Jumat, 27 Desember 2019

9 Cara Menghemat Listrik Kulkas yang Mudah dan Membuat Kulkas Awet

Kulkas atau lemari es menjadi salah satu perlengkapan rumah tangga yang paling banyak menghabiskan energi listrik. Oleh karena itu, perlu pemilihan jenis kulkas yang tepat sesuai dengan daya listrik yang ada. Selain itu Anda perlu memahami cara menghemat listrik kulkas agar tidak kaget ketika melakukan cek tagihan listrik online lewat hp.


Berikut Cara-Cara Menghemat Listrik Kulkas yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

1. Aturlah Posisi Kulkas di Rumah Anda

Yaitu dengan memberikan jarak antara kulkas dan tembok/dinding di dekatnya. Berilah jarak setidaknya 10-15 cm dengan dinding. Jika Anda meletakkan kulkas di ruang sempit, beban mesin kulkas akan lebih berat karena cepat panas, pastikan Anda ruangan Anda cukup ventilasi.

2. Jangan Biarkan Kulkas Terkena Sinar Matahari Langsung

Salah satu cara menghemat listrik kulkas lainnya, Anda juga harus memperhatikan tempat meletakkan kulkas. Tempatkanlah kulkas di tempat yang sejuk. Meletakkan kulkas di tempat yang terkena sinar matahari langsung, tidak baik untuk kinerja mesin.

3. Jangan Terlalu Sering Membuka dan Menutup Pintu Kulkas

Jika terlalu sering membuka dan menutup pintu kulkas, otomatis akan membuat lampu kulkas sering menyala. Hal tersebut akan menghabiskan energi, sehingga terjadi pemborosan listrik. Jadi, cara menghemat listrik kulkas, salah satunya dengan jangan terlalu sering membuka dan menutup.

4. Pastikan Anda Menutup Pintu Kulkas dengan Benar

Sehabis membuka kulkas, Anda harus memastikan untuk menutupnya kembali dengan benar. Jangan sampai pintu kulkas tertutup tidak rapat karena kulkas akan terus bekerja mendinginkan makanan sesuai pengaturan suhu, namun udara dinginnya terbuang begitu saja. Jika posisi kulkas miring (tidak berada di permukaan rata) kemungkinan pintunya tidak tertutup sempurna.

5. Menyesuaikan Tipe dan Temperatur Kulkas dengan Kebutuhan

Berapa daya listrik kulkas? Pada umumnya kulkas rumah tangga ada 2 jenis yaitu, satu pintu dan dua pintu. Untuk kulkas 1 pintu memakai daya listrik sekitar 50-80 watt, sedangkan dua pintu memakai daya listrik 100-120 watt. Anda bisa menyesuaikan tipe kulkas mana yang sekiranya Anda butuhkan.
Untuk suhu, Semakin anda mengatur rendah suhu kulkas, maka akan kulkas akan memiliki kinerja mendinginkan makanan yang tinggi. Itu artinya penggunaan energi listrik akan semakin tinggi. Cara menghemat listrik kulkas sesuai kebutuhan adalah dengan mengatur tombol suhu kulkas 1 tingkat/level di atas garis tengah.

6. Menonaktifkan Fungsi Fitur-Fitur Tambahan

Terdapat fitur-fitur pada kulkas yang terkadang Anda tidak membutuhkannya. Contohnya adalah terdapat beberapa merk kulkas yang memiliki fitur dispenser air, jika Anda tidak terlalu membutuhkannya Anda bisa menonaktifkan fitur tersebut. Maka dari itu, tidak perlu membeli kulkas yang terlalu canggih bila tidak yakin akan memanfaatkan fitur tambahan tersebut. Tentu saja hal ini merupakan cara menghemat listrik kulkas cukup ampuh

7. Hindari Menaruh Makanan Panas ke Dalam Kulkas

Suhu makanan yang panas bertolak belakang dengan suhu di dalam kulkas yang dingin. Hal tersebut dapat membuat beban kerja mesin kulkas menjadi bertambah berat. Sebaiknya mendiamkan makanan hingga dingin, baru dimasukkan ke dalam kulkas.

8. Mematikan Kulkas Jika Hendak Bepergian

Ketika Anda dan keluarga hendak bepergian misalkan keluar kota selama beberapa waktu, jangan lupa untuk mematikan kulkas. Namun Anda perlu membuka sedikit pintu kulkas agar kondisi di dalamnya tidak lembab dan mengeluarkan bau tidak sedap.

9. Bersihkan Kulkas Secara Teratur

Cara menghemat listrik kulkas selanjutnya adalah dengan membersihkan bagian-bagian kulkas secara teratur, maka akan menjaga mesin supaya memiliki kinerja yang baik.

Dengan mempraktekkan cara-cara menghemat listrik kulkas seperti di atas Kulkas pun menjadi lebih awet dan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk service. Selain itu akan menghemat pengeluaran untuk biaya tagihan listrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar