Pentingnya Menggunakan Jasa Web Hosting Terbaik dan Berkualitas

Saat ini penyedia jasa cloud hosting Indonesia telah menggunakan sistem dan jaringan terbaik. Setidaknya, ada jaminan bagi setiap pelanggan manakala terjadi masalah terkait operasional website dengan hosting. Setiap pihak yang menggunakan website sebagai media utama di ruang maya wajib menggunakan web hosting terbaik. Yang dimaksud di sini adalah hosting berkualitas termasuk rangkaian dukungan dari pihak jasa yang menyediakannya.


Hosting dan Operasional Website

Mengapa masalah hosting begitu penting dalam operasional website? Mungkin masih banyak orang yang kurang tahu perihal apa yang sebetulnya disebut sebagai hosting. Bahkan ada juga yang malah menganggapnya sama dengan domain. Domain adalah nama dari alamat situs yang akan dibuat. Nama dari domain itulah yang sekaligus menjadi tautan untuk diakses oleh setiap pengguna internet. Sedangkan hosting adalah semacam media yang memiliki kapasitas untuk menyimpan berbagai data untuk operasional website tersebut.

Berbeda dengan domain gratisan yang sering dipakai seperti Wordpress atau Blogspot. Penyimpanan semua data di dalam operasional blog sudah tersambung secara otomatis. Misalnya jika menggunakan Blogspot, yang dipakai sebagai ruang penyimpanan adalah Google Drive. Untuk pemakaian profesional misalnya bisnis atau kepentingan lainnya, pemakaian domain pribadi jelas lebih direkomendasikan. Namun pemakaian itu masih harus ditunjang oleh kapasitas hosting yang memadai. Di situlah letak pentingnya hosting sebagai bagian tak terpisahkan dari dunia website.

Web Hosting dengan Kapasitas Besar

Hosting pun tak bisa dipilih sembarangan. Rata-rata harga yang ditawarkan memang cukup bervariasi. Semakin besar kapasitasnya, maka harganya kian tinggi. Umumnya, saat melakukan pembelian domain website sudah ditawarkan dengan paket hosting tertentu. Ada yang diperpanjang secara bulanan, tiga bulanan, hingga per tahun. Kalau ingin menghemat anggaran hosting, biaya yang dipilih bisa dipertimbangkan terlebih dahulu.

Kadang, orang yang baru pertamakalinya melakukan pembelian domain dan hosting tidak mempertimbangkan terlebih dahulu bagaimana kelak ia akan mengoperasikan website yang dikelola. Akibatnya adalah kapasitas hosting yang cepat penuh sementara durasi perpanjangan masih lama. Mau tak mau ia harus membeli hosting lagi supaya bisa kembali menggunakan website itu.

Untuk mengatasi masalah semacam itu, dibutuhkan pertimbangan yang tepat ketika akan membeli hosting. Sesuaikan dengan apa tujuan dan fungsi dari website yang akan dipakai itu. Contohnya, jika hendak menggunakan website toko online, hosting yang akan digunakan jelas berkapasitas besar. Apalagi jika akan mengunggah banyak file besar seperti gambar secara terus menerus. Untuk lebih menghemat, silakan cari paket pembuatan website toko online lengkap dengan penawaran hosting yang disediakan. Namun jika website yang akan digunakan itu cenderung berisi tulisan dan tidak mengunggah banyak file ukuran besar, gunakan saja hosting dengan kapasitas minimal.

Jaminan Keamanan Web Hosting dan Jaringan

Web hosting yang digunakan pun harus aman alias selalu terlindungi privasinya. Sebagian kasus pembobolan data website disebabkan oleh jaringan yang kurang aman sehingga isinya pun bisa dibocorkan. Masalah jaringan keamanan website memang kurang begitu dipahami oleh para pengelolanya karena rata-rata berpikir bahwa urusan pembelian domain dan hosting saja sudah cukup.

Sangat disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu pada jasa penyedia domain dan hosting. Dengan memahami setiap aturan, rincian, serta risikonya, niscaya bisa mendapatkan hosting terbaik. Kalau sudah memiliki hosting yang dijamin oleh sistem keamanan terpercaya, kelancaran operasional website tak perlu diragukan lagi. Terlebih jika hendak memakainya untuk kepentingan bisnis profesional dengan skema rancangan yang lebih canggih.


Kesimpulan

Apabila anda mencari penyedia web hosting terbaik kami merekomendasikan DomaiNesia. Berdiri sejak tahun 2009, DomaiNesia merupakan perusahaan yang menawarkan layanan registrasi nama domain, web hosting, dan layanan web yang berfokus terhadap kualitas layanan tanpa mengesampingkan efisiensi biaya. Layanan di DomaiNesia juga telah didukung fitur - fitur pendukung terbaik seperi Teknologi SSD, Instant Deploy, Backup Harian, dll. Selain itu DomaiNesia juga telah melayani lebih dari 18.000 customer dari seluruh penjuru Indonesia dan mancanegara.