waralaba banyak disukai, karena orang yang mempunyai modal kecil pun dapat memulai bisnis waralaba makanan.

Waralaba atau franchise merupakan pilihan dari begitu banyaknya bisnis yang tidak pernah terkena imbas ketika krisis. Tentu saja alasannya karena semua orang memerlukan makanan, sehingga pasti selalu dicari, sekarang hanya kita yang perlu mengemas bisnis ini agar layak dijual. Faktor yang paling mendasar adalah rasa makanan yang dijual. Selain itu agar bisa sukses menjalankan waralaba makanan, dibutuhkan komitmen penuh dan fokus.

Untuk menjalankan bisnis waralaba, Anda tak perlu pandai memasak. Anda cukup menyediakan dana dan mencari karyawan untuk mengolah bisnis.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Waralaba?

Untuk membantu Anda memulai bisnis waralaba di bidang kuliner, berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti, antara lain:

1. Pilih brand yang tepat
Pilih brand yang paling tepat. Bila Anda tidak bisa memasak, pilih waralaba yang mudah dijalankan, jangan lupa pilih waralaba yang memiliki banyak peminat dan di banderol dengan harga terjangkau.

2. Pelajari brand
Saat sudah memilih brand, apakah Anda sudah mempelajari brand tersebut dengan baik? Pastikan Anda mempelajari seluruh ketentuan yang diberikan secara teliti. Jangan sampai hanya karena Anda tertarik dengan harga murah yang dimiliki, Anda langsung melakukan pembayaran dan tanda tangan kontrak. Perhatikan ukuran booth yang ditawarkan, harga bahan baku, harga jual produk, dan berbagai syarat ketentuan lain.

3. Pilih lokasi strategis
Tips ketiga ialah memilih lokasi yang sesuai. untuk menentukan lokasi, Anda harus mencari mana tempat yang cocok dengan pilihan waralaba Anda. Contohnya, Anda mengambil franchise makanan dengan harga yang murah. Anda bisa berjualan di dekat sekolah atau universitas.

4. Hitung pengeluaran secara matang
Tips keempat adalah menghitung pengeluaran secara rinci. Anda bisa menghitung biaya untuk sewa tempat, biaya franchisor, gaji pegawai hingga listrik. Setelah bisnis berjalan, Anda harus rutin membuat perhitungan bulanan.

5. Jangan lupa modal
Bila semua tips di atas telah Anda jalankan, berikutnya adalah modal. Anda harus menyiapkan modal, membuka gerai waralaba makanan pada dasarnya memang membutuhkan modal yang cukup banyak karena waralaba biasanya mematok harga puluhan hingga ratusan juta. Namun, bila Anda hanya memiliki dana yang terbatas, banyak waralaba makanan yang hanya memerlukan modal Rp 5 jutaan.

Menjalankan Waralaba Tak Sesulit yang Dibayangkan

Banyak yang mengatakan jika menjalankan waralaba sulit, padahal kita hanya tinggal memilih, membayar, dan menunggu. Hal yang harus diperhatikan ketika menjalankan waralaba adalah kesesuaian sajian dan ciri khas menu. Selain itu gunakan nomor yang mudah diingat customer, gunakan nomor tersebut sebagai nomor pesanan. Jika ingin lebih kekinian, Anda juga bisa mendaftarkan waralaba tersebut ke aplikasi ojek online.

Usaha waralaba minuman dan makanan sekarang ini sedang begitu digemari. Untuk waralaba minuman, biasanya di banderol dengan harga 1 hingga 5 jutaan saja. Contoh waralaba minuman tersebut seperti es bubble tea, thai tea, es cappucino cincau dan lainnya. Sedangkan, untuk waralaba makanan, Anda dapat memilih jagung keju, sosis bakar, kebab, ayam goreng tepung, jamur crispy dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar