Sticky Post

Peralatan Olahraga Yang Bisa Dibeli di Bukalapak

Selasa, 01 Januari 2019

Apa Sih Influencer Marketing?



Mungkin kalian pernah membaca kalimat "influencer marketing" tetapi belum paham apa arti dan maksudnya. Saat ini banyak hal mulai memanfaatkan internet. Lihat saja perkembangan ojek online yang begitu pesat sampai-sampai ojek konvensional yang berdemo tidak ada pengaruhnya sama sekali. Kenapa bisa begitu? Ya tentu saja karena adanya ojek online itu memberikan banyak kemudahan. Intinya di zaman ini kita harus memanfaatkan teknologi khususnya internet untuk hal positif.

Kembali soal influencer marketing, ini adalah istilah di dunia pemasaran online. Influencer sendiri memiliki makna "pemberi pengaruh" jadi bisa diartikan secara bebas adalah pemasaran yang melibatkan pemberi pengaruh. Sebagaimana kita lihat sendiri banyak orang mencari informasi melalui internet. Mulai dari mencari resep masakan, pesan makanan, belanja kebutuhan sehari-hari, beli tiket kereta atau pesawat dan banyak hal lainnya yang dilakukan secara online.

Influencer marketing biasanya melibatkan pihak-pihak seperti Blogger, pemilik akun Instagram, Twitter, YouTube atau Facebook. Kenapa demikian? Karena sebagian besar pengguna internet banyak menghabiskan waktunya di 5 media tersebut. Lihat saja akun Instagram artis atau publik figur, pasti ada beberapa unggahan yang bukan dari mereka sendiri alias semacam iklan. Saat ini tidak hanya publik figur saja yang bisa mendapatkan penghasilan dari sosial media. Pengguna awam dengan jumlah follower di atas 10.000 misalnya juga memiliki potensi untuk bisa mendapatkan endorse walaupun secara nominal tidak sebesar artis.

Pemasaran atau marketing yang melibatkan influencer ini sangat berdampak terhadap angka penjualan atau persepsi seseorang terhadap suatu merek. Bahkan disebut-sebut lebih memberikan pengaruh daripada iklan di televisi. Sebagai contoh, produsen smartphone memberikan sampel produk mereka kepada YouTuber gadget secara cuma-cuma untuk diulas di channel mereka. Efek dari ulasan para YouTuber ini bisa memberikan hasil yang jauh lebih baik daripada beriklan di televisi yang singkat dan mahal. Itulah mengapa sekarang banyak brand beralih ke pemasaran online yang melibatkan para influencer.

Lain halnya dengan Blogger, untuk platform tertulis ini terbagi menjadi dua. Brand atau pengiklan memilih blog yang memang ramai pembacanya atau terkenal. Brand ini bisa dipastikan mempunyai website mereka sendiri, nah disinilah peran influencer marketing untuk mempromosikan website brand tersebut. Marketing jenis ini jauh berbeda dengan beriklan di channel YouTube atau Instagram. Hal yang ingin dicapai dengan bekerja sama dengan blogger adalah naiknya peringkat website pengiklan ini di mesin pencari Google, teknik ini sering disebut sebagai SEO (Search Engine Optimization). Untuk hal ini hanya blog yang bisa diandalkan sedangkan YouTube, Twitter dan Instagram tidak bisa memberikan efek apa-apa ke ranking sebuah website. Maka itulah kenapa sekarang muncul website seperti Sosiago yang menjadi semacam wadah untuk brand dan influencer bertemu.

Sosiago sendiri memiliki tagline Influencer Marketing saat ini baru terbatas untuk blogger tetapi tidak menutup kemungkinan akan ada task atau job untuk pemilik akun Instagram atau channel YouTube. Cara kerjanya sederhana pengiklan memilih blog yang sesuai dengan kriteria mereka misalnya skor DA (Domain Authority) atau topiknya. Saat ini skor DA menjadi acuan "nilai" sebuah blog, semakin besar skornya maka semakin diminati para pengiklan tetapi itu tidak selalu karena terkadang pengiklan mencari blog yang sesuai dengan jasa atau produk yang mereka tawarkan.

Jadi tunggu apalagi? Untuk Anda yang memiliki website produk atau jasa dan ingin tampil di halaman pencarian Google, bisa mencoba layanan ini. Sudah umum diketahui kalau banyak orang mencari informasi melalui Google, sedangkan halaman pencarian Google sendiri terbatas 10 hasil per halaman. Maka dari itu banyak website bersaing dengan ketat satu sama lain dengan mengaplikasikan teknik SEO supaya bisa tampil teratas di hasil pencarian Google.

Sedangkan untuk Anda yang hobi ngeblog bisa membaca artikel tentang Sosiago: https://nul.is/coba-sosiago-influencer-marketing/ dan memiliki blog maka tidak ada salahnya mencoba Sosiago influencer marketing ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Harga yang ditawarkan Sosiago terbilang kompetitif sehingga tidak terkesan merendahkan blogger. Websitenya juga mudah untuk digunakan sehingga tidak sulit untuk digunakan walaupun baru pertama kali bergabung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar