Jangan Abaikan Penyebab dan Gejala Tumor pada Otak ini

Tumor termasuk salah satu penyakit mematikan jika sudah semakin parah. Tumor pada otak merupakan kumpulan sel-sel yang tumbuh tidak normal dan tidak terkendali dalam otak. Hal tersebut bisa bersifat jinak atau lama kelamaan menjadi ganas dan bersifat kanker jika tidak ditangani. Untuk itu, jangan abaikan penyebab dan gejalanya berikut ini.

Penyebab Tumor Otak

Sejatinya tumor yang menyerang bagian otak ini belum diketahui dengan jelas penyebabnya. Hanya saja ada beberapa hal yang bisa menjadi pemicunya. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi pemicu tumbuhnya tumor dalam otak.

1. Obesitas

Orang dengan kelebihan berat badan berisiko tinggi memiliki tumor otak meningioma, meskipun kemungkinan terjadinya hanya 2%. Bahkan bayi yang lahir dengan berat badan lebih dari 4 Kg memiliki risiko mengembangkan tumor otak astrocytoma atau tumor embrional.

2. Faktor keturunan

Apabila ada anggota keluarga yang mengalami tumor, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Walaupun faktor keturunan penderita tumor berisiko 5-10% menurunkan pada anak cucunya.

3. Usia

Tumor ini berisiko tinggi menyerang manula. Meskipun tidak menjamin balita hingga remaja bisa terserang pula.

4. Paparan radiasi

Radiasi memiliki risiko 1% menyebabkan tumor. Bisa berasal dari bom atom atau nuklir, bahkan alat-alat kesehatan yang mengandung sinar X dan sinar gamma.

5. Pengidap HIV/AIDS

Pengidap HIV atau AIDS tahap lanjut atau akhir berisiko tinggi terpapar tumor otak limfoma SSP. Hal ini bisa disebabkan karena sistem imun tubuhnya yang melemah.

6. Riwayat kanker

Tumor otak bisa pula disebabkan karena kanker yang menjalar dari bagian tubuh yang lain. Seperti limfoma, leukemia, melanoma, kanker tiroid atau prostat.

Gejala Tumor Otak

Adanya tumor pada otak memiliki gejala yang bervariasi, bergantung jenis dan lokasinya. Bahkan sebagian tidak menimbulkan gejala khusus. Berikut gejala adanya tumor otak yang tidak boleh diabaikan.

1. Sakit Kepala

Memang tidak semua orang yang sakit kepala pasti menderita tumor otak. Tetapi hal ini termasuk gejala awalnya. Apalagi jika muncul tanpa sebab yang jelas dan tidak juga reda meskipun sudah minum obat pereda. Hingga makin lama, makin tak tertahankan. Bahkan memburuk ketika disertai dengan batuk atau saat beraktivitas fisik.

2. Mual dan Muntah

Gejala awal terkena tumor otak selanjutnya adalah mual dan muntah yang terjadi tanpa sebab. Bahkan hal tersebut terjadi terus-menerus dan bisa dibarengi dengan sakit kepala tak tertahankan. 

3. Kejang

Gejala selanjutnya adalah terjadinya kejang selama 2-3 menit yang disertai dengan hilangnya kesadaran, hilangnya kemampuan mengendalikan fungsi tubuh, susah napas, memar di kulit, serta muncul rasa kantuk dan kebingungan.

4. Mudah Lelah dan Kebas

Gejala tumor otak yang tidak boleh diabaikan selanjutnya adalah mudah merasa lelah, apalagi untuk menjalankan aktivitas harian biasa. Bahkan hingga sulit menelan dan sulit tidur, serta beberapa bagian tubuh terasa kebas atau mati rasa.

5. Kehilangan Keseimbangan

Karena menyerang sistem saraf, penderita bisa mengalami gangguan keseimbangan tubuh. Bahkan hingga menyerang organ penglihatan dan pendengaran, serta fungsi kognitif tubuh.

Apabila Anda memiliki penyebab atau pemicu hingga mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera periksa ke dokter. Lakukanlah pemeriksaan neurologis lengkap. Jika memang ada masalah, lakukan MRI dan CT scan. Apabila hasilnya terdapat tumor pada otak, nantinya akan dilakukan PET scan dan biopsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar