Rabu, 18 September 2019

Mengenal Ball Bearing dan Beberapa Fungsinya

Apakah Anda pernah mendengar dengan istilah bearing? Bagi Anda yang bekerja di industri otomotif, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut karena mudah ditemukan dalam peralatan-peralatan otomotifnya. Peralatan bearing merupakan komponen yang sudah sangat umum digunakan yang juga dipakai di peralatan rumah tangga. Komponen yang tidak jarang digunakan yaitu ball bearing.


Tidak sulit Anda mencari komponen peralatan tersebut, baik di dalam industri otomotif maupun peralatan rumah tangga. Jika dilihat secara lebih dekat, cara kerjanya benar-benar cukup simple tapi kalau Anda melihatnya lebih dalam lagi, gerakan berputarnya ternyata cukup ribet. Mungkin untuk orang awam sendiri, cara kerja jenis bearing ini akan terlihat memusingkan.

Padahal kalau Anda dapat mengenalnya lebih jauh, Anda pasti akan semakin mengerti bahwa ball bearing ini mampu mengangkat beban, baik itu dengan cara berputar maupun beban bertekanan yang bisa saja dari samping.

Sudah banyak pengujian yang sudah dilakukan oleh para ahli. Jenis bearing yang satu ini memiliki kemampuan yang sangat bagus dalam mengangkat beban-beban yang berat. Namun, tetap saja, meskipun baik dalam mengangkat segala beban, Anda tidak perlu memaksanya karena akan merusak komponennya.

Terdapat beberapa fungsi ball bearing yang perlu Anda ketahui agar lebih mengenal komponen tersebut. Berikut beberapa di antaranya.

1. Kereta dorong

Kereta dorong merupakan alat yang tidak jarang lagi Anda temukan di kehidupan sehari-hari. Terdapat berbagai macam kereta dorong yang sangat umum digunakan, yakni untuk membawa bayi maupun yang membawa barang-barang, seperti belanjaan dan sebagainya. Dengan adanya kereta tersebut, Anda pasti mudah membawa bayi maupun barang-barang tanpa harus membawanya langsung dengan tangan, bukan?

Pastinya di balik kemudahan tersebut terdapat komponen jenis ball bearing agar Anda mudah mendorong keretanya. Cara atau pun konsep kerjanya sangat mudah, yaitu saat 2 benda saling bergesekan satu sama lainnya, nantinya gerakan yang akan dihasilkan berubah menjadi menggelinding. Dalam hal tersebut, dapat dikatakan kalau jenis bearing ini akan membuat kereta dorong bisa disesuaikan kecepatannya sesuai dengan kekuatan yang mendorongnya.

2. Kendaraan bermotor

Selain kereta dorong, fungsi lainnya yaitu pada kendaraan bermotor. Dengan bentuknya yang melingkar, bearing ini juga tidak kalah bermanfaatnya untuk kendaraan bermotor. Namun, penggunaannya nantinya akan mempengaruhi beberapa hal, salah satunya adalah bahan bakarnya. Jika bantalan bolanya yang terpasang berkualitas dan masih sangat baik, bahan bakar yang nantinya digunakan akan irit.

Berbeda lagi jika bantalan yang dipakainya kurang baik atau tidak berkualitas, maka bahan bakarnya justru akan semakin cepat boros. Dengan kualitas tersebut, tentu saja membuat Anda harus terlalu sering mengisi bahan bakarnya. Karena itulah, pastikan Anda memilih bantalan bola yang berkualitas dan bagus.

3. Mesin industri

Fungsi terakhir dari ball bearing yaitu pada mesin industri. Jika Anda termasuk orang yang bekerja di bidang industri, pastinya tidak akan asing dengan komponen bearing tersebut. Bantalan bola memang tidak pernah terlepas dari segala peralatan-peralatan mesin industri.

Kenapa harus diberikan jenis bearing ini? Tentu saja agar mesin-mesinnya memiliki kecepatan yang diinginkan untuk mengejar pemesanan produk yang sudah ditentukan. Dalam hal ini, dapat dikatakan kalau bantalan bola benar-benar sangat berfungsi untuk mempercepat kinerja mesinnya. Tapi tidak hanya mempercepat sistem kerjanya saja, karena hasil produksinya nanti akan semakin lebih bagus dan menjanjikan.

Ball bearing sangat mudah Anda temukan di berbagai toko-toko material, termasuk di toko online logam-makmur.com. Mereka sudah menyediakan berbagai macam bearing yang dapat Anda pilih dan harganya pun juga kompetitif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar