Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan

Pada dasarnya kehilangan helai demi helai rambut yang kita miliki setiap hari menjadi hal yang normal. Namun, kamu harus waspada jika rambut rontok berlebihan bahkan hingga 100 helai perharinya.

Dengan mengenal pengebab kerontokan rambut yang berlebihan serta cara mencegahnya, kamu dapat terhindar dari risiko kesehatan serta bahaya. Sebenarnya, bila rambut rontok hanya 50 sampai 100 helai perhari, dianggap wajar. 

Hal ini seharusnya tidak akan menimbulkan masalah bahkan membuat kepala menjadi botak. Alasannya, rambut baru dapat tumbuh serta menggantikan kerontokan tersebut. Tetapi, bila rambut mengalami kerontokan berlebihan, bahkan disertai dengan pertumbuhan rambut yang terhenti, kepala dapat kehilangan mahkotanya yang indah.

Penyebab Rambut Rontok Berlebihan

Rambut yang mengalami kerontokan berlebihan secara medis memiliki sebutan sebagai telogen effluvium. Kerontokan tersebut terjadi secara menyeluruh di bagian kepala sehingga tidak menyebabkan kebotakan di satu area.

Tentu saja, jika hal ini terjadi secara terus menerus, rambut akan terlihat tipis. Kondisi ini dapat terjadi setelah tubuh stress dan tertekan baik fisik dan emosional. Secara umum, kerontokan rambut yang berlebihan disebabkan karena beberapa faktor berikut, seperti:

  1. Berat badan turun hingga  9 kg atau lebih
  2. Stress emosional seperti karena kehilangan pekerjaan atau sedang menjalani perceraian
  3. Stress fisik yang sangat intensif seperti memliki beban pekerjaan yang tinggi, melahirkan dan lainnya
  4. Adanya perubahan hormonal seperti yang sering terjadi pada wanita hamil serta setelah melahirkan
  5. Kekurangan gizi seperti zat besi dan protein, contohnya seperti penderita yang memiliki gangguan makan
  6. Menderita penyakit tertentu seperti penyakit kelenjar tiroid, penyakit autoimun dan lainnya
  7. Memiliki efek samping obat-obatan seperti vitamin A dosis tinggi, pil KB serta obat antidepresan
  8. Mengalami demam tinggi, serta baru sembuh dari sakit
  9. Menggunakan produk perawatan rambut yang memiliki bahan keras seperti menggunakan cat rambut, kebiasaan menggunakan pemanas rambut hingga bleaching

Cara Mencegah Rambut Rontok Berlebihan

Untuk mencegah rambut yang rontok secara berlebihan, kamu dapat melakukan beberapa langkah pencegahan contohnya seperti membatasi menata rambut dengan menggunakan alat pemanas serta bahan kimia. 

Selain itu, kamu juga dapat mengaplikasikan kondisioner sesudah keramas agar bisa melindungi helai rambut. Kamu juga harus menghindari mengikat dan mengepang rambut. 

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rambut rontok berlebihan, antara lain:

Menggunakan lidah buaya

Lidah buaya terkenal memiliki khasiat menyuburkan rambut. Bukan hanya itu saja, lidah buaya memiliki kandungan vitramin A, D serta zat besi yang berada di dalamnya sehingga dapat mengatasi rambut rontok berlebihan. 

Kandungan aloe vera di dalam lidah buaya bisa mencegah kerontokan dengan melindungi kulit kepala dari berbagai macam penyakit. Untuk mengaplikasikannya, kamu hanya perlu mengoleskan gel yang berada di lidah buaya pada kulit kepala dan rambut. Diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air hangat. 

Menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki berbagai kadnungan vitamin, zat besi dan kalsium yang mampu mengurangi rambut rontok berlebihan. Kamu dapat mengoleskan minyak zaitun di kult kepala serta rambut dengan merata, kemudian pijat lembut. 

Santan

Kamu dapat menggunakan santan agar bisa membuat rambut lembut, halus serta mudah diatur, sehingga tidak akan mengalami kerontokan saat disisir. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan santan di seluruh permukaan rambut serta kulit kepala. Diamkan selama beberapa menit dan bilas menggunakan shampoo. 

Mengatasi rambut rontok berlebihan juga dapat dilakukan dengan memilih shampoo dengan tepat. Akan lebih baik lagi jika kamu memilih shampoo yang diformulasikan khusus untuk mengatasi kerontokan rambut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar