Kamis, 25 Juni 2015

5 Tip Mengatasi Ngantuk Saat Tarawih

Selain berpuasa kita juga disunnahkan untuk mengerjakan sholat tarawih di bulan Ramadhan. Di Indonesia sholat tawarih biasanya dilakukan berjamaah di mesjid-mesjid. Tapi kebanyakan orang memang mengantuk saat melakukan sholat tarawih. Hal ini bukan hanya karena sholat tarawih dikerjakan malam hari tapi juga karena beberapa faktor. Tubuh kita yang sudah lelah seharian beraktifitas bisa jadi salah satu penyebabnya. Maka dari itu kita butuh siasat agar saat tarawih kita gak mengantuk. Sehingga saat imam membacakan surat kita bisa menyimak dengan baik. Berikut adalah tip mengatasi ngantuk saat tarawih.


1. Jangan Makan Terlalu Banyak

Hal yang paling sering dilakukan orang saat berbuka adalah makan hingga perut terlalu kenyang. Padahal hal ini gak bagus loh. Karena selain gak bagus untuk pencernaan, hal ini juga mengganggu kekhusyukan sholat. Jadi sebaikannya saat berbuka puasa perut kita gak dipenuhi oleh makanan. Makanlah secukupnya seenggaknya hingga rasa lapar dan dahaga hilang. Baru setelah sholat tarawih jika masih ingin makan kita bisa makan lagi secukupnya.

2. Mandi Sebelum Tarawih

Mengguyur badan dengan air akan membuat tubuh merasa segar. Kalau memungkinkan kita bisa mandi dulu sebelum tarawih. Selain menghilangkan rasa gerah setelah berbuka, mandi sebelum tarawih bisa bikin kita melek saat tarawih. Karena badan kita sudah segar mengikuti sholat tarawih bersama imam. Jangan lupa juga bagi kaum adam menggunakan parfum supaya lebih segar.

3. Tidur Siang

Jika di siang harinya kita terlalu lelah beraktifitas tentu saja pada malam hari tubuh kita sudah lelah. Sebaiknya sisihkan sedikit waktu kita untuk tidur siang. Selain bagus untuk kesehatan tidur siang akan menguatkan kita saat sholat tarawih. Tidur siang pun gak perlu terlalu lama. Seenggaknya hingga tubuh kita merasa segar. Karena tidur lama pun belum tentu berkualitas. Sehingga kita dapat mengikuti sholat tarawih dengan khusyuk tanpa mengantuk.

4. Minum Kopi

Bagi kamu yang gak punya gangguan maag mungkin minum kopi bisa menyegarkan kamu sebelum tarawih. Tapi buat yang punya penyakit maag gak disarankan minum kopi sebelum tawarih. Hal ini dapat memicu produksi asam lambung berlebih. Nanti yang ada malah sakit maag deh bukan ngantuk. Tapi bagi yang gak punya masalah dengan lambungnya, bisa minum sedikit kopi. Tapi tentu saja dengan keadaan perut yang sudah terisi makanan sehingga gak menyakiti lambung.

5. Sikat Gigi Sebelum Tarawih

Selain mandi, sebelum tarawih ada baiknya kita juga menyikat gigi. Tak hanya bisa membuat kita jadi lebih melek. Menyikat gigi juga bisa menghilangkan bau mulut gak sedap yang biasanya melanda orang-orang yang puasa. Sikat gigilah dengan pasta gigi yang mengandung mint. Selain mulut jadi lebih segar kita pun jadi lebih melek. Kita pun akan lebih pede ketika berbicara dengan jamaah lainnya.
Read more ...

Rabu, 24 Juni 2015

5 Alasan Kenapa Di Bulan Puasa Malah Boros

Bulan Ramadhan telah tiba, sudah saatnya orang-orang berpuasa. Anehnya di bulan puasa orang-orang malah banyak mengeluh karena lebih boros dari bulan biasanya. Padahal kita hanya makan dua kali. Biasanya makan tiga kali atau lebih. Seharusnya lebih ngirit dong? Tapi begitulah kenyataannya. Beberpa orang memang merasa bulan puasa ini menghabiskan uang lebih banyak untuk makan. Beruntung deh kamu yang di bulan puasa ini gak mengalami hal ini.

1. Laper Mata Bukan Laper Perut

Puasa tentu saja perut keroncongan memicu kita untuk ingin makan banyak hal. Saat perjalanan pulang ke rumah melihat aneka macam takjil yang dijual di jalan memang sangat menggoda. Akhirnya kita membeli apa yang gak seharusnya dibeli. Padahal saat buka puasa pun gak bisa ngabisin semua. Jadi memang ya perut lapar itu membuat mata kita lapar juga, haha.

2. Harga Barang Pokok Naik

Entah kenapa ya, tiap kali bulan puasa harga barang-barang pokok pada naik. Kenaikan bahan pokok ini tentu saja berimbas pada anggaran belanja. Akhirnya uang belanja bulanan yang justru lebih cepat habis saat puasa. Beberapa bahan pokok ada yang naik dengan signifikan ada yang paling naik sedikit doang. Contohnya nih kemarin saat ke pasar biasanya beli timun sekilo empat ribu kalau puasa harga timun jadi seribu lima ratus sebuahnya. Mending gak makan timun deh kalau gitu.

3. Makan Mewah Tiap Hari

Puasa berarti kita menahan lapar dan dahaga hingga waktunya berbuka. Tapi justru gara-gara nahan dahaga dan lapar seharian hal ini dimanfaatkan oleh orang untuk makan mewah tiap hari. Padahal puasa yang lebih afdol adalah makan berbuka dengan menu kita biasanya. Kebanyakan orang malah makan mewah tiap hari dengan berdalih butuh gizi. Ya gemana gak boros kalau tiap hari maunya makan daging terus? Padahal memenuhi gizi itu gak harus dari daging. Justru tubuh kita lebih butuh sayuran dan buah ketimbang daging.

4. Sering Makan Di Luar

Salah satu yang bisa jadi penyebab kita boros di bulan puasa ini adalah karena kita sering makan di luar. Kalau biasanya sebulan paling dua atau tiga kali, bulan puasa gini justru bisa berkali-kali. Hal ini karena kita merasa gak masalah untuk makan diluar karena sudah berpuasa seharian. Atau malah kita memang sengaja ingin memanjakan lidah kita yang seharian gak mengecap makanan.

5. Terlalu Serakah

Gak dipungkiri lagi kalau puasa pasti yang ditunggu-tunggu adalah waktu berbuka. Saat sedang berpuasa kita mengidam-idamkan untuk makan banyak hal. Akhirnya kita sengaja membeli apa yang jadi keinginan kita dengan dalih seharian sudah puasa. Padahal sih perut gak mungkin kuat makan sebanyak itu.

Read more ...

Sabtu, 20 Juni 2015

5 Cara Mengatasi Malas Belajar

Menjalani masa-masa kuliah awalnya memang menyenangkan. Bertemu teman baru, punya kelas baru, hangout bersama teman-teman baru, dan masih banyak lagi. Saat pertama kali kamu masuk kuliah, rasanya pasti semangat sekali. Kamu bangga jadi anak kuliahan. Kamu senang pergi ke toko buku untuk membeli buku diktat kuliah yang super tebal. Kamu rajin mencatat materi saat pelajaran berlangsung. Bahkan, sepulang kuliah kamu baca lagi catatanmu. Ya, kamu masih semangat untuk belajar. Kamu pun selalu bangun pagi agar tidak terlambat. Dan hasilnya? Nilai IPK semester 1 bisa cumlaude.


Tapi, seiring bertambahnya semester, semua berubah. Masa-masa kuliah sudah tidak seindah dulu. Tugas semakin menumpuk. Mata kuliah yang kamu pelajari semakin sulit. Kamu pun semakin malas belajar. Nah, inilah yang membuat nilai IPK mu semakin lama semakin jeblok. Lah, kalau nilai IPK jeblok, siapa yang rugi? Pastilah kamu juga yang rugi. Jadi, sebelum terlambat, sebaiknya mulai sekarang ubah kebiasaanmu agar tidak malas belajar. Bagaimana caranya?

1. Tulis Target Jangka Pendek

Jika kamu benar-benar niat, cara yang pertama ini ampuh untuk mengatasi malas belajar. Misalkan nih, target paling sederhana saja. Kamu ingin semua nilai ujian minimal B. Nah, tulis dengan huruf besar, dan target yang jelas. Contohnya begini, “SEMUA NILAI UJIAN SEMESTER 4 MINIMAL HARUS B”. Kalau perlu garis bawahi dengan spidol besar hitam. Jika sudah selesai, tempelkan di dinding tepat di depan meja belajarmu. Jadi kamu bisa membaca targetmu dengan jelas setiap hari. Kamu berani tidak menargetkan nilai A?

2. Tempel Gambar Tokoh Inspirasi

Poster artis, atau poster tokoh film yang ditempel di kamar itu sudah biasa. Tapi bagaimana jika yang ditempel adalah poster Ridwan Kamil? Kamu cukup menempel foto tokoh dunia atau anak muda berprestasi yang menjadi inspirasimu. Tidak harus orang luar negeri. Di Indonesia pun banyak sekali anak muda berprestasi. Bahkan, temanmu sendiri pun boleh kamu jadikan inspirasi. Kalau perlu cetak fotonya seukuran poster agar kamu benar-benar termotivasi.

3. Dengarkan Musik Sambil Belajar

Memang, tidak semua orang bisa belajar sambil mendengarkan musik. Tapi, jika dengan musik kamu lebih semangat belajar dan materinya lebih mudah masuk, kamu wajib mencoba cara ketiga ini. Mendengarkan musik favorit dengan volume rendah bisa menghilangkan rasa malas belajar.

4. Jauhkan Diri Dari Gadget dan Kasur

Bagi anak muda, gadget dan kasur adalah godaan terbesar saat belajar. Betul tidak? Belajar sambil leyeh-leyeh di atas kasur. Baca materi kuliah 10 menit, scrolling timeline twitter 30 menit. Belum lagi kalau mention-mentionan. Eh, keasyikan main gadget, kepala pindah ke bantal, akhirnya malah ketiduran. Lalu kapan dong belajarnya? Nah, kalau kamu memang niat mau belajar, letakkan gadgetmu sejauh-jauhnya, lalu matikan. Dan kedua, usahakan untuk belajar di luar kamar, jangan belajar di atas kasur.

5. Mandi Dulu Sebelum Belajar

Cara terakhir, kamu harus mandi sebelum belajar. Kenapa? Mandi akan membuat kamu lebih fresh dan rileks. Pakailah sabun atau parfum yang wanginya tahan lama. Lalu dengarkan musik favoritmu sambil belajar. Dijamin, kamu pasti bisa belajar dengan senang.
Read more ...

Jumat, 19 Juni 2015

5 Cara Mengatasi Rasa Bosan

Hidup tidak selamanya bersenang-senang bukan? Terkadang senang, sedih, gelisah, takut, marah, kecewa, rindu, cemburu, dan tidak jarang pula bosan. Rasa bosan ini bisa mendatangimu kapan saja dan di mana saja. Saat pelajaran di kelas, saat jalan-jalan, di kos, di rumah, bahkan saat liburan pun kamu bisa saja bosan. Rasa bosan paling sering terjadi saat kamu sedang sendirian dan menganggur. Apalagi saat waktu liburan sudah tiba, dan kamu hanya menghabiskan waktu di rumah. Sepanjang hari hanya tidur, atau malah di kos. Pasti sangat membosankan. Nah, jika saat ini kamu sedang merasa bosan, cobalah untuk melakukan 5 aktivitas di bawah ini.


1. Bermain Video Game

Bermain video game adalah aktivitas paling klasik untuk mengusir rasa bosan. Mulai dari jamannya game nintendo, sampai game PSP, kamu pasti sudah sering memainkannya. Apalagi jaman sekarang game semakin canggih. Kamu hanya perlu laptop, emulator game, ROM game, dan game stick, kamu sudah bisa main game PSP sampai puas di laptopmu. Rasa bosanmu pasti langsung hilang. Eits, tapi ingat waktu ya, guys. Jangan sampai lupa makan dan istirahat. Kesehatanmu jauh lebih penting.

2. Mencoba Resep Masakan Baru

Tidak harus jadi ibu rumah tangga dulu untuk bereksperimen di dapur. Saat kamu mulai merasa bosan, ambil smartphonemu, lalu googling resep-resep masakan atau kue yang belum pernah kamu makan sebelumnya. Carilah resep dengan bahan-bahan yang sederhana saja. Jika semua bahan sudah siap, mulailah bereksperimen dengan bahan-bahan tersebut. Pastikan sesuai dengan resep. Dan, lihat sendiri bagaimana hasilnya. Kamu pasti bangga.

3. Mencuci Mobil atau Sepeda Motor

Kamu sedang bosan? Mengantuk? Waktu yang sangat tepat untuk mencuci mobil atau sepeda motor, guys. Pertanyaannya adalah, mengapa? Ketimbang kamu hanya duduk bosan tidak melakukan kegiatan apapun, lebih baik kamu mencuci mobil atau sepeda motor kan? Mobil bersih, sepeda motor kinclong, dan bosan pun hilang. Ngomong-ngomong, kapan terakhir kamu mencuci mobil atau sepeda motormu?

4. Menonton Komedi

Selain bermain game, menonton komedi adalah cara ampuh kedua untuk menghilangkan rasa bosan. Kamu bia menonton film komedi, atau sekedar streaming video-video komedi di situs YouTube. Kamu akan menemukan banyak sekali video lucu di sana. Mulai dari video amatir sampai video yang dibuat secara profesional. Video paling recommended untuk ditonton adalah video buatan Raditya Dika dan buatan Last Day Production. Dijamin kamu akan tertawa sampai menangis.

5. Wisata Kuliner

Pergi wisata untuk mengusir bosan itu sudah biasa, bagaimana kalau wisata kuliner? Nyam nyam nyam. Kamu tidak perlu pergi jauh-jauh ke luar kota, apalagi sampai ke luar pulau. Kamu hanya perlu mengunjungi tempat-tempat makan di sekitar rumahmu yang belum pernah kamu kunjungi. Tidak perlu tempat makan mewah kok. Warung makan sederhana pun bisa menjadi tempat wisata kuliner yang menyenangkan. Tapi ingat, pastikan tempat makan yang kamu kunjungi terjamin kebersihannya.
Read more ...

Kamis, 18 Juni 2015

Cara Terbaru Menyimpan Foto Instagram di Android dengan Mudah

Jika kamu pengguna Instagram di Android, kamu pasti dibingungkan dengan mencari cara untuk menyimpan gambar ataupun video di Instagram. Hal ini karena memang di aplikasi Instagram sendiri tidak ditemui tombol untuk menyimpan gambar dan video.

Saya pun beberapa kali mencari cara yang paling mudah dan terbaru untuk menyimpan foto Instagram. Sebelumnya saya menemukan cara untuk menyimpan foto Instagram melalui browser bawaan Android. Namun, cara tersebut tidak berlaku di semua jenis Android.

Hal itulah yang membuat saya akhirnya berpikir untuk mencari aplikasi tambahan yang paling pas dan paling powerful dalam menyimpan foto maupun video di Instagram. Berikut ini adalah salah satu aplikasi yang menurut saya paling powerful daripada aplikasi penyimpan Instagram lainnya.

Aplikasi untuk Menyimpan Gambar dan Video dari Instagram

Pertama, bukalah Play Store di Android milikmu. Setelah itu carilah "InstaSave - Instagram Download". Lalu unduh aplikasi tersebut. Setelah diunduh, klik "Buka".


Kamu akan dihadapkan dengan tampilan yang sangat sederhana seperti ini. Jangan bingung, saya akan memandu kamu untuk menyimpan foto dari Instagram di posting kali ini.


Setelah itu klik pada "Buka Instagram". Maka secara otomatis kamu akan membuka aplikasi Instagram di ponsel Android milikmu. Setelah itu carilah gambar yang akan kamu simpan. Berikut ini adalah salah satu contoh foto yang akan saya simpan.


Di bagian pojok kanan bawah kamu akan menjumpai ikon titik tiga. Klik ikon tersebut. Lalu akan muncul popup seperti pada gambar di bawah ini.


Pilih "Salin URL Berbagi". Setelah itu akan ada notifikasi singkat yang menunjukkan bahwa URL sudah disimpan dalam Clipboard. Setelah itu tekan tombol "Home" pada Android untuk membuka kembali aplikasi InstaSave yang sedang idle.

Setelah itu kamu akan dikagetkan dengan gambar yang otomatis muncul di aplikasi InstaSave milikmu. Berikut ini adalah tampilannya. Setelah itu klik ikon "download" yang ada di pojok kanan bawah foto tersebut.


Kemudian akan ada notifikasi singkat bahwa foto telah disimpan. Setelah proses ini, maka foto benar-benar telah tersimpan di ponsel Android kamu. Coba buka "Galeri" di Android kamu. Kamu akan menjumpai foto tersebut tersimpan di folder "InstaSave".


Sangat mudah bukan? Kamu pasti bisa melakukannya juga. Aplikasi InstaSave ini juga tergolong sangat ringan, ukurannya hanya 2 MB-an. Dengan meluangkan sedikit ruang memori di ponsel kamu, kamu sudah bisa menikmati fitur powerful ini. Selamat mencoba :)
Read more ...