Jumat, 26 Agustus 2016

Apakah Industri Manufaktur di Indonesia Menguntungkan?




Mungkin banyak diantara kita yang masih awam dengan istilah industri manufaktur. Apa sebenarnya industri manufaktur itu? Industri manufaktur adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan salah satu cabang bidang industri. Singkatnya, industri manufaktur adalah industri yang merubah bahan mentah menjadi barang jadi yang bernilai. Misalnya, dari kain dibuat menjadi pakaian, kulit dibuat menjadi sepatu, atau kayu gelondongan yang dibuat menjadi tripleks, dibuat menjadi ukiran, dan bisa juga tepung yang diolah menjadi mie instan, dan lain-lain.

Jika melihat gambaran diatas, tidak sulit untuk menyimpulkan bahwa industri manufaktur adalah salah satu industri yang sangat menjanjikan terutama untuk usaha kecil menengah. Kebanyakan, industri manufaktur bisa dikerjakan dengan modal yang kecil, bisa dilakukan sendiri maupun secara berkelompok di rumah, dan bisa juga dalam skala besar.

Industri manufaktur memanfaatkan peralatan dan teknologi yang sederhana, walaupun saat ini sudah banyak yang menggunakan peralatan dan teknologi yang kompleks serta modern. Namun Selain itu, rata-rata industri manufaktur membutuhkan tenaga kerja terampil (SDM).

Bagaimana prospek industri manufaktur di Indonesia? Apakah cukup menjanjikan? Karena tentunya beberapa diantara kita mungkin ingin berinvestasi pada industri manufaktur atau ingin membuka lapangan usaha sendiri.

Menurut beberapa sumber, industri manufaktur di Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup baik. Walaupun mendapatkan gempuran dari industri manufaktur asing, namun industri manufaktur di Indonesia dilaporkan bisa bertahan dan cukup menjanjikan.

Jika mengutip apa yang dikatakan oleh Direktur Jenderal--Organisasi Pengembangan Industri Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNIDO), perkembangan manufaktur di Indonesia menurut data tahun 2016 menempati rangking ke-10 sebagai negara industri manufaktur yang berhasil.

Dengan keberhasilan Indonesia menempati peringkat 10 dunia industri manufaktur membuat banyak investor yang tertarik untuk menjalin kerjasama dan ikut mendukung industri manufaktur yang ada di Indonesia.

Saat ini, Organisasi Pengembangan Industri Perserikatan Bangsa-Bangsa bekerjasama dengan pemerintah Indonesia melalui ketementrian untuk mengembangkan 13 sektor. Dari 13 sektor tersebet, saat ini baru 5 sektor yang sudah digarap. Melihat data tersebut, tentu ada banyak peluang yang bisa kita manfaatkan sebagai tempat berinvestasi, lebih-lebih, 8 sektor lainnya saat ini masih dikembangkan.

Kerjasama dengan UNIDO setidaknya memakan biaya hingga 40 juta dolar atau setara 528 miliar rupiah.

Industri manufaktur di Indonesia sangat didukung oleh pemerintah. Terlebih presiden kita saat ini (2012-2017) juga merupakan orang yang besar dan tumbuh di dunia manufaktur. Tidak heran apabila dukungan yang didapatkan bagi pengusaha manufaktur, baik yang berskala kecil maupun menengah sangat besar. Jadi kesimpulannya, industri manufaktur di Indonesia sangat menjanjikan dan akan sangat menguntungkan apabila digarap.
Jumat, 26 Agustus 2016

Panduan Jual dan Beli Mobil Bekas Agar Tidak Rugi




Pembeli mobil bekas seringkali merasa tertipu dan dirugikan setelah membeli mobil yang ternyata kualitas dan kondisinya tidak seperti yang terlihat dan terasa ketika pertama kali melihat dan mengecek mobil tersebut. Biasanya masalah sering kali muncul dan beberapa detil yang sebelumnya tidak terlihat kemudian menjadi tampak setelah beberapa lama menggunakan mobil tersebut. Hal ini tidak lepas dari banyaknya penjual mobil bekas yang ingin mencari untung tanpa memikirkan nasib konsumennya.

Begitu juga sebaliknya, kadangkala, kita ingin menjual mobil dengan harga sesuai dengan pasaran, namun sayangnya ditaksir dengan harga murah oleh pembeli mobil. Tentu ini juga sangat merugikan bagi mereka yang menjual mobil bekas.

Ada beberapa langkah dan panduan dalam menjual dan membeli mobil bekas agar tidak rugi. Berikut adalah beberapa diantaranya:


Pertama, kita harus tahu terlebih dahulu mengecek harga mobil yang ada di pasaran. Harga mobil yang ada di pasaran untuk satu merk bisa bervariasi. Tergantung dari daerah, kondisi mobil, penggunaan, kondisi fisik baik interior maupun exterior, dan lain-lain termasuk untuk apa mobil tersebut dipergunakan sebelumnya.


Setelah mengetahui harga mobil yang umum di pasaran, tentu kita ingin membeli atau sebaliknya, menjual mobil dengan harga yang masuk akal, setidaknya, tidak rugi-rugi amat. Kaitannya dengan taksiran harga mobil, kamu bisa mengetahui caranya dengan membaca point selanjutnya.


Tentukan di mana kita akan menjual atau membeli mobil. Ini juga merupakan bagian penting dalam mendapatkan harga yang kompetitif saat membeli mobil bekas atau sebaliknya, menjual mobil bekas. Karena berbeda tempat berarti bisa juga berbeda harga. Kalau kamu saat ini berniat untuk menjual atau membeli mobil bekas, dengan harga yang kompetitif dan tepat agar tidak merasa rugi, kamu bisa mampir ke website GuruMobil. Di sana terdapat fasilitas cek harga pasaran mobil bekas yang datanya real time sangat akurat dan terpercaya.

Kita bisa menemukan mobil bekas idaman dengan harga yang paling murah dan kompetitif sesuai dengan merek, model, serta lokasi. Atau, jika ingin menjual, terdapat fasilitas yang akan membantu kita untuk mengetahui harga sebenarnya dari mobil kita mulai dari merk, model, tahun keluar, tipe, kilometer, hingga lokasi dimana mobil tersebut berada.
Dengan begitu kita bisa menaksir harga jual sebenarnya dari mobil yang kita miliki. Sehingga saat menjual, kita tidak akan merasa dirugikan karena dilepas dengan harga yang terlalu murah.


Lakukan test drive sebelum membeli. Melakukan tes adalah satu-satunya cara untuk mengetahui performa mesin, selain dengan langsung melihat kondisi fisiknya. Selain itu dengan melakukan tes kita juga akan mengetahui kondisi mobil yang sebenarnya.


Menjual mobil dengan harga yang jujur adalah bagian penting dari transaksi jual mobil. Sebagai seorang penjual, tentu kita tidak ingin dianggap “penipu” karena memberikan informasi bodong mengenai kondisi mobil. Sebaliknya, sebagai pembeli kita pun tidak merasa dirugikan karena penjual telah memberikan informasi yang akurat mengenai mobil.


Jual dan beli mobil di waktu yang tepat adalah panduan lainnya dalam menjual dan membeli mobil bekas yang tidak boleh kamu lupakan. Menjual pada saat mobil sangat dibutuhkan, misalnya ketika menjelang lebaran atau menjelang liburan, akan membuat mobil bekas bisa dijual dengan harga yang masuk akal (mahal). Sebaliknya, untuk membeli mobil, hindari waktu-waktu tersebut karena seringkali harganya naik.
Selasa, 23 Agustus 2016

Cara Menikmati 10 Obyek Wisata Paling Seru di Yogyakarta Dalam 4 Hari




Saat kita ingin menikmati berbagai obyek wisata yang ada di sebuah kota dalam waktu singkat, kita membutuhkan manajemen waktu benar-benar sempurna. Tidak hanya itu, kita juga membutuhkan pengetahuan seputar kota tersebut agar perjalanan bisa lebih lancar dan tidak habis terbuang karena tersesat. Akan tetapi, masalahnya, kadangkala kita yang berasal dari kota itu sendiri, misalnya kota Yogyakarta, terkadang belum tentu tahu seluk-beluk kota tersebut secara menyeluruh. Apalagi jika kita datang dari luar kota Yogyakarta. Ngomong-ngomong soal wisata di Yogyakarta, jumlahnya ada banyak sekali mulai dari obyek wisata alam, objek wisata budaya, objek wisata sejarah, objek wisata belanja, hingga objek wisata adventure.

Ditambah lagi dengan letak objek wisata yang tidak bisa dikatakan berdekatan, tentu akan membuat perjalanan wisata kita lebih memusingkan lagi. Agar lebih mudah, ketika memiliki waktu yang terbatas, misalnya hanya memiliki waktu 4 hari untuk liburan, dan sangat ingin mengunjungi objek wisata sebanyak-banyaknya, maka pilihan paling tepat untuk memudahkan perjalanan wisata kita adalah dengan memilih jasa Paket Wisata Jogja yang sekaligus bisa kita manfaatkan sebagai guide gratis.

Dengan menyewa jasa travel saat berwisata, terlebih dalam waktu singkat, keuntungannya adalah: kita akan lebih mudah dalam memanagemen waktu sehingga tidak perlu khawatir melewatkan berbagi objek wisata yang ingin kita nikmati. Kita juga tidak perlu pusing memikirkan rute perjalanan yang harus diambil, sehingga tidak perlu bingung apalagi khawatir akan tersesat. Dan tentu saja masih banyak keuntungan-keuntungan lainnya yang bisa kita dapatkan dengan memanfaatkan paket tour.

Untuk menikmati berbagai obyek wisata menarik di Yogyakarta, salah satu rekomendasi dari saya adalah dengan menyewa jasa Joglo Wisata Jogja yang menawarkan berbagai paket wisata menarik. Salah satu paket yang saya rekomendasikan buat kamu, terutama yang ingin menghabiskan waktu 4 hari untuk menikmati serunya tempat-tempat wisata di Yogyakarta adalah dengan memilih paket wisata Jogja 4 hari 3 malam. Paket wisata tersebut memberikan kita berbagai kemudahan mulai dari penjemputan di stasiun atau bandara pada saat pertama kali menjejakkan kaki di Jogja.

Di hari pertama kita akan diajak berkunjung ke Keraton Yogyakarta yang legendaris tersebut. Di Keraton Jogja kita bisa menikmati sajian kebudayaan sekaligus sejarah, abdi dalem, hingga menyaksikan langsung kegiatan sehari-hari yang ada di sana. Setelah puas di Keraton, perjalanan akan dilanjutkan dengan mengunjungi istana Air Taman Sari dan diakhiri dengan mengunjungi salah satu pantai paling terkenal yang ada di Jogja yaitu Pantai Parangtritis.

Di hari kedua kita akan diajak mengunjungi salah satu Candi paling megah dan paling besar yang ada di Asia Tenggara yaitu Candi Borobudur. Setelah menikmati keindahan Candi Borobudur, perjalanan kita akan dilanjutkan ke kawasan Gunung Merapi untuk menikmati wisata adventure dengan mengunjungi Lava Tour. Perjalanan di hari kedua tersebut akan diakhiri dengan menikmati salah satu icon wisata Jogja yaitu jalan-jalan di Malioboro.

Di hari ketiga tidak kalah seru lho. Pada hari itu kita akan berpetualang di gua bawah tanah (cave tubing) di Goa Pindul. Selanjutnya, perjalanan wisata hari itu akan diakhiri dengan mengunjungi Pantai Indrayanti untuk menikmati keindahan salah satu pantai paling mempesona di Jogja yang memiliki pasir putih dan pemandangan alam yang cantik.

Di hari ke-4 yang merupakan hari terakhir kita di Jogja sebelum takeoff tentu akan semakin sempurna apabila kita bisa menikmati dan mengunjungi beberapa tempat menarik yang menawarkan berbagai oleh-oleh khas Jogja. Ya, tidak salah lagi di hari keempat ini, kita akan diajak berkunjung ke beberapa pusat kerajinan dan oleh-oleh terkenal yang ada di Jogja mulai dari: Pasar Beringharjo, kerajinan perak di Kotagede hingga tempat membeli oleh-oleh bakpia dan kaos Dagadu.