Jumat, 07 Juni 2019

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Ampuh dengan Mudah



Ketombe merupakan serpihan kulit kepala warna putih. Serpihan ini begitu mudah terlihat serta jatuh ke bahu. Walaupun ketombe tak menular, memiliki ketombe biasanya akan menurunkan rasa percaya diri. Penyebab dari masalah rambut ini adalah kerontokan sel kulit kepala yang cepat, hal tersebut dapat disebabkan kelenjar penghasil minyak kulit kepala, sehingga kulit kepala banyak memproduksi minyak. Lantas, bagaimana cara menghilangkan ketombe?

Gejala Ketombe

Seseorang yang memiliki ketombe biasanya merasakan gejala kulit kepala terasa gatal. Selain itu ada beberapa gejala seseorang memiliki ketombe, antara lain:

    • Ketombe dalam jumlah banyak serta menimbulkan rasa gatal di kulit kepala
    • Kulit kepala menjadi bengkak dan merah
    • Ketombe tak kunjung membaik walaupun sudah menggunakan sampo antiketombe
    • Menyebar hingga ke bagian tubuh lainnya seperti di bagian hidung, alis, telinga, serta cambang,
    • Rambut menjadi lebih mudah rontok.

Tips Menghilangkan Ketombe

Berikut beberapa cara menghilangkan ketombe yang dapat Anda lakukan, antara lain:

    • Mencuci rambut setiap hari dengan menggunakan sampo antiketombe,
    • Hindari mengkonsumsi makanan yang tinggi pedas, kandungan gula dan garam,
    • Batasi penggunaan gel serta hairspray pada rambut,
    • Kelola stress
    • Konsumsi berbagai macam makanan yang memiliki kandungan keju, telur, vitamin B dan ikan.

Cara Menghilangkan Ketombe secara Alami 

Selain cara di atas, untuk mengurangi ketombe secara maksimal, Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami, seperti:

    1. Minyak kelapa
Memiliki kemampuan untuk mencukupi cairan kulit dengan baik, minyak kelapa bisa Anda manfaatkan untuk menjaga kelembapan kulit. Untuk mengaplikasikan minyak kelapa, Anda hanya perlu mengoleskan minyak ke kulit, diamkan selama 20 menit, lakukan pencucian secara rutin selama 2 bulan agar mendapatkan hasil yang optimal.

    2. Soda kue
Cara lain untuk menghilangkan ketombe adalah menggunakan soda kue. Cara pengaplikasian soda kue ini sangat mudah. Anda hanya perlu menggunakan soda kue di rambut yang sudah dibasahi air, biarkan selama 2 menit sebelum keramas. Soda kue bisa membantu menghilangkan ketombe karena kandungan anti jamur yang dimilikinya. Sehingga, masalah gatal serta ketombe dapat teratasi bila Anda melakukan perawatan ini dengan rutin.

    3. Lidah buaya
Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi, sifat tersebut disebabkan karena kandungan asam lemak yang berada di dalamnya. Degan sifat antiinflamasi ini, peradangan kulit kepala yang disebabkan karena munculnya ketombe bisa ditekan. Jika Anda ingin menggunakan lidah buaya sebagai penghilang ketombe, Anda dapat mengoleskan gelnya di kulit kepala. Diamkan kurang lebih selama 1 jam, lakukan cara ini secara rutin agar memperoleh hasil yang maksimal.

    4. Cuka apel
Walaupun belum terdapat penelitian lebih lanjut mengenai kandungan cuka apel yang dapat mengatasi ketombe, namun cuka apel memiliki kandungan asam yang dapat mengangkat sel kulit mati. Tak hanya itu, cuka apel dianggap dapat menyeimbangkan pH di kulit kepala sehingga bisa menghambat pertumbuhan jamur. Untuk menggunakan cuka apel sebagai penghilang ketombe, Anda dapat mencampurkan cuka apel dan air, aplikasikan ke kulit kepala, diamkan selama 20 menit dan cuci hingga bersih. Bila Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mengaplikasikan cuka apel, Anda dapat mencampurkan cuka apel dan sampo, gunakan saat keramas setiap hari.

Walaupun cara menghilangkan ketombe secara alami di atas sering dilakukan, namun perlu diteliti secara mendalam tingkat efektivitasnya. Jika cara di atas tidak memberikan dampak yang signifikan, Anda dapat melakukan konsultasi ke dokter kulit, karena dalam beberapa kasus, kemunculan ketombe dapat menjadi pertanda masalah kesehatan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar