Minggu, 03 November 2019

Panduan Menanam Bawang Merah Di Polybag, Praktis dan Mudah



Budidaya bawang merah tiap tahunnya selalu berkembang. Banyaknya permintaan akan stok bawang merah menjadikan budidaya tanaman ini memiliki prospek yang sangat bagus. Tak heran banyak sekali teknik penanaman yang berkembang. Namun tahukah bahwa ada panduan menanam bawang merah di polybag?

Teknik penanaman ini terbilang sudah lama ada namun belum sepenuhnya diterapkan. Polybag merupakan media tanam yang banyak digunakan karena kepraktisannya. Selain itu, menggunakan polybag sebagai media tanam sangat cocok digunakan untuk Anda yang terkendala pada lahan. Berikut langkah-langkahnya:

Siapkan media tanam
Untuk media tanam Anda bisa menggunakan tanah dengan tekstur gembur agar sirkulasi udara berjalan lancar. Di samping itu, Anda juga harus menyiapkan pupuk kandang atau kompos. Selanjutnya tanah dan pupuk dicampur menjadi satu dengan perbandingan 2 : 1 (2 untuk tanah dan 1 untuk pupuk). Setelah semua tercampur masukkan campuran ke dalam polybag. Setelah itu siram tanah dengan air secukupnya dan diamkan selama 1 hari.

Siapkan bibit bawang merah
Bibit bawang merah yang baik adalah bibit yang berukuran 1,5 x 2 cm dengan kisaran umur 2-4 bulan. Pastikan bibit bawang merah sudah muncul sedikit akar. Sebelum penanaman potong sedikit bagian bibit dengan tujuan untuk merangsang tumbuhnya anakan. Pastikan bekas potongan kering sebelum akhirnya dibenamkan ke dalam tanah untuk menghindari pembusukan.

Penanaman bibit bawang merah
Sebelum menanam, buatlah lubang di dalam polybag dengan kedalaman kira-kira setinggi bibit umbi. Langkah selanjutnya benamkan bibit ke dalam tanah dan pastikan ujung umbi terlihat di permukaan. Untuk polybag berukuran 40 x 35 cm bisa Anda tanami sebanyak 3 sampai 4 bibit.

Perawatan tanaman bawang merah
Untuk perawatan tanaman bawang merah ini cukup mudah. Anda hanya harus melakukan penyiraman secara rutin agar tanah tetap dalam kondisi lembab. Pastikan tanah hanya lembab, tidak basah atau terlalu banyak air karena jika terjadi akan memungkinkan bawang merah cepat membusuk. Lakukan penyiraman ini sampai tanaman berumur kira-kira 50 hari atau 10 hari sebelum panen.

Selain penyiraman, Anda juga harus melakukan penyiangan dengan mencabut tanaman gulma atau pengganggu jika ada. Selain dengan mencabut, Anda juga bisa menambah sedikit pupuk untuk menambah unsur hara tanah sekaligus untuk mengendalikan hama. Pupuk tambahan ini bisa pupuk kandang atau pestisida nabati.

Masa panen
Bawang merah siap panen adalah bawang dengan umur sekitar 55- 60 hari dari masa awal tanam. Ciri-ciri bawang merah siap panen adalah daunnya sudah layu dan menguning dan pada umbinya tersembul ke permukaan dengan batang yang roboh.

Itulah ulasan singkat mengenai panduan menanam bawang merah di polybag. Panduan ini terbilang sangat mudah diterapkan dimanapun Anda tinggal. Setidaknya dengan menanam bawang merah sendiri, Anda bisa mencukupi kebutuhan dapur anda sendiri sehingga pengeluaran dapat terkendali.
Ada banyak sekali ulasan mengenai cara budidaya tanaman lain salah satunya cara menanam pohon cabai yang mudah dengan hasil yang menjanjikan. Semoga bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar