Sticky Post

Spesifikasi dan Daftar Harga LG G 2019

Selasa, 22 Januari 2019

5 Cara Menghemat Paket Internet Kartu Perdana



Di zaman modern seperti sekarang ini, hidup tanpa gadget merupakan hal yang cukup mustahil untuk kebanyakan orang. Kehadiran gadget bisa dibilang telah memberikan banyak kemudahan. Hanya dengan satu genggaman saja, kita dapat melakukan apapun tanpa harus beranjak dari tempat duduk. Semua bisa selesai dengan mudah, karena yang diperlukan hanyalah koneksi internet saja. Ketergantungan orang pada koneksi internet membuat pengeluaran membeli pulsa menjadi membengkak, khususnya untuk orang-orang yang aktif di sosial media dan lainnya. Penggunaan pulsa internet pada kartu perdana tentunya akan berdampak cukup besar pada keuangan, bila Anda tidak tahu cara menghematnya. Untuk itu, segera atasi masalah boros pulsa itu dengan melakukan beberapa tips di bawah ini.

1. Aktifkan Hanya Saat Diperlukan
Kebiasaan banyak orang ketikan menggunakan gadget, khususnya smartphone adalah mengaktifkan mode pemakaian data setiap saat. Ketika smartphone Anda dalam mode pemakaian data, maka tentunya ada sejumlah kuota internet yang terpakai, walaupun Anda sedang tidak menggunakannya. Untuk itu, jika Anda ingin menghemat kuota internet kartu perdana Anda, sebaiknya bijaklah dalam mengatur kapan Anda harus mengaktifkan mode data dan kapan harus tidak mengaktifkannya.

Hal yang harus diperhatikan adalah, Anda tidak selalu harus terhubung dengan internet, mengingat Anda tentunya tidak setiap saat chatting, browsing, atau bermain, bukan? Selain itu, mode data yang selalu aktif juga berisiko mengganggu konsentrasi Anda, apalagi ketika bekerja.

2. Pilih Paket Sesuai Pemakaian
Walaupun semua orang sama-sama menggunakan internet, namun setiap orang memiliki cara penggunaan yang berbeda. Ada yang menggunakan internet lebih banyak untuk keperluan chatting dan ada juga yang lebih banyak untuk keperluan browsing. Untuk itu, sebelum membeli kartu perdana paket internet, sebaiknya sesuaikan dengan kebiasaan dan keperluan pemakaian internet pada gadget Anda. Jika Anda gemar bermain game online, sebaiknya beli paket internet yang tidak terbatas atau unlimited. Agar ketika bermain game, Anda tidak mengalami kuota bisa habis tiba-tiba dan berakhir pada penggunaan tarif internet normal yang sangat mahal.

3. Perhatikan Sinyal Di Lokasi
Kadang kala ada beberapa lokasi tertentu yang sulit mendapatkan sinyal. Tentu saja hal ini menyebalkan. Namun selain itu, kondisi tersebut juga membuat pemakaian kuota internet di gadget Anda menjadi boros. Ketika gadget dalam mode data aktif, maka ia akan selalu berusaha mencari sinyal. Alhasil, pemakaian kuota internet untuk hal yang tidak perlu pun terjadi. Maka dari itu, saat Anda berada di lokasi yang susah sinyal, ada baiknya non-aktifkan dulu mode data gadget Anda. Dengan demikian, Anda  bisa menjadi hemat pulsa dan juga hemat baterai.

4. Matikan Fitur Auto-Sync
Tidak banyak yang tahu bahwa fitur auto-sync pada gadget berfungsi untuk memperbaharui email terbaru secara otomatis. Memang fitur ini memudahkan Anda dalam mendapatkan notifikasi ketika ada email baru yang masuk. Namun, rupanya fitur ini juga membuat pemakaian kuota internet kartu perdana Anda jadi boros. Pasalnya gadget akan selalu melakukan update setiap beberapa saat dan tentu saja itu akan memakan kuota internet Anda. Untuk itu, lebih baik Anda mematikan fitur auto-sync ini dan meng-update email baru secara manual.

5. Manfaatkan WiFi 
Kini sudah banyak tempat yang menyediakan fasilitas WiFi secara gratis. Jika Anda dalam program menghemat kuota internet, maka fasilitas WiFi gratis ini harus Anda manfaatkan. Selain itu, fasilitas WiFi juga bisa Anda manfaatkan untuk meng-install update terbaru di gadget dan men-download video misalnya. Pasalnya dua aktivitas ini akan sangat membuat kuota internet boros jika dilakukan dengan data sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar