Kamis, 05 Desember 2019

Jual Ban Loader: Panduan Memilih Ban Loader Terbaik untuk Alat Berat Anda


Loader adalah alat berat yang sangat penting terutama untuk membangun konstruksi infrastruktur ataupun untuk aktivitas berat yang lain. Salah satu bagian dari Loader yang penting adalah ban loadernya. Ban loader sendiri adalah salah satu investasi yang sangat penting mengingat harganya yang tidak murah. Oleh karena itu, memahami cara yang tepat dalam memilih ban loader di tempat jual ban loader sangatlah penting.

Tips Memilih Ban Loader untuk Alat Berat
Ban untuk alat berat tidak boleh dipilih sembarangan karena memang harganya lebih mahal. Anda juga tidak bisa membelinya di sembarang tempat. Di tempat jual ban traktor, tentu akan dijual ban untuk traktor dan tidak menjual ban untuk forklift. Berikut adalah panduan untuk membeli ban loader yang benar:

1. Pilih sesuai dengan medan yang dilalui
Ada berbagai jenis medan yang bisa dilalui oleh suatu kendaraan alat berat. Untuk itu, sebagai pemilik loader, sangat penting untuk menentukan fungsi serta kegunaan dari loader yang Anda miliki. Menentukan fungsi ini akan sangat berpengaruh salah satunya kepada jenis ban yang dipilih.

Misalnya saja untuk medan yang berpasir maupun berumput, ada jenis ban yang sesuai untuk loader yakni ban halus. Sementara untuk kendaraan yang akan melewati medan dari beton, maka akan lebih baik memilih ban selip yang berukuran besar. Selanjutnya untuk medan traksi akan lebih baik memilih ban lug karena memiliki kemampuan membersihkan dirinya sendiri dan cocok dipakai di permukaan beton.

2. Pilih yang Stabilitasnya Baik
Kendaraan alat berat tentu membutuhkan keahlian sendiri dalam mengendarainya. Kendaraan ini membutuhkan dukungan dari ban yang memiliki stabilitas maupun traksi yang baik dan optimal. selain untuk keselamatan, stabilitas yang optimal dan traksi yang baik juga dapat membantu menurunkan biaya penggunaan bahan bakar.

Salah satu jenis ban alat berat yang baik dipilih adalah ban radial. Ban ini memang memerlukan biaya awal yang cukup mahal (up-front cost), namun selanjutnya biaya sebenarnya lebih murah karena lebih tahan lama. Selain itu, kemampuan menurunkan biaya konsumsi bahan bakar juga turut membantu menurunkan biaya operasi.

3. Pilih Ban Bias untuk Area Berkerikil
Jika loader Anda digunakan pada medan yang berkerikil serta memiliki lubang dimana-mana, maka akan lebih baik menggunakan ban jenis bias. Ban ini memiliki jarak tempuh yang lebih pendek sehingga risiko kerusakan di bagian samping dinding ban loader akibat area tambang berkerikil dapat menurun.

Sangat penting untuk melihat jenis medan dimana loader Anda akan digunakan. Hal ini sangat terkait dengan ban yang bisa digunakan. Patut dipahami bahwa setiap ban didesain agar cocok untuk digunakan di tempat tertentu. Anda bisa berkonsultasi hal ini di tempat jual ban loader agar mendapat ban yang cocok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar