Senin, 03 April 2017

3 Cemilan Sehat untuk Anak




Setelah melewati masa ASI eksklusif si kecil memang sudah mulai diperbolehkan memakan makanan pendamping ASI. Bunda dapat mulai memberikan MPASI berupa bubur yang tidak terlalu kental pada awal MPASI. Bunda dapat membuat MPASI sendiri maupun MPASI instan. Tapi ada baiknya jika Bunda memulai MPASI pertamanya dengan MPASI sendiri. Bunda dapat memberikan bubur dari tepunng Gasol yang dimasak dengan ASI. Tepung Gasol ini ada banyak jenis, Bunda tinggal pilih saja sesuai dengan kebutuhan.

Biasanya pada awal MPASI, si kecil lumrahnya diberikan bubur berupa serealia, atau bubur yang berbahan dasar dari biji-bijian seperti beras merah. Serealia diberikan pertama kali saat MPASI karena diklaim sangat minim terjadi alergi pada bayi. Meski tidak menutup kemungkinan ada juga bayi yang alergi dengan makanan ini. Untuk dapat mengetahui si kecil alergi atau tidak pada makanan yang Bunda berikan, perhatikannya bentuk fases si kecil. Jika fasesnya mendadak keras atau mengalami sembelit, bisa jadi tanda-tanda si kecil alergi dengan makanan pendamping ASI yang Bunda berikan.


Selain memberikan makanan utama pada si kecil, Bunda juga dapat memberikan cemilan sehat untuk anak. Mengenalkan cemilan ini selain berfungsi untuk memenuhi kebutuhan pangan si kecil dapat juga menjadi sarana untuk si kecil belajar makan sendiri. Berikut adalah beberapa cemilan sehat untuk anak.


Buah Potong
Mengenalkan si kecil rasa buah memang penting. Pasalnya buah mengandung banyak vitamin yang bagus untuk tubuh si kecil. Bunda dapat memberikan buah di waktu si kecil menyemil. Buah yang dapat Bunda berikan untuk si kecil dapat berupa pepaya, melon, semangka, apel atau buah-buah lainnya. Jangan lupa untuk memotong buah dengan potongan yang mudah digengam si kecil. Agar si kecil dapat memakan sendiri cemilannya dengan mudah.


Roti Panggang
Bagi anak yang memiliki berat badan di bawah rata-rata, memberikan cemilan yang mengandung karbohidrat dapat membantunya untuk menaikan berat badan. Bunda dapat memberikan cemilan berupa roti yang potong-potong kemudian dipanggang. Tetapi ingat jangan memanggangnya terlalu kering karena dapat melukai langit-langit mulut si kecil.


Biskuit Bayi
Jika Bunda tidak memiliki waktu yang cukup untuk membuat cemilan si kecil, Bunda dapat memberikan cemilan instan berupa biskuit bayi. Banyak sekali merk cemilan bayi instan yang dapat Bunda pilih. Bunda dapat mencoba membelinya sedikit terlebih dahulu. Karena biasnya si kecil mudah bosan dengan makanan yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar