Selasa, 15 Oktober 2019

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Jasa Hosting yang Harga Murah


Jika ditanya sebagai konsumen, tentu memutuskan memilih hosting yang harga murah atau mahal akan lebih cenderung memilih yang murah. Hal ini merupakan tabiat alami seorang konsumen. Namun, sebagai pengguna kita tidak hanya terfokus pada harga, melainkan juga mempertimbangkan kualitas dan manfaat apa saja yang Anda peroleh dari hosting tertentu.

Secara umum, hosting murah akan menghadirkan kepada Anda keuntungan dan kelemahan tersendiri. Memahami keuntungan dan kekurangan dari hosting murah diharapkan dapat membantu Anda untuk menentukan mana web hosting yang tepat untuk kebutuhan Anda. Berikut ini adalah beberapa keuntungan berikut kekurangan jika Anda memilih hosting murah.

Kelebihan Menggunakan Jasa Hosting yang Harga Murah

1. Harganya Cocok untuk Usaha Bisnis Kecil
Bisnis yang masih kecil-kecilan tentu memiliki anggaran dana yang cukup terbatas. Oleh karenanya, layanan server hosting murah bisa dikatakan merupakan penolong bagi usaha kecil dan menengah ini. Beberapa layanan hosting mematok harga layanannya hanya Rp 10.000 perbulan.

Selain itu, beberapa bahkan memberikan layanan secara gratis. Tentunya dengan keterbatasan fasilitas jika Anda memilih yang gratis. Dengan harga hanya Rp 10.000/bulan, tentu usaha kecil menengah tidak akan merasa berat ketika membayarnya.

2. Kapasitas Cukup Besar
 Meski harga yang ditawarkan termasuk murah, Anda tidak bisa meremehkan kemampuan kapasitas penampungan dari server hosting ini. Anda yang masih baru dalam dunia website, akan memperoleh kapasitas mulai dari 5 sampai 75 GB untuk hosting. Tentunya kapasitas ini tergolong cukup besar bagi mereka yang masih baru menjalankan website dan belum terlalu banyak traffic yang masuk.

3. Fitur yang Tetap Menarik
Jasa hosting yang harga murah tetap memberikan pelayanan maksimal kepada para konsumennya agar betah menggunakan jasanya. Oleh karenanya, Anda tetap akan memperoleh fitur menarik dari paket hosting murah seperti dukungan pelanggan secara penuh, server yang handal serta cepat, jaminan uptime sebesar 99,9% serta pembayaran yang mudah.

Kebijakan fitur ini sendiri akan beraneka ragam bergantung kepada penyedia layanannya. Oleh karena itu Anda harus pintar-pintar memilah mana web hosting yang memberikan pelayanan maksimal di harga murah.

4. Investasi yang Tidak Terlalu Besar
Ketimbang sarana pemasaran lainnya atau menggunakan web hosting mahal, menggunakan hosting yang harga murah akan membuat investasi yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Dengan biaya mulai dari Rp 10.00 saja perbulan, Anda sudah dapat mengelola website Anda sendiri untuk kebutuhan profil perusahaan dan toko online.

5. Adanya Jasa Install Website
Penyedia jasa web hosting yang murah biasanya akan memberikan jasa penginstalan website sehingga Anda yang masih awam tentang website akan sangat terbantu. Penginstalan pun dilakukan dengan cara yang instan serta mudah.

6. Ditawarkan UNIX atau Windows Server
Jasa web hosting juga biasanya memberikan jasa berupa Windows Server maupun UNIX yang tentunya akan memudahkan Anda untuk menghosting data. Tentunya hal ini membantu mobilitas Anda di setiap momen dengan lebih baik.

Kelemahan Menggunakan Web Hosting Murah
Baik mahal maupun murah, tentunya akan mendatangkan kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Untuk itu, sangat diperlukan kebijaksanaan dalam memutuskan untuk memilih hosting murah maupun yang mahal.

1. Layanan yang Lebih Terbatas
 Ada harga ada kualitas. Hal ini tentu juga berlaku bagi web hosting murah. Jika Anda menggunakan web hosting murah, maka Anda harus siap-siap menikmati layanan yang lebih terbatas. Jika Anda mengelola sebuah website untuk kebutuhan bisnis skala besar, tentunya layanan yang terbatas ini akan sangat menyulitkan Anda apalagi di tengah persaingan bisnis yang kian hebat saat ini.

Namun, layanan terbatas ini tentu tidak akan terlalu berpengaruh terhadap Anda apabila Anda hanya mengelola website pribadi dan menghosting data pribadi. Selain itu, jika bisnis Anda masih bersifat kecil-kecilan, maka hosting web murah juga tidak akan terlalu berpengaruh meski layanannya terbatas.

2. Berbagi Ruang Server
Kemungkinan terbesar dari menggunakan web hosting murah adalah Anda harus siap jika harus berbagi ruang server dengan pihak lainnya. Sebenarnya hal ini tidak akan terlalu menjadi masalah selama pihak lain tersebut tidak menggunakan hal ini untuk mengirimkan spam. Pihak yang tidak bertanggung jawab kadang memanfaatkan kelemahan ini untuk kemudian menggunakan mailing listnya tanpa seizing pemilik.

Apabila hal ini terindikasi oleh penyedia web hosting, maka mereka akan melakukan pemblokiran terhadap domain yang di host. Pemblokiran dilakukan oleh perangkat lunak anti-spam. Jika hal ini terjadi, maka bukan tidak mungkin jika domain perusahaan Anda juga akan terkena imbasnya. Untuk mengatasinya tentu Anda harus mengkonfirmasi masalah ini ke pihak penyedia layanan web hosting.

Intinya adalah, bagi Anda yang memiliki website kecil yang dikelola pribadi dan untuk data pribadi, maka menggunakan hosting web murah tentu akan sangat menguntungkan. Namun, jika website untuk perusahaan tentu menggunakan hosting murah tidak disarankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar