Selasa, 15 Januari 2019

5 Cara Tepat Memilih Sparepart Motor Asli



Sparepart adalah bagian terpenting yang sepantasnya membutuhkan perawatan khusus dari pemilik motor. Saat ini sudah banyak spare part palsu yang beredar dan tak jarang menipu orang. Untuk itu, dibutuhkan informasi mengenai bagaimana cara memilih komponen motor ini karena bisa saja Anda  pergi ke toko onderdil motor tanpa tahu seluk-beluknya dan justru berakhir merugi.  Di bawah ini ada beberapa hal mendasar yang perlu Anda ketahui dalam memilih spare part berkualitas:

Beli di Toko Resmi 
Langkah ini adalah paling mendasar yang perlu Anda lakukan. Usahakan untuk membeli sparepart untuk motor di toko resmi. Misalnya Anda menggunakan motor Yamaha, lebih baik Anda membeli onderdil di penjual resmi. Memang betul Anda bisa mendapatkan barang asli dengan harga yang lebih murah jika membeli di toko tidak resmi, namun risiko Anda salah memilih komponen akan lebih tinggi jika dibanding membelinya di toko resmi.

Kemasan Produk
Ketika Anda terpaksa membelinya di toko tidak resmi, hal yang perlu Anda lakukan adalah mengenali kemasannya terlebih dahulu. Umumnya, kemasan spare part asli dan palsu sangatlah berbeda serta mudah dikenali. Yang asli biasanya memiliki kemasan yang bagus dan berkualitas, jauh berbeda dengan yang palsu memiliki kemasan atau bungkus yang tidak baik atau mencurigakan.

Harga Produk 
Selain itu, parameter paling mudah untuk mendapatkan sparepart asli adalah dari harganya. Produk asli yang memiliki kualitas sangat tinggi akan sejalan dengan harganya yang juga mahal, namun untuk produk palsu yang dibuat dengan asal-asalan di banderol dengan harga yang terbilang murah.

Lihat Garansi 
Bila membeli produk asli, pastikan produk tersebut memiliki garansi pabrik. Sedangkan untuk produk palsu, Anda hanya akan mendapatkan garansi toko atau garansi distributor saja. Untuk itu, hindari jensi sparepart dengan sistem garansi seperti ini.

Servis ke Bengkel Resmi 
Selanjutnya cara yang tidak kalah mudahnya untuk menghindari penggunaan produk asli adalah dengan melakukan servis ke bengkel resmi. Pasalnya bengkel resmi tidak akan menggunakan onderdil abal-abal alias palsu. Tidak heran mengapa servis di bengkel resmi harganya jauh lebih mahal dari servis di bengkel tidak resmi.

Bagi Anda yang memiliki kendaraan Yamaha, berikut ini ada beberapa sparepart asli yang direkomendasikan untuk Anda:

1. YGP Yamaha Genuine Parts. 
Untuk menjaga kualitas motor, sangat dianjurkan menggunakan suku cadang asli Yamaha. Suku cadang asli dari Yamaha Genuine Parts, misalnya battery AKI EF 7200 E, EF 2600 FW, EF 4000 FW, EF 5500 EFW, EF 12000 E, EF 14000 E dan lainnya.

2. Yamalube oli motor
Dalam penggunaan oli untuk motor Yamaha, sangat direkomendasikan menggunakan Yamalube oil atau oli Yamalube. Dengan oli Yamalube, tingkat viskositas akan disesuaikan dengan kebutuhan mesin motor Yamaha sehingga motor lebih awet, irit namun tetap bertenaga. Yamalube terdiri dari Matic Oil, Sport Oil, Moped Oli, dan Chemical.

3. Helm
Helm motor produksi Yamaha Indonesia mengusung konsep Clean, Safety and Comfort. Mengapa Clean karena bagian dalam helm dapat dicuci sehingga tetap bersih, Safety karena helm Yamaha memberikan perlindungan penuh pada penggunanya berdasarkan standar SNI-2007 dan Comfort karena desainnya helm Yamaha yang akan selalu membuat penggunanya nyaman dalam berkendara. Selain itu, Yamaha juga menyediakan beberapa model helm yang keren, seperti model helm MTX, helm R-Concept, helm Extreme, helm Ranger, helm Fighter, Swirl, CLS, dan model UNO.

4. Apparel Resmi Yamaha
Beberapa apparel motor Yamaha di Indonesia yang sangat direkomendasikan hadir dalam berbagai model dan ukuran. Beberapa di antaranya adalah jaket, kaos, topi dan sarung tangan dengan berbagai model, seperti  R-Concept, 46 I ASIA, Basic, MAXI dan beberapa merchandise seperti gantungan kunci.

5. Aksesoris Resmi Yamaha Indonesia 
Beberapa aksesoris resmi Yamaha yang paling direkomendasikan untuk Anda adalah plug and play yang sangat mudah dipasang tanpa perlu mengubah dudukan di motor Anda. Selain itu, terdapat pula aksesoris X-Ride, aksesoris New Vixion dan aksesoris Fino.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar