Kamis, 16 Juni 2016

4 Alasan Rumah Kontrakan lebih Baik untuk Anda

Untuk memutuskan apakah Anda harus mengontrak atau membeli rumah adalah suatu tantangan besar. Bagi beberapa orang, mengontrak rumah merupakan hal yang lebih masuk akal karena memungkinkan mobilitas yang lebih dan tidak perlu melakukan perawatan atau hal apapun selama bertahun-tahun. Sebagian lainnya memilih untuk bekerja memiliki sesuatu, daripada bekerja untuk terus membayar tempat tinggal. Tidak ada jawaban yang benar maupun salah, karena hal ini berdasarkan pada kebutuhan Anda. Akan tetapi, terdapat beberapa keuntungan dalam mengontrak, baik bagi Anda yang ingin tinggal untuk waktu yang lama maupun hanya sekedar tinggal untuk menunggu waktu yang tepat hingga Anda siap untuk membeli rumah. Berikut adalah 4 alasan mengapa mengontrak rumah lebih baik untuk Anda.


Pentingnya Perencanaan untuk Masa Mendatang

Salah satu keuntungan terbesar dari mengontrak rumah kemungkinan untuk merencanakan di masa yang akan datang. Tidak seperti seseorang yang harus membuat keputusan jangka pendek dengan hanya sedikit waktu untuk berencana, Anda secara memiliki waktu yang panjang untuk mempertimbangkan kepemilikan rumah yang potensial. Anda juga dapat memilih untuk tidak memiliki rumah dan tetap membayar untuk tempat tinggal sepanjang waktu. Beberapa penghuni lebih memilih untuk tetap bekerja demi mendapatkan rumah yang lebih mewah. Sebagai contoh, Anda mungkin ingin untuk pindah ke hunian yang lebih mewah dengan berbagai fasilitas, atau ingin hunian yang lebih besar. Apapun itu, mengontrak memberi Anda banyak waktu dan ruang untuk merencanakan masa yang akan datang dan memastikan bahwa dapat tinggal di rumah yang Anda inginkan di masa mendatang. Akan tetapi, jangan pernah lupakan bahwa memiliki suatu cita-cita adalah hal yang baik, tidak peduli Anda akan membeli hipotek atau mencari rumah kontrakan lainnya di masa yang akan datang. Pastikan bahwa anda memikirkan apa saja yang akan Anda lakukan selama mengontrak agar Anda tidak kebingungan selama dalam masa itu.

Kemampuan untuk Mengamati Pasar Jual Beli Rumah

Keuntungan lain dalam perencanaan Anda adalah kemampuan untuk mengamati pasar jual beli rumah. Anda tidak perlu memantau sektor jual beli rumah dari waktu ke waktu, tetapi akan sangat menguntungkan jika anda mencatat hal-hal penting yang terjadi. Melakukan pencarian rumah kontrakan di situs Rumah seminggu sekali adalah cara yang baik untuk memantau perkembangan harga rumah, karena bursa jual beli rumah akan mengikuti perkembangan pasar. Saat ini adalah waktu yang ideal yang dimana Anda mungkin menemukan rumah pindah dengan ligkungan atau daerah yang berbeda, atau menginginkan hunian yang lebih baik dengan kelas yang berbeda. Saat ini, banyak orang yang menginginkan rumah mewah karena adanya permintaan akan hal tersebut, dan harganya pun beragam. Alasan baik lainnya untuk mengamati hal yang terjadi pada perkembangan harga pengontrakan dan pembelian rumah dan suku bunganya adalah Anda dapat melakukan tawar-menawar dengan pemilik rumah kontrakan Anda ketika anda hendak memperpanjang masa kontrak. Anda harus melakukan hal ini dengan hati-hati, dan Anda juga tentu harus memiliki rencana pendukung lainnya jika Anda harus pindah karena gagal dalam tawar-menawar. Garis besarnya adalah jika anda mengontrak rumah, pastikan bahwa Anda meluangkan waktu untuk memantau hal-hal dasar di bursa jual beli rumah di Indonesia.

Mobilitas dan Kebebasan

Salah satu alasan utama seseorang lebih memilih untuk membeli rumah adalah kemungkinan yang dimiliki untuk membuat rumah tersebut sesuai dengan selera dan kepribadian mereka. Akan tetapi, Anda juga dapat memiliki kenyamanan dan kebebasan yang dimiliki rumah kontrakan dengan tetap menatanya sesuai dengan selera Anda. Anda tidak perlu merancang ulang bentuk asli dari sebuah rumah jika ingin mengubahnya sesuai dengan selera Anda. Contohnya, situs Home Designing menyarankan bahwa unsur kunci dalam desain yang dapat mengubah kesan pada suatu ruangan secara total adalah dengan menempatkan sofa. Ini adalah salah satu bentuk investasi yang mungkin saja mahal, tetapi akan lebih murah jika dibandingkan dengan hipotek. Mengontrak juga memberikan mobilitas yang lebih, jadi jika Anda hendak mencari pekerjaan lain atau pindah tempat tinggal, Anda akan dapat melakukannya tanpa menemui masalah.

Keunggulan bagi Warga Negara Asing

Jika anda adalah seorang warga negara asing dan belum begitu mengenal Indonesia tetapi tertarik untuk mencari Rumah, mengkontrak adalah pilihan yang tepat bagi Anda. Sebagai contoh, situs Jakarta Post melaporkan bahwa Indonesian sedang memasang penawaran untuk menarik perhatian penanam modal rumah hunian dari Australia, yang berarti bahwa sekarang adalah saat yang tepat untuk mulai mencari penawaran yang potensial. Akan tetapi, karena langkah ini baru saja dijalankan, mengontrak rumah untuk merasakan pengalaman berada daerah-daerah yang berbeda di Indonesia adalah hal yang ideal. Bergantung pada gaya hidup anda, berhuni sementara adalah hal yang masuk akal. Jika anda sudah siap untuk bertempat tinggal di satu tempat dan menemukan rumah impian Anda, maka lebih baik Anda melakukan pembelian rumah. Akan tetapi, jangan lupa untuk membayar hipotek dan suku bunga, sehingga Anda bisa menghuni dalam jangka yang panjang. Menjual suatu rumah jauh lebih sulit daripada kelihatannya dibandingkan dengan meninggalkan rumah pada akhir masa kontrak. Bagi Anda baik warga negara asing maupun penghuni tetap, Anda memiliki kebebasan yang lebih jika mengontrak rumah dibandingkan dengan membeli rumah.