Selasa, 26 September 2017

Iklan Google, Ternyata Pemasangannya Memiliki Seni Tersendiri

Iklan Google seperti Google Adwords adalah layanan iklan berbayar yang sengaja disediakan Google. Pasti Anda sudah tidak asing dengan Google bukan? Google merupakan salah satu mesin pen cari yang paling besar di dunia. Google sendiri menjadi tempat untuk menempatkan iklan usaha. Dengan menggunakan kata kunci yang berada di mesin pencari, nantinya Google akan memunculkan iklan yang sesuai dengan kata kunci tersebut. Dengan demikian , target iklan bisa lebih cepat dibandingkan dengan jenis yang lain.


Pada Google Adwords, kita dapat memasang iklan entah tulisan atau pun gambar. Membuat iklan dengan beberapa baris kata ini yang dari dulunya memiliki seni yang tidak diketahui oleh banyak orang. Tidak semua orang dapat merangkai kata mengajak mereka mengklik iklan tersebut. Walaupun singkat, namun kesulitan ketika merangkainya begitu tinggi. selain mempunyai nilai tersendiri. Penulisan ini tentu harus mewakili iklan tersebut. Jika tidak mewakili iklan, target iklan bisa meleset dibandingkan dengan target awal yang di ingini.

Namun, sebelum kita menginjak pada seni iklan Google, lebih baik kita mengenal beberapa kebijakan yang dimiliki oleh Google Adwords dalam iklan teks.

Terdapat beberapa perhatian sebelum kita menulis iklan di google, antara lain:

  1. Judul iklan. Judul yang diperbolehkan hanya 25 karakter dan sudah termasuk spasi,
  2. Untuk isi iklan, di isi dengan 2 baris, atau hanya boleh di isi dengan 35 karakter,
  3. Untuk display URL yang akan memunculkan link ke web kita hanya boleh di isi sebanyak 35 karakter termasuk spasi.


Saat Anda sudah mengetahui pengetahuan dasar dalam memasang iklan, harus diperhatikan dengan baik ada beberapa tips untuk membuat teks di dalam iklan. Pertama, memperhatikan relevansi. Agar iklan sesuai dengan sasaran, Anda harus benar-benar memperhatikan relevansi. Relevansi harus dipertahankan dari isi teks, adgroup hingga kata kunci. Dengan demikian iklan akan sesuai dengan target yang diinginkan. Agar semakin mempermudah pemahamannya, Anda bisa memperhatikan contoh berikut. Anda sekarang ini sedang menjual baju renang, Anda bisa membuat 1 grup kata kunci yang berisi mengenai baju renang, setelahnya iklan harus sesuai dengan kata kunci tersebut.

Kedua, informasi harus sesuai dengan sasaran. Sebagai sebuah media promosi, hal ini menjadi jendela pertama memberi informasi pada pembeli. Dengan informasi singkat namun jelas, jangan sampai kita malah membuat pembeli menjadi kebingungan. Tulis beberapa hal penting seperti keunikan produk hingga keunggulan produk dibandingkan dengan yang lain. Informasi yang dapat kita masukkan juga seperti benefit dari penggunaan produk, detail dari produk atau promo seperti bebas ongkos kiri, bahkan keunggulan produk dibandingkan dengan yang lainnya.

Ketiga, persuasi. Iklan online yang pas terdapat beberapa pesan persuasif di dalamnya, dengan kata lain, saat kita mengklik iklan tersebut, pembeli bisa terajak untuk melakukan aksi yang berikutnya yakni melakukan pembelian barang. Agar semakin memudahkan pemahaman, contohnya seperti "potongan Rp 29 ribu per baju untuk pembelian hari ini". Jangan lupa untuk rajin melakukan rotasi iklan, perhatikan seperti apa performa dari setiap iklan, sesudah satu minggu, Anda bisa melihat performa iklan dengan baik. jika iklan memiliki performa yang kurang baik, Anda bisa langsung menggantinya. Memasang iklan Google di toko online kita memang tidak semudah seperti kelihatannya, namun dengan berusaha melakukan pemasangan dengan baik, kita bisa mencapai target penjualan yang kita inginkan. Jika hari ini Anda belum bisa mencapai target penjualan, Anda bisa mencobanya esok hari.

1 komentar:

  1. Aku msh blm pakai adwords
    Masih belajar dan blm paham2, hahaha

    BalasHapus