Sticky Post

Peralatan Olahraga Yang Bisa Dibeli di Bukalapak

Senin, 18 Desember 2017

Kapan Harus Memilih Cicilan Tanpa Kartu Kredit?

Cicilan tanpa kartu kredit kadang memang melenakan. Meskipun memiliki banyak kemudahan mulai dari bebas biaya admin, proses mudah tanpa DP apalagi tanpa harus menunjukkan kartu kredit, namun ada baiknya kamu memerhatikan beberapa hal sebelum memutuskan mengambil cicilan tanpa kartu kredit.


Pertama, pastikan lebih dulu bahwa bunga yang dibayarkan sudah kamu ketahui sebelumnya. Kedua, jangan memaksakan diluar batas kemampuan keuangan. Terakhir, pastikan bahwa cicilan tersebut digunakan untuk utang produktif agar bisa lebih bermanfaat dibandingkan digunakan untuk utang konsumtif.

Beberapa pakar perencana keuangan menganjurkan agar jumlah cicilan idealnya tidak lebih dari 30 persen dari pendapatan tetap. Jika belum memiliki pendapatan tetap biasanya analis akan melihat cashflow melalui rekening koran selama tiga bulan terakhir.

Lalu, pertanyaannya kapan kamu harus mengajukan atau memilih cicilan tanpa kartu kredit?

1 . Kondisi Darurat

Saat kondisi darurat memang apapun perlu dilakukan misalnya ketika ada keluarga yang sakit atau kecelakaan dan membutuhkan bantuan segera. Meskipun pinjaman seperti ini bukan pinjaman produktif, namun dalam kondisi darurat sebisa mungkin yang perlu dipikirkan adalah menyelamatkan satu nyawa.

Cicilan tanpa kartu kredit untuk kondisi darurat bisa dimaklumi meskipun sebaiknya dipilih sebagai salah satu opsi terakhir. Meskipun begitu kondisi darurat tidak hanya terkait dengan penyakit dan kecelakaan saja. Bisa juga berkaitan dengan yang lain misalnya harus membayar SPP sekolah jelang ujian agar tetap bisa mengikuti ujian tanpa hambatan.

2 . Menunjang Pekerjaan

Jika kamu membutuhkan kamera, laptop atau handphone baru yang benar benar menunjang pekerjaan kamu, tidak perlu ragu untuk mengajukan cicilan tanpa kartu kredit. Karena barang barang yang kamu beli untuk menunjang pekerjaan sifatnya tidak berbeda jauh dengan investasi.

Pilih barang barang yang harganya stabil atau setidaknya punya layanan purna jual yang baik sehingga jika dijual kembali dalam kondisi bekas tetap masih memiliki harga yang tinggi. Barang barang elektronik memang memiliki penyusutan harga yang tinggi bisa sampai 30 persen. Namun untuk merek merek tertentu biasanya tetap masih bisa dijual dengan harga tinggi asalkan masih dalam kondisi yang sangat baik.

3. Belum memiliki kartu kredit

Kepemilikan kartu kredit memang sangar menguntungkan jika tahu cara memakainya. Namun, jangan pernah mengambil atau mengajukan kartu kredur jika tidak bisa mempergunakannya dengan bijaksana.

Jika kamu belum memiliki kartu kredit tapi harus membeli barang elektronik yang bisa menunjang pekerjaan kamu, barulah kamu bisa mengajukan cicilan tanpa kartu kredit. Banyak produk kredit instan online yang tidak menjadikan kartu kredit sebagai prasyarat untuk mengajukan cicilan.

4. DP tidak cukup

Salah satu alasan kapan kamu harus menunjukkan cicilan tanpa kartu kredit adalah ketika kamu ingin mencicil barang barang dengan syarat yang mudah namun belum memiliki DP yang cukup. Biasanya kredit atau pengajuan cicilan membutuhkan beberapa prasyarat khusus seperti down payment atau uang muka. Uang muka biasanya ditentukan antara 10% sampai dengan 30% tergantung kebijakan lembaga pembiayaan.

Namun tidak bisa dipungkiri jika down payment memang cukup memberatkan. Ketahui bahwa cicilan tanpa kartu kredit yang tidak mensyaratkan DP biasanya memiliki bunga yang lebih besar dibandingkan cicilan yang mensyaratkan dengan mengajukan DP terlebih dahulu, yang jelas pasti masing masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

5. Kemudahan pengajuan cicilan tanpa kartu kredit secara online

Jika sudah punya alasan tepat untuk membeli sebuah barang dan tidak bisa ditunda lagi, kamu bisa mengajukan cicilan tanpa kartu kredit seperti Kredivo. Pengajuan sangat mudab tanpa harua datang dan bisa dilakukan secara online dalam 3 langkah mudah.

1 kali klik untuk pendaftaran dan dua langkah untuk membeli barang yang kamu butuhkan. Pastikan bahwa barang yang kamu beli, harganya sudah sesuai dengan yang kamu bayarkan. Catat kapan tenggat waktu cicilan harus dibayarkan dan jumlah cicilan sebelum batas waktu yang sudah disepakati.

Jika kamu mengajukan cicilan tanpa kartu kredit, semua dilakukan secara transparan. Barang impian kamu bisa dicicil dengan tenor mulai dari 30 hari tanpa bunga, 3,6 dan 12 bulan dengan bunga 2.95%. Untuk itu pastikan dengan bijak dan matang sebelum mengajukan cicilan tanpa kartu kredit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar