Rabu, 01 Juni 2016

Pentingnya Makanan Sehat untuk Tubuh

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Tentu kamu ingat 'kan dengan pepatah itu. Untuk bisa mendapatkan jiwa yang kuat ternyata disyaratkan mempunyai tubuh yang sehat. Karena memang faktanya seperti itu. Misal nih contohnya kamu sedang sariawan, kamu akan terganggu saat makan. Dan tentu saja pikiranmu lebih cenderung emosi karena harus merasakan sakit tiap kali mau makan atau sariawan tersebut tersenggol sesuatu.


Omong-omong masalah tubuh yang sehat, tentu saja tidak luput dari apa yang sering kamu makan. Anggap saja tubuh kita adalah mesin, maka harus ada bahan yang bagus untuk diproses mesin tersebut. Jika bahan yang diproses berbahaya, maka bisa dipastikan mesin akan mengalami gangguan, atau parahnya mungkin bisa merusak fungsi mesin.

Lalu apa sih kriteria makanan yang sehat untuk tubuh kita? Ada beberapa contoh kriteria makanan yang sehat untuk tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa kriteria makanan sehat menurut Ngetik.com.

Bebas Pengawet Buatan

Apa sih makanan sekarang ini yang bebas pengawet buatan? Hampir-hampir tidak ada makanan yang bebas pengawet buatan yang beredar di pasaran saat ini. Bahkan, masakan di rumah masing-masing pun juga tidak lepas dari peran bahan pengawet buatan. Apalagi perasa dan penyedap, biasanya memakai penyedap instan yang itu tidak mungkin bebas bahan pengawet buatan.

Untuk mendapatkan makan bebas bahan pengawet, kamu harus memasak sendiri dan tentunya belanja sendiri untuk menentukan apa yang ingin kamu masak. Atau mungkin di kotamu ada penyedia masakan bebas bahan pengawet yang biasanya dipesan oleh orang yang menjalani program fitness.

Kebersihan Makanan

Pernahkah kamu diare gara-gara lupa cuci tangan? Atau mungkin yang memasakan makanan yang kamu makan tidak cuci tangan saat pembuatannya. Kebersihan makanan harus selalu diperhatikan saat proses pembuatan maupun saat penyajian. Jika kamu beli makanan di luar, biasanya kebersihan makanan ini tidak dapat kamu kontrol.

Jika kamu beli makanan di warung-warung pinggir jalan, kebersihan makanan kadang diabaikan. Untuk itu, sebelum kamu mampir ke warung, pastikan warung tersebut menjaga kebersihan warungnya. Jika kebersihan warungnya saja tidak diperhatikan, apalagi kebersihan makanannya.

Tidak Kedaluarsa

Pastikan saat kamu membeli makanan, lihat dulu label expired-nya. Biasanya sih makanan yang kedaluarsa memiliki bentuk yang aneh. Misal susu, jika kedaluarsa maka menggumpal. Selain bentuknya yang aneh, makanan yang kedaluarsa mengeluarkan bau yang khas dan warna yang berubah dari asalnya.

Jangan pernah merasa sayang dengan makanan yang sudah kedaluarsa. Jangan pikir harganya berapa yang terbuang. Namun, pikirkan jika itu kamu makan, lalu kamu sakit, maka biaya yang kamu keluarkan untuk berobat jauh lebih tinggi. Apalagi kamu akan merasakan rasa sakit sebagai bonus kecerobohanmu.

Itulah tiga kriteria makanan sehat menurut Ngetik.com. Kamu bisa menambahkan kriteria lainnya melalui komentar di bawah ini. Salam sehat!